logo Apa Itu Creativepreneur? Pengertian dan Tipsnya - IDCloudHost

Apa Itu Creativepreneur? Pengertian dan Tipsnya

Apa Itu Creativepreneur? Pengertian dan Tipsnya

Perkembangan teknologi yang semakin meningkat ditambah dengan arus digitalisasi membuat segala bidang terkena dampak, salah satunya bidang bisnis. Hal itu membuat bidang ini banyak menimbulkan berbagai industri baru yang bukan hanya namanya saja yang asing namun juga prospek kerjanya yang unik.

Jika istilah Entrepreneur, sudah melekat di ingatan kita. Lalu, bagaimana dengan Cretivepreneur yang belakang ini ramai dibicarakan dikalangan millenial? Bahkan Menkokraf Sandiaga Uno terus menerus mengarahkan para pelaku usaha di Indonesia beralih kepada industri bisnis kreatif. Sesuai dengan namanya jika ingin menjadi bagian Creativepreneur maka harus memiliki skill yang disertai dengan ide-ide kreatif. 

Baca Juga: 5 Cara Meningkatkan Followers Instagram untuk Bisnis Anda

Apa Itu Creativepreneur?

apa itu creativepreneur

Secara sederhana, pengertian Creativepreneur adalah pelaku usaha yang kreatif. Dalam praktiknya, hal ini didukung dengan keinginan Anda untuk memulai usaha dan terjun ke dunia bisnis, kemudian dibarengi dengan ide dan kreatifitas yang tinggi. Agar menghasilkan produk-produk baru yang sudah berinovasi. Untuk Anda yang ingin mengetahui Tips Menjadi Seorang Creativepreneur. Simak beberapa tips lengkapnya dibawah ini, ya!

Tips Menjadi Seorang Creativepreneur

tips menjadi seorang creativepreneur

Setelah melihat penjelasan singkat diatas, apakah Anda tertarik ingin menjadi Creativepreneur? Bagi Anda yang pemula dalam dunia bisnis tetapi tertarik ingin terjun langsung dalam menjalankan bisnis kreatif, maka Anda harus memperhatikan beberapa karakteristiknya. Hal ini sebagai bentuk persiapan yang matang agar siap mengelola bisnis kreatif. Berikut penjelasan beberapa karakteristik untuk menjadi seorang creativeprenuer!

  • Cobalah Menggali Passion

Sebelum memikirkan strategi dan ide yang menarik, tips pertama menjadi seorang Creativepreneur adalah mencoba untuk menggali sendiri passion yang Anda punya. Ini sangat penting untuk mengetahui bakat dan skill yang ada pada diri Anda. Jika Anda sudah mengetahuinya maka akan mudah menyesuaikan inovasi yang akan dibuat dengan keterampilan yang Anda miliki.

  • Hobi Berimajinasi

Sedikit bingung mengapa harus berimajinasi, bukan? Tips kedua, jika Anda ingin menjadi seorang creativepreneur adalah biasakan diri Anda untuk gemar berimajinasi. Imajinasi sangat dibutuhkan untuk membayangkan sesuatu yang baru sehingga menciptakan sebuah produk baru yang berbeda disertai kaya akan inovasi. Anda harus mempunyai keberanian untuk memulai berimajinasi ya.

  • Tumbuhkan Jiwa Pemberani

Tips ketiga menjadi seorang creativepreneur adalah belajar untuk menumbuhkan jiwa pemberani. Dalam hal ini jika Anda masih takut untuk memulai terjun dibisnis kreatif, maka Anda tidak akan pernah memulainya. Sikap pemberani dibutuhkan bukan hanya sebagai langkah awal untuk membuka bisnis kreatif namun juga berani untuk mengambil resiko tentang kegagalan yang akan terjadi kedepannya. 

  • Konsisten Dengan Sabar 

Setelah menumbuhkan jiwa pemberani, tips untuk menjadi seorang creativepreneur adalah sabar. Sikap ini penting untuk Anda agar Anda bisa lebih mengendalikan diri. Apalagi jika nantinya dalam membuat serta mengembangkan bisnis kreatif, Anda akan dihadapkan dengan berbagai klien maupun investor yang memiliki kepribadian berbeda-beda. Anda harus belajar memahaminya dan sabar dengan setiap respon mereka.

Baca Juga: Kelebihan dan 6 Tipe Remarketing yang Umum Digunakan Dalam Bisnis

  • Berani Mengambil Risiko

Tips selanjutnya untuk menjadi seorang creativepreneur adalah tidak takut mengambil risiko. Dalam memulai sebuah bisnis baik itu kreatif ataupun bukan, pasti akan ada risiko yang harus dialami. Apabila terjadi kegagalan saat Anda akan mulai membangun bisnis kreatif, maka Anda harus siap dengan risiko kerugian yang diterima. Sebaliknya, jika bisnis kreatif yang Anda kelola mengalami kesuksesan, Anda juga harus siap dengan risiko tersitanya waktu Anda. 

  • Berjiwa Kompetitif

Persaingan akan terus hadir dan menjadi salah satu tantangan yang harus Anda hadapi. Maka, tips untuk menjadi seorang creativepreneur adalah memiliki jiwa kompetitif, artinya Anda harus siap bersaing dengan orang yang menjadi kompetitor usaha Anda. Selain itu, Anda harus bersaing secara sehat dengan terus untuk berinovasi untuk mengembangkan bisnis Anda.

  • Pantang Menyerah

Tips berikutnya, bagi Anda yang ingin menjadi seorang creativepreneur adalah sikap tidak mudah menyerah. Karena apapun usaha yang akan Anda lakukan maka lakukanlah secara sungguh-sungguh dengan kegigihan yang Anda miliki. Meskipun dalam membangun dan menjalani bisnis kreatif nanti tidak semudah dibayangkan, banyak hambatan yang harus dialami, dan waktu yang tersita. Semua akan terlewati, jika Anda mampu bertahan.

Baca Juga: 5+ Ide Konten Instagram untuk Akun Bisnismu 

  • Jujur

Ketika Anda sudah memiliki sikap pantang menyerah, maka tips tambahan untuk menjadi seorang creativepreneur adalah Jujur. Sikap ini dibutuhkan untuk Anda agar tetap menjaga produk yang Anda buat memang berasal dari karya Anda sendiri. Tidak memplagiat bentuk usaha milik kompetitor Anda. Jika kejujuran ini diterapkan, maka bisa dipastikan konsumen Anda akan semakin menyenangi bisnis kreatif milik Anda.

  • Rajin Berinovasi

Kemudian, tips untuk menjadi seorang creativepreneur adalah rajin untuk melakukan inovasi. Inovasi diperlukan untuk memperbarui kualitas produk yang lama menjadi baru. Ini harus dilakukan agar konsumen tidak merasa bosan dengan jenis produk yang Anda keluarkan. Inovasi bisa Anda temukan dengan riset yang mendalam terhadap sebuah bisnis tertentu. Dengan berinovasi, bisnis kreatif Anda akan lebih mudah diingat oleh konsumen.

  • Pelajari Bidang Bisnis Secara Mendalam

Terakhir, tips menjadi seorang creativepreneur adalah mencoba untuk mempelajari bidang bisnis secara mendalam. Jika Anda ingin memulai bisnis kreatif maka pelajarilah bidang itu dengan tekun. Ini memudahkan Anda untuk memahami bidang yang akan anda kelola. Selain itu, Anda juga bisa mengatur strategi untuk bisnis kreatif Anda kedepannya.

Baca Juga: 10 Platform Media Sosial Terpopuler untuk Bisnis Anda

Penutup 

Nah, itulah beberapa tips untuk Anda yang minat memulai bisnis kreatif dan ingin menjadi seorang creativepreneur. Dari 10 tips diatas cobalah untuk memiliki semuanya, pelajari secara perlahan-lahan namun harus tetap konsisten agar bisnis kreatif yang Anda kelola maksimal ya!

 

Solusi Sempurna untuk Bisnis Anda

Dalam Waktu 3 Menit, Anda akan mendapatkan semua
layanan dengan cepat. Tidak ada kewajiban untuk upgrade,
downgrade atau cancel setiap waktu

Buat Private Cloud
Subscribe here to get update
popup image