Apa Itu Google AMP (Accelerated Mobile Pages) ?

Business, Search Engine Optimization / 0 | | 0

Apa Itu Google AMP – Google AMP atau Accelerated Mobile Pages merupakan project idealis milik Google untuk membuat proses load website menjadi sekitar 4x lebih cepat dengan hanya menggunakan data yang 8x jadi lebih kecil dari ukuran mobile page tradisional. Ini membuat seolah sebuah mobile site yang kekinian setahun lalu terlihat sepert benda purba yang sangat kuno.

Namun sayang, meski sudah tersedia banyak themes dan plugins yang mendukung format AMP, tidak sepenuhnya mudah mengadopsi hal tersebut ke dalam sistem wordpress. Bahkan untuk web yang sudah berjalan, merubah format lama ke AMP bisa jadi adalah pekerjaan setengah mati yang bikin lesu darah.

Namun, AMP ternyata menjadi anomali bagi seluruh rangkaian kerja termasuk pilihan-pilihan plugins dan themes yang sudah uraikan sebelumnya. Hampir seluruh plugins dan themes yang di tersedia saat ini tidak dapat berjalan pada format AMP

Lalu pertanyaannya, apa yang sebaiknya kita lakukan fenomena ini?

Well, saya sendiri meletakkan konsentrasi yang tinggi terhadap isu AMP ini meski tidak secara kontan memberikan reaksi. Beberapa percobaan sudah saya lakukan menggunakan plugins dan themes AMP yang ada dengan hasil yang bervariasi; baik, buruk atau tidak memberikan efek sama sekali.

Kesimpulan sementara saya, AMP masih terus dikembangkan dan belum sepenuhnya harus ditegakkan dalam website yang kita buat. Hal yang sama berjalan seiring-sejalan dengan AMP pada wordpress yang juga masih terus dikembangkan.

Baca Juga : Cara Mengaktifkan Google AMP dan Facebok Instant Articles di WordPress

Anda dan saya masih dapat membuat website mengunakan seolah cara-cara yang dianggap konvensional sembari bersiap-siap sepert menyongsong format baru AMP yang menanti di masa depan. Dan kita semua tahu apabila saatnya tiba, wordpress, sang jagoan neon, pasti akan sepenuhnya siap untuk menghadapinya.

Related Post :

popup image