Apa Itu Drupal? Pengertian, Kelebihan, dan Kekurangannya

Web & Development / 0 | | 1

Bagi Anda yang pemula dalam blogging atau web development, mungkin sudah familiar dengan istilah WordPress dan Blogger. Namun, pernahkah Anda mendengar platform Drupal? Drupal adalah CMS yang tepat untuk Anda yang mencari pilihan open-source. 

Platform ini memiliki banyak keunggulan bagi usernya dan dapat digunakan secara gratis. Namun, platform CMS yang satu ini memang diperuntukkan untuk pengguna yang sudah memiliki pemahaman advance tentang pembuatan dan desain web. 

Dalam artikel ini, Anda akan mengenal Drupal lebih dalam. Mulai dari pengertian, fungsi, serta kelebihan dan kekurangannya. Simak penjelasan lengkapnya berikut ini, ya!

Apa Itu Drupal? 

drupal adalah

Drupal adalah CMS (Content Management System) yang pertama kali dikembangkan oleh sekelompok mahasiswa asal Belgia pada tahun 2000. Dengan banyak fitur dan fungsi yang dimilikinya, platform ini disebut-sebut dapat menyaingin CMS lain seperti WordPress dan Joomla. 

Banyak website dari perusahaan dan lembaga besar dibuat menggunakan CMS satu ini. Diantaranya adalah website milik Tesla, Wish, Paypal, UNICEF, dan NASA. Drupal sangat cocok bagi Anda yang memiliki kemampuan expert dan menginginkan CMS dengan banyak fitur. 

Drupal memberikan keleluasaan pada pengguna untuk memodifikasi website mereka sesuka hati. Platform ini memberikan banyak pilihan tema dan plugin bagi Anda yang menginginkan fitur tambahan. Bahkan fitur yang ada di dalam CMS ini lebih banyak dari WordPress dan lebih bebas Anda kembangkan. 

Namun, kelengkapan fitur ini juga membutuhkan skill pemrograman dasar seperti HTML dan CSS untuk mengelolanya. Karena itulah, banyak pemula yang enggan menggunakan CMS ini walaupun fiturnya jauh lebih lengkap. 

Bagi Anda yang berminat mendalami web design & development, tak ada salahnya mempelajari CMS yang satu ini. Mulai dari terminologi, fitur-fiturnya, hingga bagaimana caranya membangun website menggunakan Drupal. 

Kelebihan Drupal

apa itu drupal

Setelah mengetahui pengertiannya, Anda pasti penasaran apa saja keunggulan dari CMS yang satu ini. Mungkin setelah ini Anda tertarik membuat website dengan Drupal? Berikut berbagai keunggulannya sebagai bahan pertimbangan Anda. 

  1. Fleksibel

Drupal memiliki banyak pilihan tema dan fitur di dalamnya. Ini memberikan Anda kebebasan untuk berkreasi membuat website yang menarik sesuaikan keinginan Anda. Tema tersebut bisa digunakan untuk website berbagai niche, Anda hanya tinggal menyesuaikannya saja. Desain website yang menarik tentunya akan membuat website Anda tampak unik dan professional. 

  1. Keamanan Tingkat Tinggi

Drupal adalah salah satu CMS yang terkenal dengan tingkat keamanannya yang tinggi. Menggunakan CMS ini memungkinkan Anda untuk meningkatkan keamanan website dengan berbagai pilihan fitur tambahan yang dimilikinya. Selain itu, Anda bisa melakukan pengecekan website secara teratur, sehingga dapat memastikan website Anda aman dari serangan peretas. 

  1. Multibahasa & Multi-device

Saat ini, Drupal sudah dilengkapi dengan fitur multibahasa. Setiap updatenya fitur ini juga terus dikembangkan agar bahasa yang digunakan bisa semakin banyak. Hal ini tentunya membuat Anda lebih mudah memahaminya dan membuat CMS yang satu ini lebih mudah diakses oleh banyak orang. 

Selain itu, Drupal juga memungkinkan Anda membuat website yang dapat diakses di semua perangkat, baik PC maupun smartphone. Seperti yang Anda ketahui, saat ini sebagian besar aktivitas browsing banyak dilakukan melalui smartphone. 

Karena itulah, website yang mobile-friendly menjadi sangat penting. Drupal bahkan memiliki beberapa tema yang responsif dan memiliki tampilan khusus yang membuat website ramah diakses oleh pengguna smartphone. 

  1. Manajemen Konten Mudah

Karena berbasis CMS, Drupal memungkinkan Anda mengelola konten dengan lebih rapi dan terstruktur. Para user yang dapat login di website dapat mengelola konten dalam website sesuai hak aksesnya masing-masing. Hal ini menjadi salah satu keunggulan Drupal yang sangat memudahkan pekerjaan pengguna. 

  1.  SEO-friendly

Drupal termasuk salah satu CMS yang paling SEO-friendly. Hal ini karena ia memilik tools otomasi SEO sendiri di dalamnya. Fitur ini memungkinkan Anda untuk mengatur seluruh elemen pada website Anda agar lebih SEO-friendly.

Sebagai CMS yang SEO-friendly, menggunakan Drupal dapat membantu Anda mendongkrak posisi website hingga mendapat ranking teratas pada halaman hasil pencarian. Selain itu, CMS satu ini juga dapat membangun website yang bisa loading dengan cepat. Akses website yang cepat tentunya juga menjadi salah satu indikator penting dalam SEO. 

Kekurangan Drupal

Semua platform pasti memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing, termasuk Drupal. Berikut ini adalah kekurangannya yang dapat Anda jadikan referensi sebelum memutukan menggunakan CMS satu ini. 

  1. Tidak Cocok untuk Pemula

Bagi orang yang masih awam dalam pembuatan website, sepertinya akan butuh waktu lebih lama untuk menguasai CMS yang satu ini. Hal ini karena untuk mengkostumisasi website menggunakan platform ini membutuhkan setidaknya pemahaman HTML dan CSS. Dibandingkan CMS lainnya, Drupal termasuk yang cukup advance dan kurang cocok untuk pemula. 

  1. Butuh Banyak Resource

Karena memiliki banyak fitur yang tersedia, Drupal membutuhkan banyak resource pada server. Apalagi platform CMS yang satu ini juga memiliki pilihan tema dan plugin yang sangat beragam. Jika tidak dilakukan tweak secara berkala, akan berpengaruh pada kinerja server dan website. 

  1. Masih Kurang Populer

Saat ini, Drupal memiliki sekitar 1,3 juta pengguna. Jumlah ini sebenarnya sudah sangat banyak, tapi masih kalah jauh dibandingkan CMS lain. Misalnya, Joomla yang memiliki hampir 3 juta pengguna, dan WordPress yang memiliki lebih dari 400 juta pengguna di seluruh dunia. 

Hal ini menunjukkan bahwa Drupal masih kurang populer dibandingkan CMS lainnya. Karena itu, komunitas penggunanya juga belum sebesar WordPress atau Joomla. Namun, jangan khawatir karena saat ini sudah banyak tutorial Drupal yang tersedia untuk membantu Anda.  

Penutup

Demikianlah penjelasan tentang Drupal, mulai dari pengertian, serta kelebihan dan kekurangannya. Apakah Anda tertarik membuat website dengan CMS yang satu ini? Drupal sangat cocok bagi Anda yang memiliki kemampuan advance dalam membuat website. 

Namun, jangan khawatir karena platform ini sebenarnya cukup mudah dipelajari bagi Anda yang ingin coba menggunakannya. Salah satu keunggulan Drupal adalah dapat membuat akses website lebih cepat. Untuk akses website optimal, jangan lupa gunakan layanan hosting yang handal untuk websitemu! Seperti layanan cloud hosting dari IDCloudHost, layanan hosting yang powerful dengan tim support yang siap sedia membantumu 24/7! 

 

Related Post :