Apa Itu Copywriting : Definisi dan Jenis Copywriting yang Umum

Serba Serbi, Tips & Tricks / 2 | | 0

Anda pasti biasa melihat iklan, pengumuman, landing page, artikel dan semua yang berhubungan dengan tulisan dalam efek persuasif atau pemberitahuan. Bagi mereka yang bekerja di pemasaran online, mungkin sudah tidak awam dengan istilah copywriting. Ada banyak definisi copywriting itu sendiri dan salah satu yang mudah untuk dipahami adalah copywriting merupakan tindakan menulis iklan dan materi promosi lainnya.

Contoh sederhana dari hasil copywriting yang bisa Anda temukan dalam keseharian adalah brosur, email marketing, berita, surat-menyurat, landing page dan lain-lain. Mengikuti kemajuan zaman digitalisasi yang berorientasi teknologi, membuat bidang copywriting semakin diminati. Tidak lagi menulis iklan tradisional, tetapi juga merambah dan bermigrasi secara online, membuat kebutuhan akan copywriter yang berkualitas dan mampu mengikuti perkembangan zaman menjadi hal yang sangat dicari saat ini.

Bermunculannya e-commerce, situs web dan perkembangan kehadiran online, menciptakan kebutuhan mendesak akan konten berkualitas, merek di seluruh negeri dan dunia mempekerjakan copywriter profesional dengan permintaan yang tinggi. Meskipun begitu, copywriting jauh berbeda dari penulisan biasa, seperti menulis artikel, posting blog, atau konten lainnya. Copywriting yang efektif berfungsi untuk mendorong tanggapan dan meningkatkan pembelian. Mari simak penjelasan singkat mengenai copywriting dibawah ini.

 

Memahami Apa Itu Definisi Copywriting

Apa Itu Copywriting : Definisi dan Jenis Copywriting yang Umum
 

Copywriting adalah keterampilan dan juga bidang pekerjaan yang berhubungan dengan menulis promosi penjualan dan materi pemasaran lainnya untuk produk, layanan, kampanye penggalangan dana, dan banyak lagi. Intinya adalah membujuk orang untuk mengambil tindakan, apakah itu membeli sesuatu, memasukkan alamat email, menyumbangkan uang, atau mengklik tombol. Dalam hal memasarkan dan mengiklankan bisnis Anda, copywriting adalah keterampilan penting yang harus dimiliki.

Contoh copywriting bisa Anda lihat adalah pada konten yang Anda lihat tertulis di keterangan iklan Facebook yang bisa juga berupa judul iklan Google atau deskripsi video YouTube. Ini adalah teks di situs web, dari halaman arahan ke halaman produk. Di luar pemasaran digital, copywriting adalah teks yang tertulis di papan reklame, judul artikel surat kabar, dan tanda di luar toko atau yang bisa disebut dengan cara menulis iklan tradisional.

Bahkan headline atau judul yang clickbait juga bisa dimasukkan sebagai salah satu penulisan copywriting. Mengingat penulisan copywriting adalah untuk memotivasi orang untuk mengklik situs web, memberitahu mereka mengapa mereka perlu membeli produk, dan membujuk mereka untuk menukar uang mereka dengan barang dan jasa. Karena copywriting menyesuaikan dengan kemajuan zaman, maka penulisan copywriting umumnya ditemukan di situs web, profil sosial, kampanye iklan, dan kampanye email yang dirancang untuk membuat seseorang ingin membeli produk, menjadi bagian dari komunitas, mendaftar untuk penawaran gratis, dll.

 

Baca Juga  :    Panduan Cara Memaksimalkan SEO Copywriting untuk Website

 

Jenis-Jenis Umum Copywriting bagi Keperluan Bisnis/Perusahaan

Apa Itu Copywriting : Definisi dan Jenis Copywriting yang Umum
 

Sebagai pemilik bisnis online atau perusahaan, mempekerjakan seorang copywriter dapat membantu Anda mengembangkan bisnis maupun perusahaan Anda. Mengetahui tipe yang Anda butuhkan membantu Anda mengajukan pertanyaan yang tepat untuk menemukan karyawan ideal bagi kebutuhan bisnis Anda. Berikut beberapa jenis copywriting modern umum yang perlu Anda ketahui.

 

Marketing Copywriting

Sejak dulu hingga sekarang, penulisan untuk tujuan pemasaran selalu dibutuhkan meskipun media yang digunakan telah berubah. Copywriting pemasaran mengubah fitur-fiturnya menjadi manfaat yang mudah dipahami yang sesuai dengan audiens Anda dan merupakan yang paling fleksibel dalam bentuknya. Bisa dalam bentuk pemasaran konten, berusaha membangun kepercayaan dengan mengedukasi audiens walaupun tidak sebatas copywriting teknis. Bisa berupa artikel atau advertorial yang diposting di publikasi online untuk tujuan serupa. Selain juga bisa berupa copywriting situs web, yang menghadirkan front profesional yang kredibel melalui daya tarik yang dipilih dengan cermat, dan nada, tata bahasa, dan ejaan yang sempurna. Namun pada intinya, itu mengubah kesadaran audiens Anda menjadi minat dari target audiens Anda.

Jika Anda memulai pemasaran online, mulailah dengan copywriting pemasaran ini yang akan membantu Anda membangun situs web yang kredibel dan menarik bagi Anda untuk mengarahkan lalu lintas. Disamping juga bisa membantu situs web Anda menjadi lebih substansial, dengan mengisinya dengan konten yang bermanfaat. Memilih copywriter pemasaran tidaklah sulit, karena selama copywriter memiliki pengalaman yang cukup dan mampu menjawab pertanyaan dasar akan pemasaran Anda, kemungkinan besar dia akan melakukan pekerjaan yang baik untuk Anda.

 

SEO Copywriting

Tidak ada yang bisa mengabaikan kebutuhan dan bantuan SEO dalam bisnis online modern seperti sekarang termasuk juga menulis copywriting. Copywriting SEO akan membantu Anda mendapatkan peringkat di mesin pencari, sehingga audiens Anda dapat menemukan Anda. Di mana dulunya merupakan ranah artikel berisi kata kunci yang berisi spam, pembaruan algoritma Google baru-baru ini sebagian besar telah menghancurkan praktik lama yang merugikan banyak situs web. Adapun jenis penulisan copywriting ini termasuk :

  • Postingan blog
  • Artikel termasuk pada publikasi online eksternal
  • Salinan web yang berupa halaman beranda, halaman tentang, dll.)
  • Deskripsi produk/jasa

 

Baca Juga  :    Memaksimalkan Penulisan Meta Description untuk SEO Website / Blog

 

Copywriting SEO cenderung dicampur dengan jenis copywriting lainnya, baik itu pemasaran, teknis, atau kepemimpinan pemikiran. Jadi ketika mencari copywriter, pastikan penulis Anda memiliki setidaknya keahlian dasar SEO. Jenis penulisan ini bertujuan untuk membantu peringkat situs web Anda untuk kata kunci yang dicari orang dengan niat membeli, sehingga Anda mengarahkan lalu lintas organik yang ditargetkan ke Anda selaku penjual. Sedangkan penelitian ini dilakukan dengan cara :

  • Menggunakan penelitian dengan kata kunci yang telah di targetkan
  • Mengevaluasi kesenjangan dalam konten peringkat saat ini
  • Membuat konten yang berkualitas yang sesuai dengan kriteria Google

 

Social Media Copywriting

Berikutnya adalah jenis copywriting yang umum ditemukan di media sosial. Copywriting jenis ini bertujuan untuk melibatkan audiens melalui postingan yang menghibur atau berharga, sehingga audiens selaku target akan dapat mengingat merek atau brand tersebut. Berbeda dengan copywriting kreatif, copywriting media sosial berfokus pada distribusi konten daripada konten itu sendiri. Tipe copywriting media sosial mengadaptasi konten, sehingga sesuai dengan suasana platform yang berbeda.

Disamping itu, copywriting media sosial cocok ketika Anda telah membuat konten yang memadai di situs web Anda, dan siap untuk mengarahkan lalu lintas ke sana. Ini juga cocok jika Anda adalah merek konsumen, dan ingin konsumen lebih sering mengunjungi perusahaan atau bisnis Anda. Untuk memilih copywriter media sosial yang sesuai, carilah secara khusus yang menguasai seluk beluk penulisan di media sosial dan semua yang berhubungan dengannya.

 

Copywriting untuk keperluan kreatif atau brand/merek

Selanjutnya adalah jenis copywriting kreatif atau merek bertujuan untuk membuat brand Anda cepat diingat, dengan menggunakan perasaan atau kaitan yang kuat dengan merek Anda. Bentuk dari copywriting jenis ini bisa berupa jingle komersial, cerita akan brand di halaman, untuk membangun identitas kohesif keseluruhan untuk merek Anda.Copywriting kreatif cocok ketika bisnis Anda sudah mapan, dan Anda ingin meningkatkan penjualan dalam jangka panjang. Untuk mencari copywriter kreatif, carilah yang secara khusus menyatakan dirinya demikian. Seorang copywriter umum mungkin tidak dapat menulis tagline yang menarik karena jenis copywriting ini lebih spesifik.

 

Baca Juga  :     Cara dan Struktur Penulisan Artikel SEO yang Baik dan Benar

 

Public Relations Copywriting

Bisnis dan perusahaan tidak hanya memerlukan copywriting untuk membantu pemasaran mereka tetapi juga membutuhkan copywriting dalam menjaga hubungan bermasyarakat yang bertujuan untuk membuat orang lain mengetahui bisnis/perusahaan Anda. Copywriting ini lebih condong menulis akan hal-hal yang tampaknya layak diberitakan, sehingga jurnalis dan reporter akan mengambilnya dan menyebarkannya ke seluruh saluran media. Beberapa contoh dari penulisan ini adalah :

  • Siaran pers
  • Laporan keberlanjutan
  • Pernyataan atau statement akan suatu topik

 

Kesimpulan dan Penutup

Sejatinya copywriting adalah seni membuat konten tertulis untuk tujuan pemasaran yang informatif hingga persuasif. Biasanya mereka yang bekerja dibidang ini yang disebut copywriter, adalah para profesional melayani bisnis di hampir setiap industri dengan membantu perusahaan-perusahaan ini berkomunikasi secara efektif dengan audiens mereka. Penulisan ini dapat mencakup komunikasi B2B dan B2C, yang disesuaikan dengan kebutuhan setiap klien.

Jadi secara luas, copywriting adalah tugas menulis konten untuk periklanan dan pemasaran. Tidak selalu mudah untuk mendefinisikan copywriting secara lebih rinci, karena tugas ini dapat mengambil banyak bentuk dan mempunyai cakupan cukup luas. Banyak sering berpikir secara eksklusif tentang konten internet dan email ketika mereka membahas copywriting, tetapi ini adalah asumsi yang kurang tepat mengingat copywriting sudah ada lebih lama dari internet dan dengan mudah ditemukan pada iklan- iklan tertulis yang diketahui lebih dulu.

Related Post :