logo Apa Itu Alt Text? Cara Menulis dan Manfaatnya - IDCloudHost

Apa Itu Alt Text? Cara Menulis dan Manfaatnya

Apa Itu Alt Text? Cara Menulis dan Manfaatnya

Di dunia digital, gambaran visual yang ditampilkan dalam sebuah artikel dapat memperkuat informasi yang ingin disampaikan. Selain itu dengan adanya ilustrasi atau gambar akan lebih mempermudah pembaca menangkap maksud dari tulisan kita. Ilustrasi atau gambar tersebut membutuhkan alt text. 

Jika Anda mengunjungi halaman sebuah website, yang pertama kali akan anda lihat adalah judul utama dari sebuah artikel atau mungkin dari sebuah section halaman dengan deskripsi singkat di bawahnya. Di mana ketika Anda mengklik judul tersebut akan mengarah kepada halaman baru yang menampilkan sebuah artikel atau halaman berisikan informasi yang lebih lengkap, berikut dengan sejumlah gambar pendukung. Tetapi, tidak semua gambar bisa terdeteksi maksudnya oleh robot yang ada dalam mesin pencari. 

Maka, perlu untuk memberikan deskripsi tambahan pada gambar. Deskripsi tersebut lebih  dikenal dengan nama Alt Text. Biasanya alternatif teks ini akan muncul jika jaringan yang tidak stabil untuk menampilkan gambar yang Anda inginkan. Lantas,apa sebenarnya Alt Text itu? Apa saja fungsi dan mengapa harus menggunakannya? Untuk memahami lebih lanjut, berikut penjelasan mengenai Alt Text selengkapnya untuk Anda!

Apa Itu Alt Text?
Apa Itu Alt Text? Cara Menulis dan Manfaatnya

Alt Text atau Alternative Text adalah cara untuk memberi tahu robot di mesin pencarian mengenai maksud dari sebuah gambar. Teks ini berfungsi untuk membuat audiens paham dengan apa yang tertera dalam suatu gambar. Secara teknis, teks alternatif ini terdapat dalam kode HTML yang berguna untuk mendeskripsikan sebuah tampilan, gambar atau halaman.

Biasanya Alt Text lebih sering ditemui pada website, ketika sebuah website mengalami kendala dengan gagal memuat gambar maka teks ini yang akan muncul dalam mesin pencari. Tidak hanya website saja, beberapa media sosial juga sudah menambahkan fitur teks alternatif pada layanannya seperti Instagram

Fungsi Alt Text

Apa Itu Alt Text? Cara Menulis dan Manfaatnya

Selain berfungsi untuk membantu memahami maksud dari tampilan gambar, Alt text memiliki fungsi lain yaitu:

  • Dapat menampilkan teks, biasanya akan muncul saat gambar yang dicari tidak tampil di website. Secara otomatis deskripsi teks memberitahu makna dari gambar. Tetapi audiens juga bisa memilih untuk menampilkan atau tidak gambar tersebut.
  • Dapat menyajikan deskripsi, yang dimaksud dari deskripsi dalam Alt text adalah lebih mengarah pada deskripsi gambar yang bisa dibaca atau menjelaskan isi dari gambar.

Mengapa Harus Menggunakan Alt Text?

Apa Itu Alt Text? Cara Menulis dan Manfaatnya

Setelah memahami pengertian dari Alt text beserta fungsinya, berikut ini alasan mengapa Alt text penting untuk digunakan:

  • Akses Menjadi Mudah

Alasan pertama menggunakan Alt text adalah kemudahan akses yang akan dirasakan oleh audiens. Selain itu teks alternatif juga membantu audiens yang memiliki keterbatasan dari segi penglihatan untuk lebih memahami makna dari gambar. Dari segi isi konten juga lebih mudah diketahui.

  • Topik Menjadi Relevan

Selanjutnya adalah topik pada konten lebih mudah ditebak relevansinya. Ini perlu untuk mengetahui jenis konten mana saja yang memiliki traffic baik begitupun sebaliknya. Bukan hanya itu saja teks alternatif juga dapat membantu Google memilih konten yang relevan.

  • Traffic Rank Pada Google Image

Kemudian, dapat menaikkan rank traffic pada Google Images. Audiens akan mengunjungi laman situs sebuah website biasanya melihat dari segi konten yang menarik. Jika sudah sesuai isi konten dengan yang audiens cari , mereka akan mengunjungi website Anda. Dalam sebuah isi konten tentu ada gambar sebagai pendukung. Kemudian untuk gambar  lebih sering muncul saat dicari gunakan Alt text agar gambar ada di google images.

  • Merujuk pada anchor text

Alasan terakhir menggunakan Alt text adalah menjadi anchor text. Yang dimaksud anchor text disini adalah sebagai pengarah antara satu halaman situs dengan halaman lain, biasanya halaman ini akan saling berhubungan dari pencarian sebelumnya. Tidak hanya dari tulisan saja, gambar yang memakai link dari Alt text akan memudahkan google menyesuaikan dengan halaman yang dimaksud. Sehingga membuat konten menjadi relevan untuk dibahas.

Cara Membuat Alt Text

Apa Itu Alt Text? Cara Menulis dan Manfaatnya

Selanjutnya ada beberapa cara untuk membuat Alt text yaitu:

  • Pastikan Akurat

Deskripsi teks yang akan ditulis pada gambar harus dibuat akurat. Jika Anda membuat Alt teks sesuaikan gambar yang ada dengan teks yang ditulis, tidak dianjurkan untuk menulis singkat. Hal ini akan membuat makna dari gambar tidak dapat dipahami dengan baik. Keakuratan teks bisa dicocokkan  dengan jenis gambar seperti gambar “orang sedang memegang laptop” buat lebih spesifik dengan “Wanita sedang memegang laptop diatas meja”.

  • Detailkan Penulisan

Karena ini adalah Alt teks maka penulisan tidak boleh terkesan bertele-tele maupun terlalu singkat. Buatlah tulisan yang detail agar google bisa menyesuaikan maksud dari gambar yang Anda pikirkan. Seperti penulisan “smartphone” detailkan lebih ke mereknya.

  • Hindari kata yang bertele-tele

Jika dilihat sebuah deskripsi hanya akan menampilkan kalimat yang singkat karena letaknya di awal ataupun spacenya tidak banyak. Membuat Alt teks harus menghindari kata-kata yang bertele-tele atau terlalu panjang, tujuannya untuk mengantisipasi Google yang bingung mendeteksi maksud dari gambar Anda.

  • Hindari Keywords Berlebihan

Selain kata yang bertele-tele membuat Alt text juga harus memperhatikan kata-kata yang bermakna lebih dari satu atau bermakna ganda. Dalam hal ini pilihlah keyword yang sesuai dengan konten. Jika meletakkan keyword secara tidak teratur membuat google akan menilai konten website Anda sebagai spam. 

  • Maksimal 125 Kata

Terakhir, untuk membuat Alt text harus menyesuaikan panjangnya kata. Sesuai ketentuan agar deskripsi text bisa terbaca seluruhnya tidak terpotong hanya boleh maksimal 125 kata. Ini juga berguna untuk audiens yang memiliki keterbatasan penglihatan agar lebih mudah memahami.

Penutup 

Demikianlah penjelasan mengenai Alt text yang sudah kami rangkum untuk Anda. Dari penjabaran diatas penting untuk menggunakan teks alternatif agar konten Anda menarik, selain itu juga membantu memahami makna dari gambar jika sewaktu-waktu terjadi gagal loading pada website. Bagi Anda yang masih bingung bagaimana cara membuatnya,silahkan ikuti 5 langkah membuat Alt text diatas ya!

Salah satu kriteria SEO yang baik adalah akses website yang cepat. Karena itu, pastikan untuk memilih layanan cloud yang memiliki performa tinggi seperti Bare Metal Server dari IDCloudHost!

Solusi Sempurna untuk Bisnis Anda

Dalam Waktu 3 Menit, Anda akan mendapatkan semua
layanan dengan cepat. Tidak ada kewajiban untuk upgrade,
downgrade atau cancel setiap waktu

Buat Private Cloud
Subscribe here to get update
popup image