Apa itu Deep web : Pengertian, Dampak, Bahaya, dan Tujuannya

Development & Security, Serba Serbi, Technology, Web Security / 1 | | 0

Internet merupakan salah satu hal yang paling berpengaruh saat ini. Setiap harinya banyak orang mengakses internet. Hal tersebut disebabkan karena dari internet lah berbagai sumber informasi didapat dan leluasa berbagi file dan data apapun . Apa yang Anda cari sebagian besar akan Anda temukan di internet. Namun, siapa sangka ternyata internet ini memiliki sesuatu yang lain dan sebelumnya tak pernah diduga keberadaannya.

Itulah yang dinamakan deep web. Istilah tersebut semakin populer saat ini sejalan dengan perkembangan internet juga. Sebagian besar orang belum banyak mengetahui tentang deep web ini. Sebenarnya deep web tidak berisi sesuatu yang bagus sehingga alih-alih banyak yang memasukinya, orang-orang pun memilih untuk jauh-jauh dari sisi lain internet ini. Memasuki Deep Web sendiri adalah hal yang sebenarnya tidak disarankan karena resikonya begitu besar. Apalagi para pemula yang akan membuat mereka seperti domba lugu di hutan penuh serigala.

Perlu diketahui, bahwa tidak semua hal yang ada di internet bisa kita akses secara bebas. Bahkan menurut fakta yang beredar, hanya 4 hingga 10 persen dari keseluruhan konten web di internet bisa dicari lewat mesin pencari biasa. Hal itu berarti cakupan konten yang ada di internet bahkan bisa lebih luas daripada yang kita kira. Sisanya, konten berada di deep web. Lalu sebenarnya apa yang membuat deep web ini begitu dilarang untuk diakses? Untuk menemukan jawabannya maka simaklah penjelasan dibawah ini.

 

Pengertian Deep Web

Internet ternyata juga memiliki tingkatan-tingkatan atau kasta yang berfungsi sebagai pertanda apakah kita aman atau tidak dalam mengakses sebuah situs web. Surface Web sendiri adalah konten situs web yang dapat ditelusuri secara bebas di situs mesin pencari (search engine) seperti Google dan Yahoo. Namun, untuk mengakses deep web tidak bisa dilakukan hanya dengan menggunakan google atau yahoo.

Pengertian deep web adalah merupakan bagian dari World Wide Web tetapi tidak termasuk ke dalam internet yang dapat dicari dengan mudah, yaitu dengan menggunakan mesin pencari web yang menggunakan indeks mesin pencari web. Deep Web juga dikenal dengan nama Deepnet, Darknet, Invisible Web, Undernet atau Hidden Web. Istilah penamaan di atas diberikan bukan tanpa alasan, hal tersebut diambil berdasarkan fakta bahwa Deep web memuat banyak sekali konten informasi terpendam yang sulit atau bahkan tidak bisa diakses (invisible) oleh orang biasa.

Sebagian besar konten yang ada di Deep Web lebih cenderung berisi dokumen rahasia yang dipegang oleh pemerintah suatu negara atau institusi lain, yang mana tak semua orang bisa mengaksesnya karena sifat rahasia dari dokumen tersebut. Salah satunya perangkat yang dibutuhkan untuk dapat mengakses deep web adalah dengan menggunakan TOR Browser yang dibuat untuk mengakses konten web yang ada di Dark Web. Format domain dan situs di Dark Web juga berbeda dari yang biasa kita temui di situs web biasa dan terdiri dari karakter huruf dan angka yang asal.

 

Baca Juga :   5 Cara Menguji Keamanan Komputer Kamu

 

Dampak dan Bahaya Mengakses Deep Web

 

Keberadaan deep web memang menjadi hal baru untuk sebagian orang yang pertama kali mendengar istilah itu. Hadirnya Deep Web memang akan membuat dunia internet lebih seru untuk ditelusuri. Namun hal itu tentu harus dibekali dengan adanya keamanan internet yang baik. Dikarenakan ancaman internet yang disebabkan Anda menelusuri suatu hal tersebut cukup berbahaya dan bisa saja menyerang privasi Anda. Berikut ini dampak-dampak dari penggunaan deep web.

  1. Ancaman Virus

    Internet adalah salah satu media yang sangat efektif bagi penyebaran virus komputer. Virus memang bisa dikemas sedemikian rupa sehingga bisa menyebar lewat jaringan maya dan hal yang sama seperti ini juga terjadi di Deep Web, tapi levelnya jauh lebih parah. Dapat dikatakan bahwa deep web ibara sarang virus di mana ketika Anda tidak melakukan proteksi maka virus-virus itu akan menyerang seketika. Virus-virus yang ada pada deep web itu biasanya selalu lebih hebat dan kelas berat. Artinya sungguh sangat susah untuk dihilangkan dan juga memberikan kerusakan besar. Jika tidak siap dengan risiko ini, maka berhentilah mencoba memasuki Deep Web.

  2. Informasi Pribadi Bisa Terkuak

    Bahaya mengakses deep web satu ini hampir sama seperti ancaman virus, saat mengakses konten yang ada di Deep Web. Anda juga harus siap-siap menghadapi bahaya lain yang mengintai yaitu bocornya informasi pribadi kita oleh para peretas. Bahkan lebih mengerikannya lagi, para hacker atau peretas juga bisa melacak posisi kita berada. Maka dari itu banyak yang menyarankan jika kita berani mengakses Deep Web, harus dibekali dengan apa yang dinamakan VPN atau Virtual Private Network sebagai perangkat lunak untuk mengelabui posisi IP atau Internet Protocol kita agar informasi pribadi kita tidak mudah dilacak atau terkuak.

  3. Risiko Sakit Mental

    Rata-rata orang-orang awam mengunjungi Deep Web bukan untuk tujuan tertentu tapi lebih ke arah memuaskan rasa penasaran. Maka disinilah letak kesalahan fatalnya. Bagi orang awam yang baru pertama kali menginjakkan kakinya di Deep Web, hal tersebut bakal jadi pengalaman terburuknya. Alasannya apalagi kalau bukan karena isinya benar-benar ekstrem. Mulai dari pembunuhan secara live, prostitusi, sampai penyiksaan-penyiksaan. Gambar atau video yang ada di sana rata-rata tidak layak ditonton dan sangat mungkin membuat seseorang mengalami gangguan kejiwaan.

  4. Terjebak Cyber Crime

    Kejahatan siber atau Cyber Crime menjadi dampak terbesar bagi siapapun yang mengakses hingga mengelola situs-situs Deep Web maupun Dark Web. Karena masuk ke dalam sisi gelap dari internet, siapa saja yang memasukinya harus siap-siap menerima bahaya serta konsekuensinya jika tidak memiliki keamanan yang baik saat menjelajah sisi lebih kelam dari internet melalui Deep Web ataupun Dark Web. Banyak bahaya yang mengacu kepada Cyber Crime yang berkaitan dengan Deep Web dan Dark Web, beberapa diantaranya adalah praktek transaksi narkoba dan obat-obatan ilegal terlarang online serta penjualan manusia (human trafficking).

 

Baca Juga :   Cara Menggunakan Alat Tor Browser Untuk Melindungi Privasi Anda

 

Tujuan dan Manfaat Deep Web

 

Setelah mengetahui dampak dan bahaya dari pengaksesan deep web tentunya banyak yang berpikir dua kali untuk coba mengaksesnya. Selain itu sebenarnya apa fungsi dan manfaat adanya deep web ini jika bahaya dan dampaknya sangat merugikan pengguna. Berikut ini akan dijelaskan beberapa tujuan dan manfaat dari adanya deep web.

  • Sangat Berguna Bagi Polisi

    Deep Web sendiri pengertian sarkasnya adalah taman kriminal, maka dari itu polisi sudah pasti akan mendapatkan mangsa yang besar jika bisa mengakses atau trace semua aktivitas di sini. Seperti yang Anda ketahui, segala hal yang erat dengan kriminal dipajang di sini. Contohnya adalah obat-obatan, senjata, penjualan manusia, wanita, dan lain sebagainya. Sayangnya, di sini semua akun adalah anonymous alias tanpa nama. Jadi pintar-pintarnya para polisi untuk bisa mendapatkan data-data dari oknum terkait.

  • Menggagalkan Aksi Terorisme

    Didalam deep web seseorang bisa saja mendapatkan informasi mengenai rencana aksi terorisme dari suatu kelompok-kelompok tertentu yang tidak bertanggung jawab. Jika kalian berhasil memasukan keyword (kata kunci) yang tepat, bukan tidak mungkin kalian bisa mendapatkan informasi seperti itu, dan kalian bisa melaporkan rencana terorisme tersebut ke pihak yang berwajib agar aksi terorisme dapat dihentikan.

  • Tempat Bebas untuk Membicarakan Rahasia

    Jika sering membicarakan suatu rahasi di media sosial, tentu kalian akan mendapatkan banyak komentar dari pengguna media sosial lainnya. Tidak sedikit juga orang yang terjerat masalah hukum hanya karena salah bicara di media sosial. Menyinggung masalah seseorang apalagi jika orang tersebut seorang selebriti atau tokoh politik, jika salah bisa membuat kalian berhadapan dengan hukum. Namun didalam deep web, kalian bisa membicarakan hal apapun dengan bebas. Seseorang bisa dengan leluasa mengumbar aib atau membuka rahasia negara dan menceritakan apapun dengan sejelas-jelasnya tanpa harus takut identitas aslinya diketahui. Didalam deep web semuanya sertab tidak terlacak, termasuk ID dan identitas seseorang sehingga tidak ada yang tahu siapa yang sedang berbicara.

 

Kesimpulan dan Penutup

Pastinya Anda sudah mulai berpikir dua kali untuk mencoba pengaksesan deep web ini. Bahaya yang ditimbulkan akan sangat merugikan pengguna terlebih jika Anda kurang begitu paham dengan permasalahan di bidang IT. Sebaiknya urungkan niat Anda jika ingin membuka deep web ini. Jika hanya mencari tahu informasi mengenai deep web maka tidak perlu langsung mengaksesnya. Anda dapat mencari tahunya melalui surface web saja seperti pada mesin pencari pada umumnya.

Terdapat cara khusus untuk dapat mengakses deep web ini namun jangan sesekali untuk mencoba nya jika Anda tidak ingin bahaya dan dampak tersebut terjadi pada Anda. Terdapat lima browser yang dapat digunakan untuk mengakses deep web ini. Contoh dari browser tersebut adalah TOR Browser, Invisible Internet Project, Whonix
Subgraph OS, TAILS. Meski memiliki peramban web yang ampuh dalam menjaga keamanan internet dari serangan siber dari Deep Web, namun tetap harus mengantisipasi akan bahaya-bahaya yang mengintai dikala membuka situs-situs yang berada di lapisan terdalam dari Internet tersebut, misalnya dengan menyalakan VPN hingga menutup kamera depan laptop atau monitor menggunakan plester.

Related Post :

popup image