Mengenal IaaS dan Kelebihan serta Kekurangannya

Cloud Computing / 0 | | 1

Pernahkah Anda mendengar istilah IaaS? Mungkin bagi Anda yang memiliki bisnis kecil, menengah maupun besar tidak akan asing dengan istilah ini. Layanan ini jika dilihat dalam komputasi awan sangat berperan untuk membantu kelancaran dunia bisnis. Hal ini didukung dengan kemampuan utamanya dalam menyimpan data perusahaan, sehingga membuatnya banyak digemari oleh pengguna.

Secara umum, pada layanan cloud computing ada tiga model yang perlu Anda ketahui yaitu IaaS, PaaS dan SaaS. Ketiganya memang mirip dari segi nama, akan tetapi ada beberapa kelebihan yang membuat IaaS lebih menonjol dibanding keduanya. Bagi perusahaan atau startup layanan ini memiliki aksesibilitas penuh untuk mendukung infrastruktur pada perusahaan. 

Maka untuk mengetahui lebih mendalam apa itu IaaS, apa saja perbedaanya dengan dua model lainnya, dan apa saja kelebihan yang membuat IaaS begitu digemari dan serta sebaliknya apa saja kekurangan yang harus menjadi pertimbangan. Berikut penjelasan selengkapnya di bawah ini!

Apa Itu IaaS?

Mengenal IaaS dan Kelebihan serta Kekurangannya

IaaS atau Infrastructure as a Service adalah salah satu jenis dari layanan cloud berbentuk server fisik dan virtual server. Layanan ini bisa dikelola menggunakan jaringan internet, yang mana seluruh keperluan elemen-elemennya seperti hardware dalam bentuk virtualisasi, bandwidth,alamat IP dan lainnya sudah tersedia. Hal ini juga didukung dengan jaminan dari koneksi internet yang tidak akan terputus karena diawasi secara realtime.

Jika melihat dari segi komponennya, dalam IaaS komponen dibuat secara terpisah sesuai strukturnya. Dilanjutkan segi keamanannya, pada layanan  ini sistem keamanan sangat terjamin. Menariknya dengan hadirnya layanan seperti ini juga para pengguna bisa menggunakan server tanpa perlu membeli komputer atau peralatan secara fisik, artinya semua bisa dilakukan secara virtual saja. 

Agar lebih jelas ada beberapa karakteristik dari Infrastructure as a Service yang perlu Anda ketahui yaitu:

  • Dapat diakses banyak pengguna sekaligus dalam satu perangkat
  • Biaya bisa saja terjangkau bisa juga tidak,sesuai dengan penggunaan
  • Terkait Infrastruktur akan dikelola sepenuhnya oleh perusahaan
  • Memiliki fleksibilitas yang tinggi ditambah dengan layanan yang scalable
  • Untuk sumber daya akan tersedia sebagai bagian dari layanan

Perbedaan Iaas, PaaS dan SaaS?

Mengenal IaaS dan Kelebihan serta Kekurangannya

Setelah penjabaran tentang definisi Infrastructure as a Service di atas, tentu ada perbedaan antara  IaaS dengan dua lainnya yaitu PaaS dan SaaS antara lain:

  • Dari segi bentuknya, IaaS dapat berbentuk server fisik dan virtual. Sedangkan PaaS berbentuk platform dan SaaS berbentuk software.
  • Dari segi fungsinya, IaaS berfungsi sebagai tempat penyimpanan data. Sedangkan PaaS sebagai tempat untuk membuat aplikasi dan SaaS sebagai tempat transformasi digital.
  • Dari segi sistem, IaaS dilengkapi dengan sistem yang fleksibel dan dinamis. Sedangkan PaaS memiliki sistem yang multi-tenant basis cloud dan SaaS menawarkan update rutin.

Kapan IaaS Harus Digunakan?

Mengenal IaaS dan Kelebihan serta Kekurangannya

Seperti layanan cloud pada umumnya, ada waktu terbaik untuk menggunakannya. Ini penting untuk memaksimalkan kinerja dari layanan Infrastructure as a Service agar lebih baik. Biasanya sebuah perusahaan atau startup memilih IaaS untuk menghemat waktu dalam mengerjakan infrastruktur pada cloud itu sendiri. 

Sebenarnya, bukan hanya itu saja layanan cloud computing satu ini memberikan pengaruh terhadap perkembangan pada sebuah perusahaan, hal ini dibuktikan dengan alasan dari perusahaan atau startup memakai IaaS untuk memberikan sebuah keuntungan atau advantage. Untuk itu perlu memahami situasi kapan saja dimana IaaS bisa digunakan oleh perusahaan dengan performa yang baik yaitu:

  • Pada perusahaan kecil dan startup, jika ingin mendapatkan sebuah advantage IaaS dapat mengecilkan hingga menghindari pengeluaran biaya disertai estimasi waktu saat akan membeli dan membuat hardware maupun software. Tentunya ini tidak lepas dari pemilihan situasi yang tepat penggunaanya. 
  • Pada perusahaan yang menengah dan sudah besar,  IaaS dapat memberikan sebuah advantage dari sisi kendali. Maksudnya adalah kendali dari infrastruktur server serta aplikasi yang bisa dikelola sendiri baik itu meliputi kebutuhan elemen yang ada, untuk menunjang kinerja yang lebih baik.
  • Pada perusahaan yang sedang berkembang pesat, IaaS dapat memberikan sebuah keuntungan masih dari sisi kendali,lebih tepatnya kendali pada device. Dimana pengguna bisa menyesuaikan kebutuhan mereka dengan mengganti device baik itu perangkat lunak maupun perangkat keras secara lebih mudah.

Dibagi menjadi tiga bagian untuk masing-masing tingkatan perusahaan membuat Infrastructure as a Service menjadi solusi bagi masalah yang ada.

Kelebihan IaaS

Mengenal IaaS dan Kelebihan serta Kekurangannya

Berikut beberapa kelebihan dari Infrastructure as a Service yang bisa Anda ketahui seperti:

  • Dapat Mengurangi Biaya Modal

Kelebihan pertama dari IaaS adalah dapat mengurangi biaya modal perusahaan. Apalagi modal termasuk faktor utama dalam membangun kelancaran bisnis,sehingga pemilihan untuk menggunakan jenis layanan cloud IaaS dinilai tepat. Hal ini dikarenakan harga pembeliannya sangat terjangkau membuat perusahaan menjadi lebih hemat biaya. Selain itu juga tidak akan ada biaya tambahan yang dikenakan karena semua terinclude di dalamnya.

  • Dapat Meminimalisir Kehilangan Data

Biasanya data perusahaan jumlahnya sangat banyak, sesuai dengan jumlahnya maka data sangat dijaga privasinya. Dengan menggunakan IaaS yang merupakan bagian dari cloud computing membuat perusahaan tidak perlu mengkhawatirkan data akan hilang. Karena layanan ini dapat meminimalisir kehilangan akan data. 

  • Dapat Memaksimalkan Sumber Daya

Selanjutnya, dapat memaksimalkan sumber daya menjadi kelebihan dari IaaS. Jika ada sebuah lonjakan permintaan pada aplikasi milik perusahaan atau milik Anda maka secara cepat sumber daya akan diproses, inilah yang membuat sumber daya semakin lama semakin meningkat. Namun sebaliknya jika lonjakan menurun maka sumber daya juga ikut menurun.

  • Dapat Meningkatkan Stabilitas 

Bukan hanya dari segi stabil terhadap jaringan akan tetapi stabil untuk segala sektornya. Ini menjadi kelebihan dari IaaS karena setiap perusahaan yang menggunakan layanan ini tidak perlu memikirkan biaya perbaikan jika sewaktu-waktu server down. Semua biaya sudah disediakan oleh penyedia layanan ini begitupun dengan biaya peningkatan stabilitasnya.

  • Infrastruktur Lebih Bisa Diandalkan

Berikutnya adalah infrastruktur lebih bisa diandalkan, maksudnya infrastruktur dalam server sudah memenuhi service-level agreement sehingga tidak perlu diragukan lagi performa dari IaaS. Tidak hanya itu, apabila terjadi maintenance penyedia layanan ini juga memastikan infrastruktur bekerja dengan baik.

Kekurangan IaaS

Mengenal IaaS dan Kelebihan serta Kekurangannya

Berikut beberapa kekurangan dari Infrastructure as a Service yang bisa Anda ketahui seperti:

  • Gangguan Pada Sistem Keamanan

Meskipun IaaS sudah terjamin keamanannya, bukan tidak mungkin akan ada berbagai gangguan yang bisa saja mengancam keamanan data. Gangguan ini bisa saja bersumber dari virtual machine atau lainnya. Dengan adanya gangguan ini membutuhkan pengawasan yang ekstra untuk keamanan data.

  • Memerlukan Pelatihan Infrastruktur

Kekurangan dari IaaS adalah perlu untuk mengadakan pelatihan terkait infrastruktur yang akan digunakan. Tersedianya berbagai macam infrastruktur membuat perusahaan bisa saja mengelola baik itu sistem operasinya maupun database secara mandiri. Sehingga perlu untuk membuat pelatihan secara internal perusahaan,agar pemakaian infrastruktur bisa bekerja lebih maksimal.

  • Tidak Support Ke Sistem Lama

Pada layanan ini, pengguna masih bisa mengoperasikannya dalam cloud versi lama. Akan tetapi, bisa saja ada infrastruktur yang tidak mendukung akan hal tersebut karena tidak memiliki kontrol khusus. Ini membuat pengguna harus upgrade aplikasi terlebih dahulu jika ingin memasukkannya dalam cloud

Penutup

Demikianlah penjelasan tentang IaaS mulai dari pengertian,kriteria,perbedaan hingga kelebihan dan kekurangannya. Bagi Anda yang masih bingung dengan model cloud computing yang satu ini. Anda bisa mengenali lebih dalam sebelum memutuskan untuk membeli jenis layanan ini bagi kebutuhan Anda. Pastikan juga untuk mempertimbangkan beberapa kekurangan yang ada serta kapan saja waktu terbaik untuk menggunakan IaaS ini ya!

Salah satu contoh layanan IaaS yang handal dan dapat Anda gunakan adalah Bare Metal Server dari IDCloudHost. Dengan spesifikasi tinggi dan keamanan terjamin, layanan ini cocok untuk mendukung perusahaan Anda go digital!

Related Post :

popup image