logo Mengenal Grav CMS: Pengertian dan Keunggulannya - IDCloudHost

Mengenal Grav CMS: Pengertian dan Keunggulannya

Mengenal Grav CMS: Pengertian dan Keunggulannya

Selama ini kita mengetahui bahwa salah satu contoh software content management system (CMS) adalah wordpress. Namun ada beberapa flat-file CMS yang dapat digunakan dengan kapasitas dan keunggulannya tersendiri. Dengan demikian, tahukah Anda bahwa Grav CMS merupakan software lainnya yang dapat Anda gunakan. Jika Anda belum mengetahui hal tersebut dan Anda merasa asing dengan software Grav, maka artikel ini adalah bacaan yang tepat bagi Anda untuk memahami software Grav dan keunggulan yang bisa Anda dapatkan. 

Baca Juga: 2 Jenis/Tipe CMS WordPress dan Keunggulan Menggunakan WordPress Hosting

Apa Itu Grav CMS?

apa itu grav cms

Grav adalah flat-file berbasis content management system (CMS) yang didesain secara modern dan mudah digunakan. Grav CMS menyediakan layanan grafis antarmuka (graphical interface) yang mudah digunakan oleh pengguna non-technical users untuk menambahkan artikelnya dan pengkodean dioperasikan oleh developers. 

Grav dikembangkan oleh Tim Rocket Theme yang mampu menjalan PHP dan merupakan open-source CMS seperti WordPress, Joomla, atau Drupal. Pada sistem ini tidak menggunakan database melainkan menggunakan file text (.text) atau markdown (.md) untuk melakukan penyimpanan. Dengan demikian, Grav membantu Anda untuk menciptakan dan memanajemen situs secara cepat. 

Keunggulan Grav

keunggulan grav

Setelah memahami pengertian dari grav CMS maka sangat perlu bagi Anda untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan yang dimilikinya. Hal tersebut dapat menjadi bahan evaluasi bagi Anda ketika ingin memutuskan menggunakannya dalam operasional bisnis Anda. Adapun keunggulan pada Grav tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Grav CMS menggunakan teks file Markdown yang memberikan kemudahan terhadap pengguna. Dengan demikian, konten akan terkonversi menjadi HTML dan ditampilkan pada browser
  2. Tidak didasarkan terhadap database CMS sehingga lebih mudah untuk menginstall dan lebih mudah digunakan ketika sedang mengupload file ke server
  3. Anda dengan mudah melakukan back up untuk menjaga semua copy dari website Anda. Hal ini terjadi karena tidak adanya database untuk back up. 
  4. Berbicara keamanan, Grav tidak memiliki admin area dan database. Dengan demikian, kemungkinan hacking pun semakin kecil terhadap akun Anda untuk mengakses data-data yang penting. 
  5. Mudah dipelajari sehingga menjadi alternatif bagi Anda yang ingin belajar suatu website dengan cepat. 

Baca Juga: Blogspot vs WordPress: Mana yang Lebih Baik?

Kekurangan Grav

kekurangan grav

Setelah mengetahui keunggulan yang dimiliki grav CMS, berikut adalah beberapa kelemahan yang dimiliki oleh Grav yakni sebagai berikut:

  1. Untuk membangun website yang kompleks akan susah dengan menggunakan Grav. Dengan demikian, akan menjadi tantangan bagi Anda ketika ingin membuat website yang kompleks dan memiliki sistem yang saling terintegrasi satu sama lain. 
  2. Ada kemungkinan pengguna yang tidak sah mengakses konten Anda secara langsung yang disebabkan dengan tidak adanya database. 

Baca Juga: Tips Memilih CMS (Content Management System) yang Ramah SEO

Fitur-Fitur Grav

fitur-fitur grav

Pada dasarnya, Grav CMS memiliki banyak fitur yang memiliki kelebihan dalam mendukung operasionalnya, namun ada beberapa fitur yang perlu Anda ketahui yakni sebagai berikut:

  • Twig Templating Language

Twig adalah mesin (engine) cepat yang dioptimalkan untuk PHP. Twig didesain agar mudah digunakan oleh developer maupun desainer. Adapun kelebihan menggunakan twig adalah fleksibilitas dan keamanan yang dibawanya. Selain itu, twig juga dikenal sebagai salah satu mesin template tercepat untuk PHP. 

Twig juga memungkinkan kompilasi template ke PHP biasa dan dapat mengurangi overload PHP seminimal mungkin serta menghasilkan pengembangan yang lebih cepat. Adapun dalam keamanan, twig memberikan developer mode sandbox yang memungkinkan pemeriksaan setiap kode yang tidak terpercaya. 

  • Markdown 

Adapun fitur Grav CMS yang selanjutnya adalah Markdown yang memungkinkan Anda menulis HTML lebih baik tanpa adanya kompleksitas. Meskipun demikian, Anda masih bisa menggunakan HTML biasa atau menggabungkan keduanya. Adapun manfaat markdown adalah sebagai berikut:

  • Markdown lebih simple dipelajari dengan karakteristik yang ekstra yang minimal
  • Lebih sedikit kemungkinan error saat menulis markdown
  • Konten dan visual dipisahkan sehingga tidak akan mengacaukan tampilan website Anda
  • Mampu menghasilkan output XHTML yang valid
  • Command Line Tools (CLI)

CLI adalah skrip atau program yang dibuat dengan tujuan unik biasanya untuk suatu permasalahan. CLI juga memungkinkan untuk meningkatkan keamanan. Adapun Command Line Tools (CLI) pada Grav CMS adalah seperti  instalasi dependency, pembersihan cache, user creation, dan backups.

  • Pergantian Konfigurasi yang Kuat dengan YAML

YAML Ain’t Markup Language (YAML) digunakan pada Grav CMS untuk konfigurasi, blueprints, dan pengaturan halaman. Adapun semua file konfigurasi Grav ditulis pada YAML Syntax dengan file ekstraksi (.yaml). YAML sangat intuitif sehingga membuatnya mudah dibaca dan ditulis.  

  • Flat-File

Flat-file adalah kumpulan data yang disimpan dalam database dua dimensi di mana string informasi yang serupa namun terpisah disimpan sebagai catatan dalam sebuah tabel. Disebut flat karena karena setiap baris hanya menampung satu input data, tergantung pada kategorisasi kolom. Dengan demikian, adanya flat-file dalam Grav memungkinkan penggunaan yang lebih fleksibel dan cepat. 

Baca Juga: Memahami Kelebihan dan Kekurangan CMS (Content Management System)

Penutup

Setelah mengetahui tentang Grav CMS, maka dapat menjadi pertimbangan bagi Anda ketika ingin mencari alternatif content management system (CMS) lainnya. Dengan kelebihan, kekurangan, serta fitur-fitur yang terdapat pada Grav CMS dapat menjadi masukan pertimbangan Anda untuk pengoperasian pada perusahaan Anda. 

Salah satu alternatif flat-file CMS lainnya adalah wordpress yang memungkinkan Anda untuk membangun website. IDCloudHost merupakan perusahaan penyedia layanan hosting yang mendukung perkembangan bisnis di Indonesia. WordPress hosting adalah salah satu produk IDCloudHost yang memungkin Anda memiliki website dengan harga yang relatif terjangkau, aman, dan praktis untuk digunakan. Dengan demikian, bersama IDCloudHost akan memberikan pengalaman baru Anda dalam membangun website demi kelancaran bisnis Anda. 

 

Solusi Sempurna untuk Bisnis Anda

Dalam Waktu 3 Menit, Anda akan mendapatkan semua
layanan dengan cepat. Tidak ada kewajiban untuk upgrade,
downgrade atau cancel setiap waktu

Buat Private Cloud
Subscribe here to get update
popup image