10 Pilihan Membuka Usaha Kekinian Bermodal 5 Juta Rupiah Saja

Diskusi / 0 | | 0

Kalau sudah bosan menjadi pegawai, maka solusi untuk tetap bertahan hidup adalah dengan membuka usaha sendiri. Hidup dengan mengandalkan uang tabungan selama menjadi pegawai tidaklah cukup. Sama sekali tidak cukup karena kebutuhan semakin banyak dan akan terus membengkak. Ada pilihan usaha bermodal 5 juta yang bisa kita jadikan pilihan.

Kalau mau buka usaha pun yang pertama kali dipikirkan adalah modal. Cocok untuk memutar siklus tabungan Anda selama menjadi pegawai. Daripada uang tabungan diam saja di rekening, maka lebih baik dikembangkan dengan menjadi modal untuk usaha. Anda akan mendapatkan keuntungan dan lama-kelamaan akan balik modal. Setelah itu tinggal meramaikan buku rekening kembali dari laba yang Anda dapatkan.

Baca Juga : Menentukan Tujuan Bisnis Online Anda

Jenis Usaha Bermodal 5 Juta-an

Memiliki usaha sendiri akan sangat berbeda sensasinya dengan menjadi pegawai. Saat menjadi pegawai Anda dituntut untuk tunduk pada peraturan instansi. Ada atasan yang harus dihormati dan dipatuhi. Namun jika memiliki usaha sendiri, maka Anda bebas mengembangkan usaha sendiri. Tanpa takut dimarahi atau dikritik pedas oleh atasan, Anda bisa meningkatkan kemampuan manajerial usaha sendiri.

Modal yang diperlukan untuk usaha tidaklah sedikit. Tidak bisa dihitung jari berguru saja. Walaupun usaha yang akan dibangun adalah usaha dalam skala kecil sekalipun. Namun kini ada beberapa jenis usaha bermodal 5 juta saja. Modal yang cukup rendah namun jika ditekuni akan beromset milyaran.

Baca Juga : Bagaimana Cara Memulai Bisnis Online?

Berikut adalah adalah 10 jenis usaha bermodal 5 juta yang bisa Anda jadikan referensi :

1. Toko baju

Semuanya berawal dari kecil. Tidak perlu menyetok baju terlalu banyak, yang penting tersedia model yang berbeda-beda. Sistem penjualan kita jangan hanya menjual stok yang ada, tetapi terimalah pesanan. Anda akan menyediakan baju yang diminta pelanggan, sehingga tidak ada baju yang menumpuk di gudang karena belum laku. Tempat toko baju pun tidak harus menyewa tempat sendiri. Bisa dilakukan di rumah. Jadi modal 5 juta harus difokuskan pada pembelian dagangan.

2. Toko kelontong

Ini adalah jenis usaha yang sangat menguntungkan. Peluangnya sangat besar. Walaupun sudah banyak toko kelontong yang ada di sekitar kita, tetapi tetap saja ada pembelinya. Ini dikarenakan toko kelontong menjual berbagai kebutuhan harian. Kebutuhan harian yang selalu dibutuhkan setiap hari.

3. Usaha barang bekas

Anda bisa membeli barang bekas dari orang-orang dan kemudian menjualnya kembali. Usaha ini masuk dalam deretan usaha bermodal 5 juta. Banyak peminatnya, karena usaha ini mudah. Anda hanya membutuhkan barang bekas layak pakai, membersihkannya dan memperbaikinya, lalu menjualnya kembali. Anda bebas menentukan harga, tetapi tetap sesuaikan dengan kondisi barang.

4. Counter

Ini adalah usaha milenium yang belum lama berkembang. Di mana kebutuhan masyarakat akan pulsa handphone berkembang kala itu. Pulsa diibaratkan sebagai makanan pokok, karena dengan pulsa, kartu telepon Anda bisa dioperasikan untuk berkomunikasi.

Pembelian pulsa pun tidak dibatasi beberapa jenis sekali, banyak orang yang setiap hari membeli. Selain pulsa, counter juga harus lengkap dengan aksesoris handphone sehingga akan mengundang lebih banyak pelanggan. Ada kartu perdana, kartu perdana isi kuota, pulsa isi ulang berupa voucher, headset, hardcase, softcase, flip cover, dan lain-lain.

5. Laundry

Jasa cuci mencuci. Modal usaha yang Anda miliki harus cukup untuk membeli mesin cuci sebagai alat utama mencuci. Selain itu keperluan lainnya adalah deterjen, setrika, pelicin pakaian, dan pewangi. Usaha ini bisa masuk ke dalam deretan jenis usaha bermodal 5 jutaan, asalkan Anda benar-benar memanfaatkan modal dengan sebaik-baiknya. Tidak perlu menyewa kios dulu, cukup membuka laundry di rumah.

6. Salon

Usaha ini cocok untuk para wanita. Tetapi para pria pun boleh. Syaratnya adalah paham dunia persalonan. Bisa bentuk salin tata rias dan busana atau salon rambut. Untuk modal yang hanya 5 juta saja, maka lebih baik Anda memulai dengan membuka salon rambut. Pelayanannya adalah cutting, penataan, creambath, rebonding, smoothing, atau yang lainnya. Gunakan modal mepet ini untuk memenuhi kebutuhan usaha salon. Tidak harus langsung lengkap, dahulukan yang paling penting.

7. Fotokopi sekaligus menjual alat-alat tulis\

Usaha ini menjadi satu rangkaian. Usaha fotokopi ini juga luas pasangannya. Banyak orang yang membutuhkan jasa ini untuk menggandakan dokumen atau hanya membeli alat tulis saja. Modal hanya 5 juta, Anda bisa memulai dengan menyediakan jasa fotokopian terlebih dahulu disertai dengan beberapa stok alat tulis yang pasti dibutuhkan. Tidak perlu menyetok banyak alat tulis. Lihat permintaan pasar dulu, baru Anda menyetok dagangan alat tulis.

8. Rental Laptop

Ini adalah usaha yang juga masuk list usaha bermodal 5 juta. Anda hanya membutuhkan untuk membeli laptop dan printer. Beli laptop yang second saja tidak masalah yang penting masih bisa dipakai.

9. Membuka usaha toko aksesoris

Ini adalah salah satu peluang usaha yang juga tidak kalah efektif. Hanya dengan usaha bermodal 5 juta ini Anda bisa meraup banyak keuntungan. Ini dikarenakan aksesoris bukan hanya diminati oleh wanita saja, melainkan juga para pria. Aksesoris yang disediakan haruslah lengkap. Ada untuk wanita dan ada untuk pria.

10. Catering

Ini menjadi usaha bermodal 5 juta yang cocok bagi Anda yang hobi memasak. Tidak perlu lama-lama memikirkan ide usaha apa yang akan dijalankan hanya dengan modal pas-pasan. Ada usaha catering yang bisa Anda jalankan sesuai dengan hobi Anda. Uang modal akan lebih mudah untuk diputar setiap harinya dalam membelanjakan kebutuhan untuk memasak.

11. Membuka usaha makanan ringan

Ini juga masuk ke dalam salah satu usaha yang bermodal kecil. Cocok juga untuk Anda yang suka memasak dan pastinya telaten. Jajakan sendiri dengan berkeliling atau dititipkan di warung-warung. Semua jenis usaha bermodal 5 juta tersebut tidak asing lagi di kehidupan sehari-hari. Tidak perlu berpikir terlalu lama untuk memulai usaha karena modal kecil. Jalankan apa yang Anda minati. Tidak perlu rendah diri karena usaha Anda masih ke kecil-kecilan.

Gunakan marketing yang bagi, salah satunya adalah dengan marketing online. Telaten dan pastikan Anda sabar. Mimpi untuk sukses dengan usaha bermodal 5 juta pasti akan Anda capai.

Related Post :

popup image