Mengenal CentOS: Pengertian, Kelebihan, dan Kekurangannya

Technology / 1 | | 2

Pernahkah Anda mendengar nama CentOS? Jika Anda pengguna Linux yang menggunakan Linux sebagai sistem operasi dalam komputer, Anda pasti tidak asing dengan nama yang satu ini. Dari berbagai macam pilihan distro Linux, ia termasuk distro Linux yang paling populer serta memiliki pengguna di seluruh dunia.

Apakah Anda masih bingung tentang apa itu CentOS? Sebenarnya distro Linux ini sama seperti Ubuntu, Lubuntu, Arch Linux dan distro linux lainnya. Maka agar lebih memahami OS yang satu ini, kami sudah merangkumnya di bawah ini, Simak penjelasannya berikut ini!

Apa itu CentOS?

Community Enterprise Operating System atau CentOS adalah salah satu bagian dari distro Linux hasil pengembangan Red Hat Enterprise Linux (RHEL) yang digunakan untuk komputer, cloud server dan sebagainya. Secara sederhana OS ini bisa dikatakan sebagai kloningan dari RHEL dengan akses gratis. 

Dikembangkan oleh CentOS project, sistem operasi ini bersifat open source dengan pembaharuan yang semakin stabil, keamanan tinggi serta sudah dilengkapi dengan berbagai opsi panel. Selain itu, tujuan OS ini adalah sebagai platfrom untuk menyediakan komputasi yang cocok dipakai untuk perusahaan skala enterpise.

Berdasarkan sejarahnya, OS ini adalah hasil dari pengembangan CAOS Linux yang dikembangkan oleh Gregory Kurtzer. Kemudian Greogy bersama dengan tim projectnya berencana membuat distro menggunakan sistem RPM Package Manager.

Sehingga dipilihlah RHEL sebagai basis dari CentOS yang berasal dari Linux. Setelah melalui proses modifikasi, akhirnya tahun 2004 distro Linux bernama CentOS rilis dengan basis kode RHEL versi 2.1AS. 

Mengapa harus menggunakan CentOS?

Saat ini CentOS adalah sistem operasi yang stabil, aman dengan opsi kontrol panel yang tersedia. Banyak kelebihan yang ditawarkan oleh OS ini dibandingkan dengan distro Linux lain. Dari segi fitur, ada beberapa fitur unggulan antara lain:

  • Dilengkapi dengan Keamanan Berlapis

Fitur unggulan pertama CentOS adalah  Security-Enhanced Linux (SELinux) atau sistem fitur keamanan. Sistem ini memiliki kebijakan dapat mengontrol akses untuk berbagai proses maupun file. Bukan hanya itu saja, SELinux juga mengatur konfigurasi keamanan global secara maksimal. Dengan adanya sistem ini celah untuk kerusakan akan minim terjadi.

  • Jadwal Update secara rutin

Fitur unggulan kedua CentOS adalah jadwal update yang rutin. Jadwal ini membuat software sudah memiliki waktu tertentu untuk teperbaharui dengan rutin tanpa khawatir akan timbul masalah.

  • Package Management

Fitur unggulan ketiga CentOS adalah adanya Package Management. Ini berguna jika Anda ingin menginstall sebuah software. Anda bisa menggunakan modul tambahan dari Package Manager yang bernama Yellowdog Updater Modifier (YUM). YUM biasanya digunakan untuk mengupdate sistem secara sederhana hanya dengan satu perintah.

  • Stabilitas

Fitur unggulan keempat CentOS adalah stabil. Distro Linux yang satu ini dapat dikatakan lebih stabil dibandingkan yang lain. Karena mereka menggunakan versi rilis yang lebih lama.

  • Support berbagai opsi panel

Fitur unggulan kelima CentOS adalah opsi panel yang beragam. Hal ini membuat pengguna CentOS bisa memilih sesuai dengan kebutuhannya seperti Webmin,cPanel,CWP dan sebagainya. Tidak hanya itu saja, Anda juga bisa menggunakan distro Linux yang satu ini tanpa panel sama sekali dengan fasilitas terbaik.

  • Didukung oleh Dokumentasi Lengkap

Fitur unggulan terakhir dari CentOS adalah dokumentasi yang lengkap. Bagi Anda pemula yang ingin mencoba distro yang populer ini, CentOS telah menyediakan dokumentasi lengkap untuk memudahkan penggunanya. Mulai dari penginstallan sampai cara menggunakannya. 

Kelebihan dan Kekurangan CentOS

Setelah Anda mengetahui alasan mengapa berbagai macam fitur unggulan CentOS diatas. Berikut ini ada kelebihan dan kekurangan dari CentOS yang perlu Anda ketahui!

Kelebihan CentOS

Berikut ini beberapa kelebihan CentOS adalah:

  • Bebas biaya atau gratis, jika Anda ingin mencoba menggunakan salah satu distro milik Linux tetapi enggan membayar, maka Anda bisa menggunakan OS ini yang juga memiliki kualitas sama seperti Red Hat.
  • Hemat Resource, OS ini tidak terlalu banyak memakan ruang resource pada sistemnya. Hal ini tentu memudahkan Anda yang ingin menginstall CantOS pada komputer atau server tidak perlu menyesuaikan spesifikasi hardware yang kapasitasnya tinggi.
  • Support jangka panjang dari developer, tentunya dengan dukungan dalam waktu yang panjang akan membuatnya semakin berkembang.
  • Pilihan Software banyak, sama seperti platform lainnya, OS ini juga menyediakan berbagai jenis software yang berguna untuk menambah kelengkapan dari fitur yang tersedia
  • Mudah untuk maintenance, selain itu  CentOS jika sewaktu-waktu mengalami kerusakan akan mudah untuk melakukan perbaikannya.
  • Sitem management terbuka, sistem manajemen terbuka yang berlaku pada OS ini menjadi sebuah kesempatan untuk melakukan pengembangan oleh siapa saja. 
  • Dukungan Komunitas Aktif, dari peluncurannya hingga populer seperti sekarang OS ini memiliki komunitas aktif yang selalu mendukung perkembangannya,operasinya bahkan kelancarannya. 

Kekurangan CentOS

Setelah kelebihan diatas, berikut kekurangan yang ada pada OS ini.

  • Tampilan kurang menarik, dari segi tampilan memiliki desain yang cenderung kurang menarik sehingga membuat pengguna bosan. 
  • Minimnya dokumentasi CentOS, dokumentasi diperlukan untuk pemula yang akan menggunakan OS ini. Kurangnya dokumentasi ini membuat pengguna akan kesulitan, terlebih jika ingin mulai mengoprasikannya.
  • Sangat bergantung dengan RHEL, tidak bisa mengupdate versi lebih mutakhir jika RHEL belum rilis versi terbarunya. Ketergantungan ini menyebabkan OS ini tidak bisa berdiri sendiri.
  • Kekurangan RHEL menjadi kekurangan CentOS, karena  dibangun berdasarkan Red Hat sehingga membuat kekuarangan yang ada pada Red Hat juga menjadi kekurangan OS ini.

Penutup

Demikianlah penjelasan tentang salah satu produk distro Linux CentOS yang populer. Dari berberapa alasan diatas, semuanya dapat menjadi pertimbangan bagi Anda untuk memilih CentOS. Sebelum memutuskan, cobalah untuk melihat kelebihan serta kekurangannya ya!

Related Post :

popup image