9 Cara Menjaga Website Agar Aman

Development & Security, Web Security / 0 | | 0

Setelah mengetahui beberapa alasan penting website yang aman sangat diperlukan (Baca Juga : 3 Alasan Website Yang Aman Sangat Diperlukan), maka Anda sudah mendapat gambaran umum tentang topik tersebut. Hal ini pun akan memberi pertimbangan khusus untuk Anda untuk mengambil keputusan demi menjaga keamanan website atau justru sebaliknya. Dengan demikian, Anda pun bisa mengambil keputusan terbaik.

Jika Anda ingin membuat website tetap aman, maka ada sejumlah cara yang bisa dilakukan secara tepat. Beberapa cara ini bisa Anda terapkan dengan maksimal, sehingga menjaga website agar aman pun bisa dilakukan secara optimal. Ini dia beberapa cara yang bisa Anda coba.

1. Terus update

Anda bisa memastikan versi CMS dan plug in yang digunakan merupakan versi terbaru. Mengoperasikan software yang tak pernah diperbarui sangat berisiko dan rawan. Maka dari itu, terus lakukan update untuk menghindari diretasnya web Anda oleh hacker yang mengandalkan sistem otomatis yang merugikan.

2. Lakukan backup data

Agar bisa menjaga website agar aman, Anda perlu melakukan backup data yang ada di dalam suatu website. Hal ini bisa Anda lakukan secara berkala. Anda bisa menghindari penyimpanan backup data pada web server yang sama karena memiliki resiko tinggi untuk diakses oleh hacker.

Baca Juga : Pentingnya Fasilitas Backup pada Layanan Web Hosting

3. Penggunaan password

Password menjadi hal penting yang harus dilindungi dan dijaga tingkat kerahasiaannya. Maka dari itu, hindari penggunaan password yang mudah ditebak. Misalnya saja seperti tanggal lahir, nama panggulan, dan sebagainya. Hal ini akan memudahkan hacker membobol akun website Anda.

4. Tiap situas satu server

Sebagian orang sering menyewa web histing tak terbatas untuk banyak situs di dalamnya agar lebih efisien. Padahal ini menjadi satu cara yang kurang baik dari segi keamanan. Maka dari itu, untuk menjaga website agar aman, gunakan satu server untuk satu situs saja.

5. Batasi akses pengguna

Hal ini hanya berlaku untuk sejumlah situs yang mempunyai beberapa log in. Membatasi akses pengguna sangat penting dilakukan, sesuai dengan perannya masing-masing. Dengan begitu, hal ini bisa mengurangi dampak dari akun berbahaya serta melindungi dari kerusakan akibat ulah hacker.

Baca Juga : Tutorial Mengontrol Akses Pengguna Pada Blogspot

6. Konfigurasi server

Anda harus tahu apa saja jenis file konfigurasi yang dipakai di web server. Dari sejumlah file konfigurasi ini Anda bisa menerapkan aturan tertentu di server, termasuk juga dengan instruksi yang bisa meningkatkan keamanan web. Dengan begitu, Anda pun bisa menjaga website agar aman secara optimal.

7. Ganti pengaturan default CMS

Dari segi perspektif penggunaan keamanan untuk pengguna akhir, aplikasi CMS cukup mengerikan meski mudah digunakan. Hingga kini, serangan pada website sering kali dilakukan secara otomatis. Maka, Anda bisa mengubah pengaturan default pada saat menginstal CMS.

8. Pilih ekstensi tepercaya

Untuk bisa menjaga website agar aman, Anda bisa memilih ekstensi tepercaya. Hal ini dikarenakan ekstensi dapat menjadi pisatu bermata 2, dimana pada satu sisi hal ini akan sangat menguntungkan penggunanya, sementara di sisi yang berseberangan juga memiliki celah berbahaya.

Baca Juga : Pengertian Ekstensi Domain Beserta Fungsinya

9. Install SSL

SSL memiliki peran penting, terlebih untuk keamanan web ecommerce serta tiap web yang memakai form pengisian yang menyantumkan data personal. Sertifikat SSL bisa melindungi informasi pengunjung sepanjang proses pengiriman data dengan menggunakan internet.

Related Post :