6 Penyebab Server Website Down

Development & Security, Web & Development / 0 | | 0

Ada beberapa alasan yang menyebabkan mengapa server webiste yang kita miliki mengalami down atau bahkan macet tidak bisa diakses sama sekali. Penyebab-penyebab atau alasan berikut ini merupakan alasan yang paling umum ditemui ketika suatu server website down. Dan beberapa alasan tersebut adalah sebagai berikut:

1. Viral Effect (Trafik yang Membludak)

Penyebab pertama dari server website down adalah adanya viral effect atau trafik yang membludak. Maksudnya adalah bisa saja terdapat konten atau isi dari website yang kita miliki sedang viral sehingga menyebabkan banyak pengunjung membuka website kita dan hal inilah yang menyebabkan server kita menjadi lambat dan bahkan down ketika diakses.

Baca Juga : Mengenal Apa itu DNS Server

2. Masalah pada DNS

DNS merupakan salah satu bagian penting dari sebuah website, maka ketika DNS dari website kita bermasalah hal ini juga akan berdampak pada kinerja website kita dan menyebabkan server website down. Selalu pastikan jika DNS dari website kita terpasang dengan benar karena jika tidak akan berbahaya dan berdampak pada website kita.

3. Serangan Hacker

Kemudian, penyebab lain dari server website down adalah adanya serangan hacker atau hacker attack. Hacker yang dengan segaja masuk dan mengambil alih sistem website yang kita miliki dapat merusak website kita. Dan hal ini menjadi salah satu penyebab mengapa website yang kita miliki bisa down atau bahkan tidak bisa diakses.

Serangan hacker ini akan lebih mudah terjadi pada website-website yang memiliki sistem keamanan yang rendah. Maka dari itu, website akan sangat dianjurkan untuk memiliki sistem keamanan yang baik dan sulit untuk ditembus oleh hacker yang ingin merusak sistem.

Baca Juga : Cara Proteksi Website Bisnis Anda

4. Down-nya Data Center

Data center juga merupakan salah satu bagian yang penting dari sebuah website. Banyak proses yang terjadi seperti back-up ddata, sinkronisasi data, dan pemrosesan data yang berlangsung di data center. Data center ini bisa mengalami down karena terlalu banyaknya proses yang sedang berlangsung di data center tersebut, dan hal inilah yang menyebabkan server website down.

5. Plugin atau Aplikasi Bajakan

Ternyata aplikasi bajakan atau aplikasi sembarangan dari sumber yang tidak terpercaya bisa juga menjadi penyebab server website down. Hal ini dikarenakan kinerja dari sebuah server website yang sedang berjalan bisa terganggu dengan adanya plugin dari aplikasi bajakan yang bisa berbahaya untuk kelangsungan website ataupun komputer yang kita miliki.

Untuk itulah jangan sembarangan menginstall aplikasi yang belum dikatahui secara pasti sumber dan juga legalitasnya karena hal ini akan sangat beresiko bagi sebuah website dan juga komputer.

Baca Juga : Plugin Yang Wajib di Install Pada WordPress

6. Terjadinya Single Point of Failure (SPOF)

Single Point of Failure (SPOF) merupakan nama atau istilah lain dari kelemahan sistem. Ini merupakan sebuah titik lemah dari sebuah sistem. Jika titik kelamahan ini terjadi, maka akan menyebabkan failed, error, atau kegagalan sistem server dan hal ini secara otomatis akan menyebabkan server website down.

Cara untuk mencegah terjadinya kelemahan sistem ini adalah dengan membuat perencanaan sistem website yang baik dan matang. Baik itu dari segi pemilihan hardware, software, dan juga monitor serta kontrol yang harus ketat pada sistem website yang sedang berjalan. Dan kelemahan sistem ini bisa dicegah.

 

Related Post :