7 Rekomendasi Bisnis Rumahan Terbaik Tahun 2022

Serba Serbi, Startup & Bisnis / 0 | | 0

Pada tahun 2021 lebih dari 2,14 miliar orang telah beralih ke belanja online untuk memenuhi kebutuhan mereka. Kemungkinan karena pandemi COVID-19 membuat 40,3% pelanggan mengurangi kunjungan ke toko fisik. Para ahli memperkirakan bahwa tren ini akan berlanjut karena pendapatan eCommerce diproyeksikan tumbuh menjadi lebih dari 77 kuadriliun rupiah pada tahun 2022. Jika Anda mempertimbangkan untuk memulai bisnis kecil online, sekarang adalah waktu yang tepat untuk melakukannya.

Karena memutuskan bagaimana membentuk bisnis online rumahan Anda akan menentukan keberhasilannya, penting untuk merencanakan bisnis Anda secara strategis sesuai dengan tuntutan pasar. Untuk melakukannya, Anda harus memutuskan apa yang harus dilakukan terlebih dahulu karena dengan kebangkitan ekonomi digital dan ekonomi individu, semakin banyak orang yang ingin memulai bisnis kecil dan menjadi bos bagi diri mereka sendiri.

Artikel ini akan mengeksplorasi 7 ide bisnis yang menguntungkan dan terbaik di tahun 2022. Selalu menyenangkan untuk memulai tahun baru dengan yang baru pula. Jadi, mengapa tidak mempertimbangkan untuk membangun bisnis?. Terlebih jika Anda telah memiliki modal gawai yang canggih dan beragam serta kecepatan internet memadai, beberapa bisnis langsung dapat Anda kerjakan dari rumah.

 

Baca Juga :  Panduan Menggunakan dan Memanfaatkan Blogging Bagi Kebutuhan Bisnis dan Usaha Online

 

Mengenal Apa Itu Bisnis Rumahan

7 Rekomendasi Bisnis Rumahan Terbaik Tahun 2022
 

 

Bisnis rumahan adalah perusahaan kecil atau bisnis yang dijalankan orang dari rumah mereka. Sebagian besar bisnis rumahan tidak memiliki banyak karyawan. Karyawan di bisnis rumahan biasanya bekerja dari rumah atau untuk agen yang beroperasi sebagai subkontraktor. Memulai bisnis rumahan masuk akal jika Anda ingin meminimalkan biaya awal. Ini juga ideal untuk individu yang tidak dapat meninggalkan rumah mereka setiap hari untuk waktu yang lama.

Misalnya, pengasuh merasa lebih mudah untuk mengatur jadwal mereka jika mereka memiliki bisnis rumahan. Orang tua dengan bayi atau anak kecil juga dapat mengatasi komitmen keluarga mereka dengan lebih mudah jika mereka bekerja di rumah. Namun, bekerja di rumah bukan untuk semua orang. Di atas segalanya, bisnis rumahan membutuhkan banyak disiplin diri dan komitmen. Meski begitu, manfaatnya bisa sangat besar, terutama selama periode awal bisnis yang penting. Jika Anda mempertimbangkan untuk menjalankan bisnis dari rumah, ingatlah bahwa Anda harus mengikuti semua hukum dan peraturan lokal dan nasional. Jika Anda memerlukan lisensi untuk memiliki bisnis tertentu, maka sediakan waktu untuk mengurusnya. Anda juga harus memeriksa bahwa tidak ada peraturan zonasi perumahan yang melarang kegiatan komersial di tempat Anda tinggal.

Setelah mengerti konsep bisnis rumahan, ada baiknya Anda juga mempelajari kelebihan dan kekurangan yang dimiliki bisnis rumahan, agar Anda dapat mengambil langkah lebih jelas kedepannya guna meminimalkan kekurangan dan mempertahankan kelebihan bisnis rumahan ini.

Baca Juga :  Ide Peluang Usaha Rumahan Online Bagi Pemula

  • Kelebihan

    Saat Anda bekerja dari rumah, Anda memanfaatkan waktu Anda dengan lebih baik. Bisnis rumahan memiliki lebih banyak fleksibilitas daripada bisnis berbasis kantor. Selain itu berbisnis dari rumah juga berarti Anda dapat mengurangi ukuran dan biaya operasi bisnis Anda. Selanjutnya ada manfaat pajak juga yang akan Anda dapatkan karena di sebagian besar yurisdiksi, Anda dapat mengurangi persentase dari biaya rumah Anda yang mahal seperti pajak properti, utilitas, pemeliharaan dan perbaikan, dan bunga hipotek. Secara khusus, Anda dapat mengurangi sebagian dari pengeluaran tersebut dari pendapatan bisnis Anda. Memiliki bisnis rumahan selanjutnya akan memberi Anda fleksibilitas mengenai jam kerja, mampu bekerja secara virtual kapanpun Anda suka dan ini adalah hal yang bagus jika klien tiba-tiba mengirimkan permintaan mendesak. Terakhir, bekerja dari rumah menekan biaya overhead Anda. Overhead adalah semua pengeluaran bisnis yang sedang berlangsung, yaitu biaya operasional.

  • Kekurangan

    Jika Anda memiliki pekerjaan yang aman dengan penghasilan tetap, ingatlah bahwa Anda akan kehilangan itu dengan bisnis rumahan Anda. Apalagi, pada masa startup, Anda akan memiliki penghasilan yang tidak menentu. Selain itu jika Anda bukan tipe orang yang suka menyendiri, bekerja dari rumah bukan untuk Anda karena sampai bisnis tumbuh dan Anda memiliki kantor yang penuh dengan rekan kerja, Anda akan bekerja dalam isolasi. Kekurangan dari bisnis rumahan juga akan Anda hadapi Jika Anda tidak memiliki disiplin diri yang besar. Disisi lain rumah Anda memiliki banyak gangguan, sehingga pekerjaan terkadang terganggu. Dengan kata lain, ingatlah bahwa rumah pada dasarnya yaitu tempat Anda tinggal. Jika Anda mudah terganggu, bekerja di rumah mungkin bukan ide yang baik. Namun terlepas dari kekurangannya, usaha bisnis rumahan cenderung lebih berhasil daripada yang berbasis kantor.

 

Baca Juga :  Peluang Bisnis Terbaik Menjanjikan 2022

 

7 Rekomendasi Bisnis Rumahan Terbaik Tahun 2022

7 Rekomendasi Bisnis Rumahan Terbaik Tahun 2022
 

 

Ingin tahu apa saja ide bisnis rumahan terbaik? Telusuri daftar berikut untuk menemukan rekomendasi bisnis terbaik untuk Anda.

  1. Dropshipper

    Jika menjual barang di toko online terdengar seperti ide bisnis rumahan yang keren, tetapi Anda tidak ingin repot membuat produk, tidak perlu mencari lagi, Dropshipping memberi Anda kebebasan untuk memulai toko online dan membiarkan orang lain mengelola inventaris. Model bisnis eCommerce ini benar-benar terbaik untuk modal yang terbatas. Untuk mendirikan bisnis Anda, Anda harus mencari grosir yang memasok produk ke pengirim barang, kemudian Anda memilih produk, mencantumkannya di toko online Anda, dan menghubungi pemasok setelah Anda melakukan penjualan. Mereka akan mengirimkan barang langsung ke pelanggan Anda. Selain itu pastikan Anda mengikuti trend saat ini. Di sisi positifnya, dropshipping memiliki biaya awal yang rendah dan komitmen yang minimal. Dengan persediaan nol, Anda dapat mengganti pilihan produk Anda dengan mudah juga.

  2. Penitipan anak

    Orang tua tunggal dan keluarga inti selalu kekurangan waktu untuk mengasuh anak-anak mereka. Oleh karena itu, selalu ada permintaan untuk profesional pengasuhan anak yang penuh kasih. Ini adalah karir yang menguntungkan dan pilihan bisnis kecil jika Anda suka berada di sekitar anak-anak. Tidak seorang pun ingin meninggalkan anak-anak mereka dengan seseorang yang tidak mereka percayai, jadi pastikan untuk dapat diandalkan, peduli, dan jujur. Dan sebelum mengambil risiko, pastikan tentang kelompok usia anak-anak yang bersedia Anda asuh. Seiring bertambahnya pengalaman, Anda juga dapat membuka pusat penitipan anak sendiri untuk menjaga anak-anak dan mengembangkan bisnis Anda. Untuk meningkatkan peluang Anda menemukan kesuksesan di arena ini, pastikan Anda mendapatkan sertifikasi formal dalam pengasuhan anak dan belajar tentang persyaratan lokal.

  3. Perbaikan komputer

    Mengingat tingginya biaya perbaikan di bengkel resmi, Anda memiliki peluang besar untuk mendapatkan uang dengan menawarkan layanan perbaikan hemat biaya. Jika Anda seorang dokter komputer, Anda bisa mulai dengan mendekati usaha kecil dan rumah tetangga untuk mendapatkan proyek perbaikan komputer. Secara bertahap Anda dapat memperluas tim Anda untuk menerima pesanan yang lebih besar dari perusahaan menengah atau besar. Dari belajar memperbaiki masalah jaringan hingga mengganti hard drive yang rusak, ini merupakan peluang sangat besar bagi skill Anda. Ada lebih dari 1 miliar komputer yang digunakan saat ini dan tidak heran pasar untuk layanan perbaikan komputer yang kredibel sangat besar. Dan menurut survei, industri perbaikan komputer memperoleh lebih dari 272 triliun rupiah pada tahun 2018.

  4. Furnitur kustom

    Furnitur yang dibuat khusus sangat diminati. Jika Anda menyukai kreativitas dan pandai membangun furnitur dari awal, maka Anda dapat mengubah kerajinan Anda menjadi peluang menghasilkan uang yang besar. Orang-orang atau perusahaan biasanya siap membayar premi yang lumayan untuk personalisasi dan kustomisasi tingkat tinggi. Jumlah orang yang ingin membuat rumah mereka terlihat otentik tumbuh secara eksponensial, begitu pula peluang bisnisnya. Selain itu untuk mengembangkan jasa ini, Anda dapat menggunakan pasar e commerce untuk memasarkan produk yang Anda buat.

  5. Pemasaran konten freelance

    Startup, bisnis kecil, dan influencer selalu mencari cara untuk meningkatkan kehadiran online mereka dengan mempromosikan konten yang menarik dan berkualitas tinggi. Keahlian Anda dalam memberikan strategi pemasaran konten yang sangat efektif dapat membantu Anda mendapatkan beberapa klien dengan harga tinggi. Setelah Anda mulai membangun portofolio klien yang sudah mapan, Anda memiliki peluang untuk mendapatkan jutaan rupiah per proyek. Anda dapat mulai mencari jaringan yang ada untuk mencari tahu tentang perusahaan yang mencari pemasar konten untuk membangun brand mereka. Pemasaran konten adalah seperangkat keterampilan yang dinamis, dan seiring dengan perkembangan teknologi, Anda harus selalu mengikuti perkembangannya. Terus ikuti blog pemasaran konten teratas untuk tetap mengikuti alur.

  6. Tuan rumah Airbnb

    Anda dapat memaksimalkan ruang yang tidak terpakai dengan mendaftarkan properti Anda di Airbnb. Ini telah menjadi bisnis yang menguntungkan bagi jutaan pemilik rumah yang ingin mendapatkan penghasilan sampingan tambahan dengan menyewakan ruang mereka. Selain menyewakan kamar atau apartemen Anda, itu juga memberikan kesempatan yang sangat baik untuk bertemu orang yang berbeda dari seluruh dunia. Namun, Anda mungkin perlu tetap siap siaga untuk membantu tamu Anda dengan persyaratan lokal. Anda juga memiliki opsi untuk meningkatkan bisnis ini dengan menawarkan makanan, pengalaman yang dipersonalisasi seperti tur kota, layanan tambahan, dan transportasi dengan biaya tambahan.

  7. Pembersihan karpet

    Hampir setiap rumah memiliki setidaknya satu karpet, dan mereka pasti akan kotor. Orang selalu mencari pembersih karpet yang andal untuk menghilangkan alergi, debu, serangga, dan noda. Anda perlu berinvestasi dalam penyedot debu yang baik, agen pembersih, dan sikat karpet untuk meluncurkan bisnis ini. Lakukan riset pasar tentang harga untuk menawarkan opsi terbaik. Anda bisa mulai dengan bertanya-tanya di lingkungan Anda tentang persyaratan layanan pembersihan rumah. Pastikan untuk terus belajar tentang layanan dan teknik pembersihan karpet baru untuk meningkatkan pengetahuan Anda. Lebih jauh lagi, Anda bahkan dapat menyewa banyak pembersih karpet dan meluncurkan perusahaan pembersih karpet Anda sendiri.

 

Baca Juga :  6 Peluang Bisnis Online Rumahan yang Mudah Dijalankan dan Sangat Menguntungkan

 

Kesimpulan dan Penutup

Bisnis yang paling sukses adalah bisnis yang dapat memecahkan masalah untuk sekelompok orang tertentu. Ketika Anda ingin memulai bisnis kecil atau bisnis rumahan, bukan perusahaan besar dengan dana investor, carilah celah yang Anda kuasai untuk dimasuki. Tidak apa-apa jika Anda belum tahu apa passion Anda, jangan menekan diri sendiri untuk mencari tahu semuanya pada hari pertama. Ide-ide ini dimaksudkan untuk menjadi rekomendasi terbaik yang mungkin dapat Anda pelajari dan persiapkan di tahun 2022 ini.

Namun, pada akhirnya artikel ini hanya gambaran umum yang diprediksi terbaik di tahun ini. Jika Anda telah memiliki ide lain dan konsep yang lebih matang, tidak ada salahnya untuk mencoba meluncurkan bisnis Anda sesegera mungkin. Semakin sedikit pesaing di lingkungan Anda, maka semakin mudah bagi Anda untuk menjadi pionir di bidang yang Anda jalankan. Semoga beruntung!

Related Post :