3 Control Panel Web Hosting Gratis untuk VPS

Development & Security, Web & Development / 0 | | 0

Control panel web hosting dimanfaatkan untuk mengelola sebuah website. Dalam Control panel, terdapat sejumlah fitur yang dapat digunakan untuk mengelola email, database, penambahan domain, disk, monitor bandwidth hingga backup data. Sekalipun penyedia web hosting Indonesia  telah menyertakan control panel di dalam paket yang ditawarkannya, tetapi teman-teman juga dapat mencoba control panel web hosting gratis terlebih dahulu untuk mempelajarinya.

Control panel merupakan salah satu solusi terbaik untuk mempermudah pengaturan server atau vps yang teman-teman miliki. Dengan adanya control panel, teman-teman tidak perlu lagi berhubungan dengan SSH client seperti putty dan sejenisnya, meskipun tidak menutup kemungkinan teman-teman masih perlu berhubungan dengan ssh client, tapi sebagian besar kebutuhan teman-teman sudah dapat terpenuhi dengan adanya control panel.

Control panel terdiri dari control panel berbayar dan control panel gratis. Control panel berbayar tentu dikelola se-profesional mungkin untuk memberikan fitur, kenyamanan dan keamanan lebih bagi clientnya. Seperti halnya pada CPanel yang sudah sangat terkenal dengan kenyamanannya dikalangan pengelola dan pengguna hosting saat ini.

Berikut 3 rekomendasi IDCloudHost Control Panel web hosting gratis untuk VPS:

  1. Kloxo-MR
    Control panel satu ini merupakan fork dari Kloxo dan dikembangkan oleh orang Indonesia bernama Mustafa Ramadhan, agak bangga juga karena ada yang bisa bersaing secara internasional. Fitur – fiturnya kurang lebih sama, tapi yang membuat saya tertarik adalah adanya dukungan Hiawatha Web Server yang saat ini merupakan software web server favorit saya untuk VPS kecil.
  2. VestaCP
    VestaCP menggunakan Apache tapi ada Nginx di depannya yang berfungsi sebagai reverse proxy, tidak perlu bingung setting permalink karena kompatibel. Tersedia HTTPS kalau punya sertifikat SSL sendiri, FTP, phpMyAdmin, MySQL, backup otomatis, DNS hosting, email hosting dan masih banyak lagi. Cukup lengkap. Proses instalasinya sendiri cukup mudah.
  3. Webuzo
    Sedangkan Webuzo adalah buatan pengembang yang sama dari Softaculous yang biasa teman-teman temui dalam cPanel. Nah, control panel yang satu ini sangat difokuskan dalam membuat situs dari CMS, dan kita tinggal memilihnya saja dari 56 CMS yang disediakan. Mau blog, forum atau toko online bisa klik di katalognya saja.

Baca Juga : Cara Install Web Server di VPS | Webuzo

Terlepas dari itu, ternyata banyak juga control panel gratis yang memiliki fitur dan kenyamanan yang hampir setara dengan control panel yang berbayar. Walaupun gratis tapi kualitas software hosting panel tersebut tidak kalah dengan yang berbayar. Dan diantara software-software gratisan diatas, saat ini yang populer dan banyak diminati adalah Kloxo, namun bukan versi Offisial tapi Kloxo MR. Kloxo diminati Karena kehandalannya yang mampu menyediakan banyak opsi untuk macam webserver dan database dengan tombol switch. Kloxo MR juga diperhitungkan praktisi server, konon kloxo jenis ini bakal menggantikan kloxo offisial yang sudah lama menghentikan projectnya.

Sekian 3 control panel web hosting gratis yang IDCloudHost rekomendasikan. Semoga bermanfaat 😀

Related Post :