5 Strategi Pemasaran Online untuk UKM Bagi Pemula

Business, Marketing / 0 | | 0

Usaha Kecil Menengah atau yang biasa disebut dengan UKM di Indonesia pada tahun 2016 diperkirakan mencapai 56 juta usaha. Pelaku usaha telah berkembang dari tahun ke tahun dan metode yang dituntut untuk persaingan adalah bagaimana pelaku usaha dapat kreatif dalam menyikapi perkembangan. Kreatif dalam menjual dan memasarkan produk. Para pelaku usaha telah beranjak untuk memakai strategi pemasaran online untuk membuat produk mereka dapat dilirik oleh para konsumen. Karena pada faktanya UKM yang menerapkan strategi pemasaran online penghasilannya 80% persen lebih tinggi dibanding dengan pelaku konvensional.

Baca Juga : Tips Membuat Marketing Plan yang Baik untuk Bisnis

Selain itu, terdapat potensi 1,5 kali lebih besar untuk menyerap tenaga kerja. Keuntungan yang menggiurkan bukan? Namun masih banyak pelaku usaha yang hanya menerapkan pemasaran online tanpa mengetahui strategi dan latar belakang yang baik dalam melakukannya. Maka yang harus anda lakukan adalah start to manage the effective estrategy!
Berikut adalah rekomendasi untuk dapat melakukan pemasaran online yang efektif:

  • Memiliki toko virtual
    Ini merupakan tahap awal dan unsur utama yang harus anda miliki sebagai pelaku UKM berplatform online. Karena took virtual seperti website, blog dan lainnya merupakan media yang sangat tepat dalam menjual dan memasarkan produk. Anggaplah seperti kehidupan jual beli nyata. Ketika anda ingin memasarkan suatu produk anda harus terlebih dahulu mempunyai took tetap untuk menyimpan dan memajang produk-produk yang anda ingin jual.
  • Blogging atau konten website
    Konten didalam blog dan website sangatlah berpengaruh dalam memasarkan produk anda. Anggaplah seperti kehidupan pemasaran di dunia nyata, anda harus mengemas produk anda dengan kemasan yang terlihat baik. Karena kemasan adalah impresif pertama yang akan membuat konsumen menentukan apakah dapat meyakinkan konsumen untuk membeli produk anda. Sebagus apapun produk asli anda, tanpa kemasan yang rapih dan cantik tidak akan meyakinkan konsumen anda. Itulah perumpamaan sebuah konten blog atau[un website anda. Buatlah konten yang dikemas dengan baik dan berbeda dengan pesaing anda!
  • Berkampanye dengan e-mail marketing
    Salah satu metode yang terus diapakai oleh para pelaku usaha UKM. Jalankan stategi ini sebagai teknik door to door anda. E-mail merupakan suatu langkah yang baik dalam memulai memperkenalkan produk anda dan mengambil hati konsumen dengan pendekatan yang lebih personal. Tentunya didalam e-mail marketing juga harus diperhatikan bagaimana metode dan cara terbaik yang harus dilakukan agar konsumen dapat merespon e-mail yang kita kirim dan berbuah sebagai pembelian produk anda.

    Baca Juga : Tips dan Trik Membuat Email Marketing yang Menarik

  • Gunakan situs penyedia iklan
    Iklan online merupakan metode selanjutnya yang harus kamu jajaki. Karena seperti layaknya kita memasarkan produk kita lewat koran atau papan reklame pada metode konvensional, maka pada metode pemasaran online penggunaan beberapa perusahaan yang khusus menyediakan space iklan merupakan solusinya. Dan perkembangan media inipun telah pesat dan banyak, diantaranya adalah Google adwords, Social Media, Facebook ads, Youtube ads, dan iklan online lainnya.
  • Social Media
    Adalah senjata paling akhir ataupun menjadi ujung tombak strategi pemasaran anda. Karena penggunaan social media merupakan suatu media yang telah menjadi makanan sehari-hari masyarakat Indonesia. Maka dengan pesatnya pemakaian media ini harus dapat dimanfaatkan sebagai peluang memasarkan produk anda. Survey dari APJII (Asosiasi Penyelenggara Internet Indonesia) menempatkan Facebook dan Instagram menjadi social media yang masih menjadi superior dalam menggaet banyak penggunanya. Maka maksimalkan pemasaran produk anda pada social media ini!

Related Post :