logo 7 Alternatif Google Form untuk Kuesioner Online - IDCloudHost

7 Alternatif Google Form untuk Kuesioner Online

7 Alternatif Google Form untuk Kuesioner Online

Google form adalah layanan dari google yang membantu para pengguna untuk membuat kuesioner, formulir, dan sebagainya. Dalam perkembangannya, muncul berbagai alternatif google form yang bisa dijadikan untuk membuat kuesioner online maupun formulir. Apa saja aplikasi pengganti google form yang bisa Anda gunakan?

Jika Anda belum pernah mendengar alternatif lain dalam membuat google form, maka artikel ini akan menjadi pilihan yang tepat bagi Anda untuk melakukan eksplorasi atau mencoba software lainnya yang dapat digunakan selain google form. 

Pengertian Google Form

alternatif google form

Google form adalah layanan tool online oleh google yang populer dengan kegunaanya dalam membuat survey, membuat kuesioner online, atau mengumpulkan data dalam spreadsheet. 

Adapun beberapa tipe pertanyaan yang bisa dilakukan pada google form seperti short question, paragraph, multiple choice, linear scale, date, time, dan sebagainya. Pertanyaan tersebut dapat digunakan dalam mendukung berbagai pilihan pertanyaan yang akan Anda ajukan dalam membuat kuesioner online atau survei.

Alternatif Google Form

alternatif google form

Google form memiliki kelebihan yang didesain secara simpel sehingga dapat digunakan oleh siapa saja karena dapat dipahami dengan mudah. Namun google form memiliki batasan fitur yang bisa digunakan. Dengan demikian, ketika kompetitor bisnis Anda memilih alternatif google form lainnya, maka form yang dibagikan akan terlihat lebih terkemuka dari bisnis Anda yang masih menggunakan google form.

Meskipun memiliki tujuan yang sama untuk membantu pengumpulan data, namun untuk menciptakan media yang profesional untuk bisnis, Anda bisa menggunakan alternatif google form lainnya. Dengan demikian, berikut kami rangkum berbagai aplikasi pengganti google form yang bisa Anda gunakan!

  • Jotform 

Jotform adalah tool yang berfungsi untuk membuat form dan tersedia dengan versi free maupun premium. Anda bisa mengakses aplikasi kuesioner online yang satu ini melalui website atau mobile app yang bisa diunduh pada halaman resmi jotform. 

Adapun cara pembuatan form melalui website, Anda dapat menuju halaman “my page” kemudian melakukan klik pada “Assigned Forms” yang terletak pada panel sebelah kiri dan Anda bisa mengisi form sesuai keinginan Anda. Dilain hal, untuk pembuatan form melalui mobile apps dapat dilakukan dengan melakukan klik pada icon sebelah kiri atas kemudian melakukan klik pada “assigned form” lalu pilih jenis form yang diinginkan. 

Aplikasi pengganti google form ini tersedia dalam versi gratis dan berbayar sehingga Anda dapat menyesuaikan dengan kebutuhan Anda. Untuk versi gratis, Anda dapat menggunakan jotform dengan kapasitas lima forms, 100 respon per bulan, dan 100MB penyimpanan. Adapun untuk versi premium, Anda dapat menggunakan jotform dengan kapasitas minimal 1 TB penyimpanan dan 100.000 respon per bulan. 

Jotform menetapkan harga minimal $34 hingga $99 sesuai dengan kapasitas yang ditawarkan. Untuk media pembayaran, Anda dapat melakukannya dengan berbagai tipe sistem pembayaran seperti kartu debit, kartu kredit, pembayaran ACH, dan sebagainya. 

Dengan demikian, untuk kebutuhan pribadi dengan kapasitas terbatas, Anda dapat menggunakan jotform versi premium. Namun sebaliknya, untuk kebutuhan bisnis dengan kapasitas yang lebih besar, Anda dapat menggunakan jotform versi berbayar. 

  • Microsoft Form

Adapun alternatif google form untuk membuat kuesioner online selanjutnya adalah microsoft form yang merupakan bagian dari microsoft 365 yang membantu dalam membuat analisis data menjadi lebih mudah dan melakukan import data ke excel menjadi lebih cepat.

Sayangnya, tool yang satu ini tidak memiliki versi gratis, Anda perlu membayar lisensi untuk dapat menggunakannya dengan maksimal. Dengan demikian, untuk mengakses versi premium dari aplikasi kuesioner online yang satu ini, Anda perlu membayar $59,99 per tahun atau $5,99 per bulan. 

Adapun salah satu fitur microsoft form yang membuatnya berbeda dengan yang lain adalah form sharing. Melalui fitur ini Anda dimungkinkan untuk membagikan form ke sosial media atau membuat code QR secara instan. Hal tersebut akan memudahkan Anda untuk mendapatkan responden yang lebih banyak dengan besarnya pengguna media sosial. Lebih lanjut, code QR juga akan membuat form yang dibagikan terlihat lebih professional. 

Untuk membuat microsoft form, Anda dapat melakukan login terhadap akun microsoft 365 credential kemudian pilih “+New Form” dan isilah judul form sesuai dengan kebutuhan dan Anda pun dapat menambahkan berbagai macam pertanyaan seperti pilihan berganda, rating, text, dan lainnya. 

  • WPForms

Alternatif google form selanjutnya adalah WPForms yang telah menjadi pilihan bagi lebih dari lima miliar website dan merupakan salah satu media form plugin wordpress yang beginner-friendly. Hal ini karena WPForms juga memiliki form drag-and-drop builders yang memudahkan pengoperasional dalam membuat formulir di WPForms.

WPForms juga dengan mudah dalam mengintegrasikan formulir yang Anda buat dengan WordPress. Lebih lanjut. WPForms juga memungkinkan untuk membuat form dengan menerima respon yang tak terbatas. Anda juga bisa menambahkan CAPTCHA pada formulir yang sudah selesai sehingga dapat menghindari spam dari pengiriman spam dari bot.

Salah satu kelemahan aplikasi kuesioner online yang satu ini adalah adanya batasan terhadap penerimaan dan penyimpanan formulir. Namun, dengan versi paid pro dari WPForms dengan harga $39.50 per tahun, Anda dapat menyimpan hasil formulir di dasbor WordPress atau mengekspor entri kiriman.

  • Typeform 

Adapun alternatif google form untuk membuat kuesioner online selanjutnya adalah typeform yang memberikan penggunanya pengalaman yang berbeda. Brand ini memiliki tampilan form yang lebih aesthetic sehingga memudahkan responden untuk melakukan pengisian formulir. Dengan demikian, Anda memiliki kebebasan dalam melakukan pengeditan terhadap desain formulir, memilih nama yang unik, dan mengubah layout. 

Typeform memiliki kelebihan dengan memungkinkan penggunanya untuk menetapkan batas waktu dan tanggal penutupan survei. Lebih lanjut, Typeform juga terintegrasi dengan Google Sheet, Google Analytics, Google Tag Manager, Salesforce, Facebook, Slack, dan sebagainya. 

Meskipun typeform juga menawarkan versi gratis, namun untuk mendapatkan fitur yang lebih lengkap, Anda bisa mengakses versi premium dengan harga $25/bulan hingga $83 dengan pembelian paket untuk satu tahun.

  • Zoho Forms

Zoho Forms menyediakan berbagai templat formulir untuk berbagai bisnis dan industri seperti perusahaan konstruksi, kesehatan, institusi pendidikan, dan sebagainya. 

Tool ini menyediakan pengamanan bawaan yang melindungi data dan membatasi dalam pengaksesan form yang Anda berikan. Seperti tools lainnya, aplikasi kuesioner online yang satu ini juga terintegrasi dengan berbagai aplikasi bisnis seperti Salesforce, Zapier, Office365, dan sebagainya.

Untuk mengakses versi premium, zoho form menyediakan fitur yang lebih lengkap, Anda perlu membayar yang mulai dari $10/bulan untuk paket satu tahun.

  • Hubspot

Adapun alternatif google form untuk membuat kuesioner online lainnya adalah hubspot yang merupakan tool untuk membuat form yang sesuai dengan pemasaran seperti customer relationship marketing (CRM), Email Marketing, dan fitur pemasaran lainnya. Hal tersebut karena hubspot memungkinkan Anda untuk melakukan monitor secara terhadap dokumen yang Anda bagikan kepada responden.

Anda juga dapat meminta akses email ketika responden sedang membuka dokumen. Dengan demikian, aplikasi pengganti google form ini akan membantu Anda mengumpulkan informasi yang Anda butuhkan sehingga memudahkan Anda dalam mengidentifikasi kebutuhan responden yang sesuai dengan perkembangan bisnis. 

Hubspot juga memiliki dengan fitur otomatisasi pemasaran, Anda dapat mengatur tindak lanjut email otomatis kepada pengguna yang mengisi formulir. Selain itu, Anda dapat menambahkan tindak lanjut  untuk mengidentifikasi consumer potential. Hal tersebut terjadi dengan menarik pelanggan yang potensial dengan mengirimi konten secara otomatis. 

Untuk mengakses fitur premium dari Hubspot mulai dengan harga dari $45/bulan. Dengan melakukan upgrade, Anda dapat menghapus merek hubspot, mengakses fitur formulir tambahan, dan mendapatkan lebih banyak alat pemasaran email. 

  • Wufoo

Wufoo adalah form online builder yang populer di kalangan para pebisnis. Wufo juga menawarkan fitur drag-and-drop builder dan memiliki tampilan user-friendly interface. Tool ini memberikan kemudahan dengan menyediakan berbagai formulir template yang telah tersedia. Hal tersebut akan membuat Anda memiliki berbagai pilihan alternatif template sesuai dengan kebutuhan. 

Wufo juga terintegrasi dengan Google Analytics, pengumpulan IP responden, terintegrasi dengan pembayaran, dan captcha spam protection. Adapun untuk versi premium Wufoo mulai dari $169 per tahun.

Penutup

Demikian alternatif google form yang dapat Anda gunakan dan bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan bisnis Anda. Berbagai alternatif google form tersebut dapat membantu Anda membuat formulir yang terlihat lebih profesional. Selain itu, Anda juga akan mendapatkan fitur tambahan lainnya untuk memaksimalkan aktivitas pemasaran Anda. 

Selain itu, untuk menciptakan bisnis yang terdepan, memiliki cloud server yang berkualitas dan memadai adalah hal penting,  IDCloudHost menyediakan produk Bare Metal Server yang dapat mendukung dan memaksimalkan aktivitas aplikasi dan website Anda dengan spesifikasi sumber daya server serta resource yang sangat tinggi.

Solusi Sempurna untuk Bisnis Anda

Dalam Waktu 3 Menit, Anda akan mendapatkan semua
layanan dengan cepat. Tidak ada kewajiban untuk upgrade,
downgrade atau cancel setiap waktu

Buat Private Cloud
Subscribe here to get update
popup image