10+ Marketing Trends 2020 Paling Update yang Wajib Kamu Ketahui

Business, Marketing / 0 | | 0

Tahun 2020 menjadi tahun yang membawa tren terbaru dalam banyak hal dan aspek kehidupan kita mulai dari tren teknologi hingga juga turut membawa pembaruan pada tren pemasaran (marketing trends) dunia. Ini semua terjadi juga atas semakin berkembangnya revolusi industri 4.0 yang merambah pada pemakaian internet yang mengubah banyak hal secara digital dan interaksi yang berubah menjadi cara online.

Tentunya kemajuan yang pesat seperti ini membuat banyak perusahaan besar, kecil maupun individu yang bekerja harus turut mengikuti perkembangan dan menyesuaikan diri dengan tren- tren yang selalu bergerak dinamis tanpa mengenal waktu. Kita bahkan telah meninggalkan cara pemasaran yang tidak lagi relevan mengingat semua orang juga turut merubah cara pandang mereka terhadap tren terbaru.

Bahkan contohnya, brand- brand besar saat ini juga mengikuti perkembangan yang membuat mereka tidak bisa mengandalkan cara iklan konvensional melainkan juga memakai influencer untuk membantu mempromosikan produk mereka dan menjadi lebih dekat dengan pelanggan dengan cara yang lebih akrab. Begitu juga pemakaian AI atau Artificial Intelligence (AI) yang telah diintegrasikan pada banyak hal seperti pada smartphone untuk memandu para penggunanya.

Kemajuan seperti ini mungkin terdengar tidak nyata atau muluk- muluk pada dekade lalu, tetapi pada dekade baru ini, nyaris semua hal bisa menjadi nyata dan tidak mustahil untuk diterapkan. Penemuan- penemuan yang membantu dalam bidang kesehatan juga telah marak muncul dan meski menuai pro dan kontra, banyak orang yang merasa penemuan tersebut cukup sangat membantu. Berikut 10 marketing trends yang muncul di tahun 2020 ini.

 

Marketing trends 2020

Mulai dari penemuan teknologi Artificial Intelligence yang bisa membantu dalam mencari sel kanker, tracking peta dengan petunjuk arah dan jalan hingga aplikasi- aplikasi yang ada di ponsel pintar kita, teknologi selalu tidak dapat dipisahkan dari tren-nya sendiri. Tidak terkecuali 2020, inilah beberapa marketing trends yang melanda dan sedang terkenal di dunia saat ini.

 

Live Chat dan Chatbot

 

Contoh pemakaian live chat dan chatbot yang paling sering kita lihat adalah pada e-commerce yang disediakan untuk menolong dan memandu para pelanggan yang kesulitan. Fitur ini menjadi fitur yang paling mendominasi jalur komunikasi yang banyak dijalankan oleh banyak perusahaan. Mereka tidak lagi menjalankan cara pemasaran dari telepon biasa saja melainkan dengan live chat dan chatbot, pemasaran terbukti lebih efisien dan juga efektif yang membuat banyak perusahaan melirik tren baru ini.

 

Video marketing

 

Banyak dari kita yang menganggap iklan yang tiba- tiba muncul ketika melihat suatu konten itu cukup mengganggu. Bahkan tidak jarang kita langsung menutup dan melewati iklan tersebut. Agar dapat tetap menarik minat pengunjung, marketer sebagai time pemasaran dapat mencoba trik video marketing yang unik dan berbeda. Hindari durasi panjang yang bertele- tele agar tidak membuat jenuh penonton dan sasaran pemasaran pun tepat.

Baca Juga : Kumpulan Ebook Bisnis Terbaik dan Gratis di Tahun 2020

 

AI (Artificial Intelligence)

 

Lembaga riset Gartner memprediksi 2020 akan membawa lebih banyak penggunaan robot pintar atau kecerdasan buatan pada hampir semua produk aplikasi dan software. Salah satunya adalah kecerdasan yang bisa menyesuaikan target iklan yang ditampilkan untuk menyasar pasar spesifik. AI juga dapat digunakan dalam melakukan analisa prilaku konsumen, menentukan pola penjualan, mengumpulkan data untuk bahan pembelajaran, mempelajari metrik dan algoritma hingga membantu pelanggan dalam menentukan produk yang tepat bagi mereka.

 

Influencer

 

Majunya teknologi telah memunculkan banyak platform sosial dan komunikasi yang bisa diakses siapa saja. Tentunya ini juga menggeser banyak tren konvensional juga seperti munculnya influencer yang melakukan promosi suatu produk. Tren ini membuat perusahaan- perusahaan mengubah cara pemasaran mereka dengan menggunakan influencer juga sehingga promosi terasa lebih alami, personal dan target pasar juga menjadi jelas.

 

Personalisasi iklan

 

Salah satu marketing trends yang juga sedang merebak adalah membuat iklan khusus atau personalisasi iklan yang bisa diterapkan dari hasil analisa data dan informasi pelanggan. Perusahaan dapat melakukan analisa mereka melalui hasil engagement konten pada media social maupun penayangan video iklan. Saat ini orang- orang lebih memilih pendekatan personal yang manusiawi dibandingkan angka dan interaksi otomatis dari robot. Bahkan survei Epsilon mengatakan cara personalisasi spesifik ini juga menarik minat 85% konsumen karena adanya penawaran pengalaman yang sesuai atau relatable dengan penggunanya.

 

Konten marketing dan SEO

 

Jika Anda mengetahui untung dari adanya SEO, maka Anda juga akan mencoba menaikkan peringkat konten Anda untuk mencapai posisi tinggi pada mesin pencari. Inilah yang juga telah menjadi tren dan dipahami oleh banyak perusahaan, bahwa SEO akan tetap mendominasi marketing trends yang terbukti nyata meningkatkan awareness, menjaga kualitas konten dan juga meningkatkan kredibilitas sebuah bisnis.

 

Fitur Stories di platform media sosial

 

Mengikuti Snapchat, Instagram juga meluncurkan fitur yang sama yang disebut Instagram Stories dan kemudian juga turut diikuti oleh media sosial lainnya seperti WhatsApp, Facebook, hingga Twitter. Karena selain berpromosi melalui konten yang diunggah, menggunakan Stories turut mempengaruhi engagement mengingat banyak orang juga ingin melihat media interaktif yang menampilkan visual dan audio namun tidak membosankan.

Baca Juga : Tips dan Strategi Sukses Menjadi Dropshipper Tahun 2020

 

Social Commerce

 

Instagram yang berkembang pesat dengan terus menambahkan fitur dan inovasi baru, menjadi banyak pilihan pelaku bisnis. Salah satu fitur yang banyak dipakai pebisnis dalam mengiklankan produk mereka adalah fitur berbentuk keranjang yang jika di klik akan menunjukkan informasi produk tersebut dan link untuk membelinya. Inovasi ini disebut juga sebagai Social Commerce atau shopable posts yang juga bisa didapatkan pada Facebook, Twitter dan Pinterest.

 

User-Generated Content (UGC)

 

Teknik marketing trends yang satu ini memanfaatkan sifat generasi milenial dan Gen Z yang menggunakan media sosial sebagai wadah mengenalkan diri mereka. Contohnya adalah seperti seorang atau brand dengan pengikut banyak menggunakan konten dari penggemar mereka kembali untuk di repost ulang ke dalam laman resmi media sosial mereka sehingga brand tersebut juga terbantu, pengikut mereka pun akan turut menjadi terkenal dan membuat engagement kedua belah pihak meningkat.

 

SERP Position Zero dan Knowledge Graph Box

 

Search Engine Result Page adalah sebuah tempat dimana semua pelaku bisnis dan situs web menampilkan konten dan artikel terbaik mereka untuk menarik minat pengunjung dan menjadi pilihan pertama di mesin pencari. Selain mengejar target SEO, marketer juga belajar mengenai SERP Position Zero. Sedangkan Knowledge Graph Box yang merupakan bagian dari SERP akan memberikan penggunanya informasi yang dibutuhkan saat seseorang mencari sesuatu pada mesin pencari.

Bac Juga :  Tutorial Cara Membuat Logo Secara Online dengan Gratis untuk Pemula

 

Penjagaan keamanan website

 

Dengan banyaknya akses keluar masuk di dunia maya menyebabkan lahan ini menjadi ladang baik dalam marketing trends dalam membantu pebisnis untuk mempromosikan produk mereka. Trik pemasaran ini tentu akan memerlukan sebuah situs yang aman dan akses loading yang cepat terutama jika iklan yang ditampilkan mempunyai kompleksitas tersendiri. Pastikan juga website yang tersebut juga sudah terenkripsi dengan keamanan dan pengaman data yang tinggi.

 

Kesimpulan dan penutup

Itulah tadi 10 marketing trends yang banyak dipakai di tahun 2020 ini meski tidak semuanya bisa dilakukan sekali waktu oleh sebuah perusahaan. Karena manusia juga turut berubah seiring waktu, begitu pula trend yang diciptakan atau tren yang mengikutinya turut berputar dan berubah untuk tetap berpartisipasi serta menyesuaikan pada kebutuhan.

Meski banyak cara pemasaran lama mulai ditinggalkan dan dianggap tidak relevan, namun beberapa diantaranya juga masih digunakan di beberapa tempat atau dengan kebutuhan tertentu. Salah satu contohnya adalah penggunaan model iklan yang tidak hanya menggunakan wajah terkenal seorang selebritis, kina juga menggunakan influencer bahkan YouTuber yang juga sama terkenalnya meski dalam ranah yang berbeda.

Jika Anda sedang mencari cara pemasaran yang sesuai dengan keperluan dan budget Anda, Anda dapat mencoba salah satu trik marketing trends yang telah kami sebutkan diatas. Seperti menggunakan platform media sosial yang merupakan cara promosi yang ampuh, tidak memerlukan banyak biaya dengan fitur- fitur yang mumpuni serta Anda juga dapat melihat kenaikan tiap konten Anda pada laporan engagement mungkin bisa menjadi langkah pertama untuk membantu Anda dalam pemasaran Anda.

Related Post :