6 Keunggulan Website Sebagai Media Branding Usaha Anda

Business, Marketing / 0 | | 2

Perkembangan usaha kecil menengah merupakan salah satu tulang punggung perkembangan ekonomi Indonesia, karena pada faktanya Sektor UMKM menyumbang 60 persen terhadap perekonomian Indonesia. Namun yang disayangkan adalah masih banyaknya pelaku usaha ukm yang masih tidak beranjak dari sebuah usaha platform offline ke platform online. Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Kemenkop UKM) melansir sebanyak 3,79 juta usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) sudah memanfaatkan platform online dalam memasarkan produknya. Jumlah ini berkisar 8 persen dari total pelaku UMKM yang ada di Indonesia, yakni 59,2 juta.

Baca Juga : Cara Meningkatkan Trafik Pengujung di Website

Fakta itu membuktikan bahwa masih ada 92% pelaku ukm yang masih ragu atau bahkan tidak sama sekali ingin melebarkan sayap peluang usaha nya pada platform online. Padahal di era modern seperti ini, fasilitas serta unsur-unsur kemudahan yang telah ada pada teknologi zaman sekarang membuat masyarakat pelaku usaha sangatlah mudah dalam membentuk sebuah platform online yang menarik para konsumen nya. Karena platform online menawarkan banyak keuntungan dalam memasarkan berbagai produk di berbagai bidang usaha.

Data dari Kementrian Komunikasi dan Informatika:

Data tersebut menunjukan bagaimana perkembangan penggunaan internet di Indonesia sangatlah pesat dan cepat. Itu menunjukan bagaimana peluang konsumen sekarang telah beranjak pada media-media online. Dan itulah peluang yang harus kita ambil sebagai menyikapi perubahan pesat sifat konsumen yang ada saat ini.

Salah satu platform online yang menjadi senjata para pelaku pasar saat ini adalah website. Website adalah halaman informasi yang disediakan melalui jalur internet sehingga bisa diakses di seluruh dunia selama terkoneksi dengan jaringan internet. Website merupakan halaman yang dapat difungsikan untuk berbagai kebutuhan sebagai gallery produk anda, sebagai penyedia layanan, maupun sebagai lapak jual beli anda. Website merupakan senjata utama yang biasanya dimiliki oleh para pelaku usaha sebagai kebutuhan primer dalam membentuk sebuah usaha platform digital. Berikut adalah kelebihan dalam membentuk sebuah pasar digital dengan website:

  • Jangkauan pasar yang sangat luas.
    Jangkauan adalah keunggulan utama yang diberikan oleh website, Karena website berdiri didalam infrastruktur Internet yang dibroadcast kesetiap daerah yang memiliki akses Internet.
  • Bisa diakses oleh siapa saja, dimana saja, dan kapan saja.
    Internet adalah dunia tanpa batas dan tanpa sekat yang artinya semua orang dapat mengkases dengan kondisi apapun.
  • Akses Informasi yang sangat mudah.
    Akses yang sangat mudah untuk mendapatkan informasi yang diinginkan. Membuat konsumen semakin termudahi dalam melihat produk yang ditawarkan, Dibandingkan dengan kita harus mendatangi took fisik terlebih dahulu.
  • Update Informasi yang fresh.
    Kita bisa melakukan pembaharuan yang cepat dan terkini.
  • Link dan Viral Marketing.
    Keuntungan lain berbisnis di Internet, ketika suatu perusahaan atau bisnis baik dan mendapat kepercayaan, maka perusahaan tersebut akan mendapat pengakuan dari klien yang berupa link. Semakin bagus dan diakui bisnis Anda, semakin banyak link yang akan didapatkan.
  • Proteksi Brands.
    Di Internet tidak mungkin terdapat 2 nama domain yang sama. Nama Domain yang sudah dimiliki bisa digunakan sebagai Brands Perusahaan atau Bisnis, karena tidak mungkin ada pesaing yang menggunakan nama domain yang sama. Ini membuat tiap pelaku usaha memiliki self-branding mereka masing-masing tanpa cemas untuk memiliki kesamaan brand dengan pelaku usaha lainnya.

Baca Juga : Tips Untuk Membangun Branding di Instagram

Pada intinya industri ukm harus dapat kita benahi dan kita kembangkan untuk semakin pesat dan maju. Karena industri ini merupakan titik yang dapat membangun ekonomi Indonesia untuk lebih maju dan dengan metode pemasaran digital diharapkan dapat membantu para pelaku usaha untuk dapat mengembangkan usaha mereka secara cepat dan tentunya meraih keuntungan dan tujuan yang diinginkan.

Related Post :