3 Contoh dan Tips Bisnis Ekspor Barang yang Menjanjikan

Diskusi / 0 | | 0

Bisnis sektor impor maupun ekspor merupakan salah satu peluang bisnis yang masih sangat jarang dilirik oleh banyak penggiat di dunia bisnis. Hal ini juga dibenarkan oleh data dimana pelaku bisnis ini sangat sedikit. Padahal usaha bisnis ekspor barang menjadi salah satu peluang bisnis yang sangat menjanjikan untuk dicoba.

Dan jika Anda merupakan salah satu orang yang berniat untuk menekuni dan terjun di bidang bisnis ekspor barang, maka berikut ini merupakan ulasan mengenai 5 contoh dan tips bisnis ekspor barang yang akan sangat bermanfaat bagi Anda.

Baca Juga : Penyebab UMKM Gagal dalam Membangun Bisnisnya

Mengenal Bisnis Ekspor Barang dan 3 Contohnya

Bisnis ekspor barang secara umum dapat diartikan sebagai kegiatan usaha yang memfokuskan diri pada proses pengiriman barang-barang dari dalam negeri ke luar negeri. Proses pengiriman barang ini memang terbilang tidak mudah karena pada prosesnya, akan ada urusan administrasi dan teknis yang harus diselesaikan dan terbilang tidak sederhana.

Namun, dibalik ribetnya proses pengurusan tersebut, bisnis ekspor barang menjadi salah satu usaha bisnis yang sangat menjanjikan untuk dicoba karena memang sangat sedikit orang ataupun pelaku bisnis yang memfokuskan diri pada bidang ekspor ataupun impor.

Baca Juga : Bagaimana Era Digital Membantu Bisnis Anda Go Online

Lalu ada 3 contoh bisnis ekspor barang yang bisa Anda pilih dan coba untuk dijadikan lahan bisnis yang sangat menjanjikan bagi Anda :

1. Bisnis ekspor batik

Batik menjadi salah satu komoditi andalan Indonesia yang juga memiliki permintaan pasar yang tinggi di luar negeri. Batik juga telah populer menjadi salah satu ikon dari Indonesia yang sangat unik dan indah, sehingga banyak orang dari mancanegara juga ingin memiliki batik.

Dengan popularitas dan permintaan pasar tersebut, batik dapat menjadi salah satu contoh barang yang sangat cocok untuk dijadikan usaha bisnis ekspor barang. Anda bisa menjadi pengepul batik dari suatu daerah tertentu dan kemudian mengekspor batik tersebut hingga memiliki tempat dan pasar di luar negeri. Baik berupa kain batik, baju batik, serta olahan batik lainnya.

2. Bisnis ekspor kerajinan tangan khas Indonesia

Indonesia memiliki banyak model kerajinan tangan tradisional yang sangat unik, indah, serta sangat bermanfaat bagi aktivitas sehari-hari. Banyak pelaku dunia usaha di Indonesia yang sangat kreatif dan inovatif dalam menciptakan suatu kerajinan tangan. Akan tetapi, hal yang sangat disayangkan adalah kurangnya tempat dan pasar dari kerajinan ini di luar negeri.

Padahal, permintaan pasar luar negeri akan kerajinan tangan khas Indonesia juga tidak terbilang sedikit. Namun, pelaku bisnis nya yang masih kurang untuk melakukan ekspor. Alasan inilah yang membuat kerajinan tangan khas Indonesia bisa menjadi peluang bisnis ekspor barang yang sangat menjanjikan.

3. Bisnis ekspor furniture dan kulit

Bidang furniture juga menjadi bidang dengan banyak orang kreatif dan inovatif didalamnya. Indonesia dikenal memiliki banyak usaha furniture dengan kualitas yang tidak bisa dipandang sebelah mata, baik dari segi bahan baku yaitu kayunya ataupun dari segi inovasi dan kreativitasnya serta seni estetikanya yang juga tinggi.

Namun, sama seperti kerajinan tangan khas Indonesia, furniture dan kerajinan kulit masih sangat kurang mendapatkan porsi dalam bidang ekspor dari Indonesia itu sendiri. Padahal permintaan pasar yang ada juga tidak sedikit. Dan hal inilah yang menyebabkan usaha furniture dan kerajinan kulit akan menjadi suatu bisnis ekspor barang yang sangat menjanjikan dan menguntungkan untuk dicoba. Produk furniture seperti ukiran, meja, kursi, kemudian kerajinan kullit hingga menjadi tas, sepatu, dompet, dan sebagainya bisa menjadi salah satu benda untuk bisnis ekspor barang yang memiliki nilai jual yang tinggi.

Baca Juga : Bagaimana Cara Memulai Bisnis Online?

3 Tips Bisnis Ekspor Barang

Setelah mengetahui 3 contoh usaha bisnis ekspor barang,maka berikut ini merupakan 3 tips yang bisa Anda terapkan ketika akan memulai usaha bisnis ekspor :

  1. Tentukan terlebih dahulu Produk Andalan dan Negara Tujuan Ekspor
    Tips pertama yang harus Anda lakukan terlebih dahulu saat akan melakukan bisnis ekspor barang adalah dengan menentukan produk andalan dan juga tujuan negara tujuan ekspor barang tersebut. Hal ini menjadi sangat penting karena ketika akan melakukan ekspor, Anda harus terlebih dahulu memiliki tujuan dan produk apa yang akan Anda jual di negara tujuan tersebut.
  2. Melakukan Pemasaran Online secara Konsisten
    Pemasaran online menjadi salah satu senjata paling ampuh ketika Anda akan melakukan bisnis ekspor barang ke luar negeri, hal ini dikarenakan pemasaran online akan sangat membantu Anda dalam mempromosikan produk yang Anda jual. Anda bisa memanfaatkan banyak media sosial seperti Instagram, Twitter, Facebook dan juga website untuk melakukan pemasaran online dari produk ekspor tersebut.
  3. Rajin Mengikuti Pameran Produk di Negara Tujuan
    Selain melalui pemasaran dan promosi online, mengikuti pameran produk juga akan sangat berperan saat melakukan bisnis ekspor barang. Di setiap negara tujuan, pasti akan sering diadakan sebuah pameran-pameran dari produk-produk yang dijual oleh pelaku dunia bisnis, dan Anda sebagai salah satu pelaku di dunia bisnis ekspor bisa ambil bagian dalam pameran tersebut.

Itulah 3 contoh dan 3 tips seputar bisnis ekspor barang yang bisa Anda pilih dan lakukan sebagai peluang bisnis. Perlu diingat bahwa bisnis semacam ini masih memiliki tempat yang luas dan banyak bagi Anda yang ingin mulai terjun ke dunia bisnis, jadi tidak ada salahnya untuk dicoba dan dilakukan.

Dan jangan lupa untuk selalu bekerja keras serta tidak berhenti mengembangkan kreativitas serta inovasi yang dimiliki agar bisnis ekspor barang yang Anda lakukan dapat terus bertahan ditengah persaingan dunia bisnis yang semakin ketat setiap harinya.

Related Post :

popup image