Analisis SWOT : Pengertian, Kelebihan dan Kekurangannya

Serba Serbi, Tips & Tricks / 1 | | 0

Analisis SWOT adalah alat yang sangat sederhana, namun cukup kuat untuk membantu Anda mengembangkan strategi bisnis Anda. Baik Anda sedang membangun startup atau menjalankan perusahaan yang sudah ada, analisis ini adalah teknik yang bisa digunakan oleh hampir semua skala bisnis. Agar analisis SWOT efektif, semua yang ada di dalam perusahaan harus terlibat secara mendalam, mengingat ini bukan tugas yang bisa didelegasikan kepada orang lain.

Hanya saja untuk benar- benar dapat melakukan analisis ini, perusahaan harus mengerahkan seluruh tim mereka. Ini harus dilakukan untuk mendapatkan hasil terbaik demi mendapatkan masukan perspektif berbeda tentang perusahaan. Tim Anda harus mewakili berbagai aspek perusahaan Anda, mulai dari penjualan dan layanan pelanggan hingga pemasaran dan pengembangan produk.

Perusahaan yang inovatif bahkan melihat ke luar jajaran internal mereka sendiri ketika mereka melakukan analisis SWOT serta menerima masukan dari pelanggan untuk menambahkan pandangan yang lebih luas lagi. Maka jika jika Anda mempunyai bisnis kecil sekalipun, pertimbangkan untuk melakukan analisis SWOT dan cari tahu semua pandangan dari mereka yang terlibat dengan bisnis Anda.

 

Pengertian Analisis SWOT

Dalam bisnis, analisis SWOT adalah teknik yang digunakan untuk menentukan dan mendefinisikan kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman semasa Anda menjalankan bisnis Anda. Sedangkan dalam pengertian bahasa yang lain, SWOT adalah singkatan dari Strengths, Weaknesses, Opportunities, and Threats. Ini adalah analisis populer bagi banyak bisnis tidak peduli skala mereka terlebih lagi pada usaha rintisan atau startup.

Adapun analisis SWOT sendiri dapat diterapkan ke seluruh perusahaan atau organisasi, atau proyek individu dalam satu departemen. Paling umum, analisis SWOT digunakan di tingkat organisasi untuk menentukan seberapa dekat bisnis betul- betul selaras dengan lintasan pertumbuhan dan tolok ukur keberhasilannya. Tetapi analisis SWOT juga dapat digunakan untuk memastikan seberapa baik kinerja proyek tertentu seperti kampanye iklan online telah sesuai dengan proyeksi awal pembuatannya.

 

Konsep Dasar Analisis SWOT

Analisis SWOT : Pengertian, Kelebihan dan Kekurangannya
 

Setiap analisis SWOT yang dilakukan akan membantu Anda memahami posisi perusahaan yang akan mendorong ide dan pengambilan keputusan tentang bagaimana membangun kekuatan, memanfaatkan peluang, meminimalkan kelemahan dan melindungi dari ancaman. Berikut adalah empat penjelasan dari semua singkatan SWOT itu sendiri.

  • Identifikasi Kompetensi Inti

    Konsep pertama ini adalah agar dapat memberikan pandangan yang jelas tentang kompetensi inti Anda, dan memungkinkan Anda membangunnya untuk memenuhi tujuan bisnis Anda.

  • Identifikasi Kelemahan

    Mengenali kelemahan perusahaan Anda adalah salah satu langkah pertama untuk meningkatkan bisnis Anda. Ini mengungkapkan kelemahan Anda dan memberikan kesempatan untuk memulihkannya dengan cepat atau kembali kepada target Anda yang sebenarnya.

  • Jelajahi Peluang

    Selanjutnya analisis ini akan membantu Anda menjelajahi peluang yang ada di depan. Dengan menggunakan ini, Anda dapat menyusun rencana pertumbuhan strategis Anda berdasarkan kekuatan dan kelemahan Anda

  • Mengenali Potensi Ancaman

    Elemen terakhir ini akan membantu Anda menganalisis kemungkinan ancaman terhadap bisnis Anda, dan selanjutnya Anda dapat membuat perubahan yang diperlukan pada kebijakan bisnis dan tindakan yang diperlukan. Selain itu, konsep ini akan membantu memfasilitasi pembuatan rencana tambahan atau alternatif, rencana darurat, dan sebagainya.

 

Baca Juga  :     Memahami Pentingnya Riset Pasar Dalam Membangun Bisnis Online

 

Kelebihan dan Kekurangan Analisis SWOT

SWOT dapat membantu Anda mengidentifikasi dan memahami masalah utama yang mempengaruhi bisnis Anda, tetapi tidak selalu menawarkan solusi yang mutlak. Anda harus menyadari keterbatasan serta kelebihan dari analisis SWOT sebelum Anda memutuskan untuk melakukannya. Mari simak apa saja faktor dari kelebihan dan kekurangan analisis SWOT dibawah ini.

 

Kelebihan Analisis SWOT

  • Dengan analisis SWOT, Anda akan memahami bisnis Anda dengan lebih baik
  • Mengatasi kelemahan dengan solusi yang tepat
  • Mencegah kemungkinan ancaman
  • Memanfaatkan peluang yang ada dengan lebih tepat
  • Mengembangkan tujuan bisnis dan strategi yang sesuai untuk mencapainya

 

Keuntungan utama melakukan analisis SWOT adalah biaya yang sedikit atau tanpa biaya sama sekali karena siapa pun yang memahami bisnis Anda dapat melakukan analisis SWOT. Anda juga dapat menggunakan analisis SWOT ketika Anda tidak punya banyak waktu untuk menangani situasi yang kompleks. Ini berarti bahwa Anda dapat mengambil langkah-langkah untuk meningkatkan bisnis Anda tanpa biaya konsultan eksternal atau penasihat bisnis profesional yang membutuhkan biaya.

 

Baca Juga  :     Tips dan Trik Sukses Bisnis Online yang Menguntungkan Bagi Pemula

 

Kekurangan Analisis SWOT

  • Tidak memprioritaskan masalah sehingga berkemungkinan akan banyak hal yang tertunda atau terabaikan
  • Tidak memberikan solusi atau menawarkan keputusan alternatif
  • Meski membantu dalam menghasilkan banyak ide tetapi tidak membantu Anda memilih mana yang terbaik
  • Menghasilkan banyak informasi, tetapi tidak semuanya tepat dan berguna untuk kebutuhan bisnis Anda

 

Ketika Anda melakukan analisis SWOT, Anda harus ingat bahwa itu hanya satu tahap dari proses perencanaan bisnis saja. Untuk masalah yang kompleks, Anda memerlukan sebuah penelitian dan analisis khusus tersendiri yang lebih mendalam untuk membuat keputusan. Perlu diingat bahwa analisis SWOT hanya mencakup isu-isu yang pasti dapat dianggap sebagai kekuatan, kelemahan, peluang atau ancaman. Karena itu, sulit untuk mengatasi faktor yang tidak pasti atau dua sisi, seperti faktor yang bisa menjadi kekuatan atau kelemahan atau keduanya, dengan analisis SWOT semata.

 

Baca Juga  :     Tips dan Trik Cara Membuat Business Plan Untuk Bisnis Online Bagi Pemula

 

Cara Menggunakan Analisis SWOT

Analisis SWOT : Pengertian, Kelebihan dan Kekurangannya
 

Setelah Anda memeriksa keempat aspek SWOT, kemungkinan besar Anda akan dihadapkan pada daftar panjang tindakan potensial yang harus diambil. Anda ingin membangun kekuatan Anda, meningkatkan area yang lebih lemah dari bisnis Anda, menghindari ancaman apa pun serta kemudian memanfaatkan setiap peluang yang ada secara maksimal. Namun, sebelum Anda bertindak, carilah hubungan potensial antara kuadran matriks Anda.

Misalnya, dapatkah Anda menggunakan beberapa kekuatan Anda untuk membuka peluang lebih lanjut? Akankah lebih banyak peluang tersedia dengan menghilangkan dan menyingkirkan beberapa kelemahan Anda? Inia dalah pertanyaan- pertanyaan sederhana tapi perlu Anda pikirkan dengan matang. Sekarang saatnya untuk memangkas hal- hal yang tidak krusial dalam bisnis Anda dan memprioritaskan ide-ide Anda dengan konsisten sehingga Anda dapat memfokuskan waktu dan uang pada hal yang paling signifikan.

Perbaiki setiap poin untuk membuat perbandingan Anda lebih jelas seperti hanya menerima pernyataan yang valid dalam produk Anda daripada berandai akan peluang yang tidak bisa dipegang keabsahannya. Bawa semua kemungkinan dan opsi yang Anda hasilkan ke tahap selanjutnya dalam proses pembentukan strategi Anda dan terapkan pada tingkat yang tepat. Salah satu contoh penerapan adalah pada tingkat produk atau lini produk, bukan pada tingkat keseluruhan perusahaan yang jauh lebih kabur dan tidak meyakinkan.

 

Baca Juga  :     Keuntungan dan Manfaat Email Hosting dalam Bisnis

 

Kesimpulan dan Penutup

Jika Anda memulai atau menjalankan bisnis sendiri, Anda masih dapat melakukan analisis SWOT. Minta pendapat dan sudut pandang tambahan dari teman yang tahu sedikit tentang bisnis Anda, klien dan pelanggan atau bahkan vendor dan pemasok yang bekerjasama dengan Anda. Inti dari semua ini adalah mendapatkan pandangan serta masukan dari sudut berbeda yang akan membantu Anda dalam melihat keseluruhan operasi bisnis Anda.

Bisnis rajin menggunakan analisis SWOT untuk menilai situasi mereka saat ini dapat melihat celah dan kesalahan yang mereka buat sehingga dapat menentukan strategi untuk bergerak maju. Namun, ingatlah bahwa segala sesuatunya terus berubah dan Anda ingin menilai kembali strategi Anda yang mungkin dulu tepat, tetapi bisa saja tidak berhasil. Lakukan analisis SWOT setiap 6 hingga 12 bulan mengingat ini adalah bagian dari perencanaan bisnis yang penting untuk membantu menyusun strategi sehingga Anda memulai dengan langkah yang benar dan mengetahui arah yang Anda rencanakan.

Related Post :