6 Tren Digital Marketing Tahun 2022

Business, Content Marketing / 0 | | 1

Ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan selain kemajuan teknologi atau cara baru untuk menjual produk dan layanan ketika Anda berbicara tentang pemasaran digital atau digital marketing. Anda perlu mengamati perilaku orang, perubahan kebiasaan konsumen, dan peristiwa besar yang membentuk cara kita berinteraksi dengan dunia. Pandemi Covid-19 telah memaksa bisnis dan perusahaan dari segala bentuk dan ukuran untuk mengubah strategi mereka dan beradaptasi dengan dunia yang baru, serta pola ini akan tetap konstan sepanjang tahun 2022.

Dengan keadaan pemasaran digital atau digital marketing yang berada dalam keadaan evolusi yang konstan, platform dan fitur baru terus diluncurkan di pasar. Perilaku konsumen berubah, kemudian berubah lagi. Perusahaan mengubah permainan dan dengan itu mengubah juga seluruh lanskap pemasaran. Selalu ada strategi berbeda untuk diambil seperti pembaruan algoritma SEO lokal untuk beradaptasi, tren desain web baru untuk diadopsi, dan saluran baru untuk dijelajahi.

Jika bisnis Anda tidak beradaptasi, Anda berisiko tertinggal dan kalah dari pesaing Anda. Itu sebabnya Anda perlu memperhatikan tren digital marketing jika Anda ingin tetap relevan dengan pelanggan dan mengembangkan bisnis Anda dalam jangka panjang. Artikel ini telah mengumpulkan 6 tren digital marketing teratas yang perlu Anda perhatikan pada tahun 2022, serta definisi singkat juga mengenai digital marketing agar pemasaran bisnis Anda dapat dilakukan lebih sukses lagi.

 

Baca Juga :  Memahami Kegunaan Digital Marketing Bagi Bisnis Online

 

Mengenal Apa Itu Digital Marketing

6 Tren Digital Marketing Tahun 2022
 

Dari sudut pandang umum, pemasaran adalah praktik mengidentifikasi dan memuaskan kebutuhan pelanggan. Ini adalah tugas yang sangat penting dalam konteks bisnis, karena upaya pemasaran yang berhasil dapat mendorong prospek masuk dan menarik banyak pelanggan. Siklus pemasaran tradisional melibatkan analisis orientasi pasar, bauran produk, dan lingkungan bisnis. Meskipun pemasaran memiliki akar yang dalam pada sejarah dan budaya bisnis, pemasaran digital atau digital marketing adalah praktik yang relatif baru.

Dengan ledakan teknologi digital termasuk penggunaan komputer dan telepon pintar yang meluas, bisnis mulai bereksperimen dengan taktik pemasaran baru. Dengan demikian, pemasaran digital lahir. Di hari ini pemasaran tradisional dan pemasaran digital sama pentingnya. Namun, banyak pemasar mulai condong pada digital marketing. Kesenjangan ini tampaknya ditakdirkan untuk tumbuh lebih luas dari waktu ke waktu, karena banyak bisnis mengalihkan dana dari metode pemasaran tradisional ke digital.

Secara keseluruhan, sangat penting bagi bisnis untuk merencanakan dan menjalankan strategi pemasaran digital yang layak. Singkatnya, pemasaran digital mengacu pada metode pemasaran apapun yang dilakukan melalui perangkat elektronik yang memanfaatkan beberapa bentuk komputer. Ini termasuk upaya pemasaran online yang dilakukan di internet. Dalam proses melakukan pemasaran digital, bisnis dapat memanfaatkan situs web, mesin pencari, blog, media sosial, video, email, dan saluran serupa untuk menjangkau pelanggan.

Tidak seperti pemasaran tradisional yang statis dan sering disebut sebagai komunikasi satu arah, pemasaran digital adalah proses yang dinamis dan selalu berubah. Bahkan dinyatakan sebaliknya karena pelanggan tidak dapat berinteraksi dengan bisnis melalui papan iklan atau iklan cetak, sedangkan pemasaran digital menyediakan jalan untuk komunikasi dua arah antara bisnis dan pelanggan aktual atau calon pelanggannya. Saat ini screen time juga berada pada titik tertinggi bagi banyak orang. Pemasaran digital memanfaatkan keadaan ini, mempromosikan produk dan layanan bisnis di internet. Dengan cara ini, bisnis memastikan bahwa upaya pemasaran mereka lebih mungkin menjangkau pelanggan, dengan menargetkan di mana mereka menghabiskan sebagian besar waktu.

Dari perusahaan rintisan hingga bisnis perusahaan, pendekatan pemasaran digital multifaset dapat menghasilkan manfaat komersial yang signifikan. Strategi pemasaran digital yang sukses umumnya melibatkan kombinasi dari berbagai metode, termasuk periklanan online, optimasi dan pemasaran mesin pencari, pemasaran dan manajemen media sosial dan pembuatan konten. Selain itu pemasaran digital adalah istilah luas yang mencakup banyak saluran berbeda untuk mempromosikan minat bisnis kepada calon pelanggan. Tergantung pada kebutuhan dan tujuan bisnis. Ada banyak cara untuk melakukan pemasaran digital karena itu ada beberapa metode umum untuk yang dapat Anda lakukan diantaranya :

  • Search Engine Optimization (SEO)

    SEO adalah praktik meningkatkan peringkat dalam mesin pencari utama untuk meningkatkan lalu lintas online.

  • Pemasaran Konten

    Pemasaran konten mengacu pada penerbitan dan distribusi materi teks, video, atau audio kepada pelanggan secara online. Blog, video, dan podcast adalah cara umum bagi bisnis untuk terlibat dalam pemasaran konten.

Baca Juga :  Manfaat Menggunakan Digital Marketing Specialist Bagi Mendongkrak Laba Bisnis Online

  • Search Engine Marketing (SEM)

    SEM memanfaatkan iklan online berbayar untuk meningkatkan visibilitas situs web dalam mesin pencari. SEM sering digunakan bersamaan dengan SEO.

  • Pemasaran Media Sosial (SMM)

    SMM adalah praktik menggunakan saluran media sosial untuk mempromosikan produk atau layanan bisnis. Penggunaan influencer media sosial, sering disebut sebagai influencer marketing.

  • Pemasaran Email

    Pemasaran email memungkinkan bisnis mengirim konten promosi bermerek langsung ke calon pelanggan melalui email. Penggunaan buletin otomatis adalah umum dalam konteks ini.

  • Pay-Per-Click (PPC)

    PPC adalah metode online untuk beriklan di mana bisnis hanya membayar iklannya ketika seseorang mengkliknya.

  • Pemasaran Afiliasi

    Pemasaran afiliasi adalah latihan berbasis kinerja yang memungkinkan pembagian pendapatan dan kompensasi bayar per penjualan (PPS) dalam jaringan umum.

  • Periklanan Asli

    Periklanan asli melibatkan pencampuran materi pemasaran ke dalam media, membuat pesan yang mendasari dan tujuan pemasaran sama pentingnya. Konten bersponsor, di mana satu bisnis memposting kontennya sendiri di situs web yang berbeda, adalah metode periklanan asli yang umum.

Seperti yang ditunjukkan oleh daftar di atas, ada banyak cara untuk menjalankan strategi pemasaran digital. Untuk sebagian besar bisnis, pemasaran yang sukses melibatkan penggunaan dan penerapan beberapa metode pemasaran digital.

 

Baca Juga :  Memahami Istilah Digital Marketing Untuk Bisnis Online 2022 (SEM, SEF, SERP, SEO, SEA, SMM)

 

6 Trend Digital Marketing Tahun 2022

6 Tren Digital Marketing Tahun 2022
 

Berikut adalah 6 tren pemasaran digital atau digital marketing teratas yang harus Anda ikuti pada tahun 2022 untuk menghasilkan lebih banyak kesadaran brand, lalu lintas situs web, dan prospek sehingga Anda dapat meningkatkan Return on Investment (ROI) Anda.

  1. Fokus pada pemasaran video

    Konten video mendominasi dan pemasaran video tentu akan menjadi tren besar di tahun 2022. Identifikasi apa yang dicari pelanggan Anda secara online dengan kumpulkan riset kata kunci. Kemudian berikan konten video yang menjawab pertanyaan mereka. Setelah Anda membuat video, unggah ke blog perusahaan Anda.

  2. Chatbots

    Terapkan chatbots pada tahun 2022 sebagai salah satu tren pemasaran digital teratas untuk meningkatkan keterlibatan situs web Anda. Dengan meningkatkan pengalaman pengguna, chatbots menghasilkan lebih banyak waktu yang dihabiskan di situs web Anda. Selain itu, Anda dapat membantu pelanggan menggunakan chatbot meskipun toko Anda tutup.

  3. Pemasaran Influencer

    Pertimbangkan untuk bermitra dengan influencer tahun ini untuk memperbarui strategi pemasaran digital Anda. Temukan influencer yang sudah memiliki banyak pengikut. Dan kemudian, Anda dapat meminta mereka untuk mempromosikan produk atau layanan Anda.

  4. Streaming Langsung

    Streaming langsung adalah konsep baru dan dengan cepat menjadi saluran pemasaran pilihan setiap pemasar. 80% konsumen lebih suka menonton streaming langsung brand daripada membaca blog perusahaan. 74% milenial lebih suka video ketika mereka melakukan perbandingan belanja.Saluran pemasaran digital ini dengan cepat mendapatkan perhatian.

  5. Pemasaran mobile-first

    Apa kesamaan yang dimiliki sebagian besar konsumen? Smartphone. Ponsel cerdas dan tablet semakin populer untuk menjelajahi produk dan layanan online. Jadi, pemilik bisnis perlu waktu untuk membuat konten ramah seluler yang berperingkat lebih baik di mesin telusur untuk menarik konsumen generasi baru ini.

  6. Podcast

    Dengan popularitas podcast yang meledak, brand tidak boleh melewatkan tren pemasaran digital yang penting ini. Bahkan Google menampilkan episode podcast individual di SERP-nya. Squarespace adalah contoh yang bagus dari sebuah perusahaan yang telah menjadi pengadopsi awal iklan podcast. Pertimbangkan untuk menambahkan sponsor podcast juga ke rencana pemasaran Anda pada tahun 2022 ini.

 

Baca Juga :  Tips Digital Marketing Terbaik 2022

 

Kesimpulan dan Penutup

Ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan selain kemajuan teknologi atau cara baru untuk menjual produk dan layanan ketika Anda berbicara tentang pemasaran digital. Anda perlu mengamati perilaku orang, perubahan kebiasaan konsumen, dan peristiwa besar yang membentuk cara kita berinteraksi dengan dunia. Platform digital menawarkan kepada kita dunia yang terus berubah di mana hal-hal yang paling tidak terduga dapat menjadi pengubah regulasi pemasaran.Yang penting untuk diketahui setiap pemasar adalah tren apa yang sedang berkembang.

Sekarang setelah Anda mengetahui tren teratas untuk tahun baru ini, mulailah dulu untuk menentukan strategi digital marketing Anda karena semakin cepat Anda mulai menerapkan tren ini, semakin baik hasil yang akan Anda rasakan dalam jangka panjang. Jika ingin tetap relevan di tahun 2022, Anda harus menjadi yang teratas dalam tren pemasaran digital terbaik dan merangkul transformasi digital. Dan yang lebih penting, Anda perlu memahami bagaimana memanfaatkan tren pemasaran digital ini untuk mengembangkan bisnis Anda.

Related Post :

popup image