Apa Itu Nextcloud dan Bagaimana Cara Kerjanya?

Technology / 0 | | 2

Semakin berkembangnya digitalisasi membuat penyimpanan awan semakin dibutuhkan. Tahukah Anda bahwa Nextcloud adalah layanan perangkat lunak open-source yang menyediakan layanan penyimpanan cloud secara pribadi? Jika Anda masih asing dengan namanya dan ingin mengetahui lebih dalam tentang cloud solution yang satu ini, maka artikel ini adalah pilihan yang tepat bagi Anda yang akan menjelaskan segala hal tentang Nextcloud. 

Baca Juga: Cara Update Upload Limit di Nextcloud

Apa Itu Nextcloud?

nextcloud adalah

Nextcloud adalah open-source cloud solution yang memungkinkan Anda untuk melakukan penyimpanan awan dan berbagi file secara online.  Lebih lanjut, aplikasi ini juga memberikan akses yang gratis dan memungkinkan Anda melakukan sinkronisasi data bahkan dengan device yang berbeda (mobile atau komputer).

Adanya aplikasi ini akan memberikan pengontrolan yang penuh kepada Anda akan data yang Anda simpan, dimana data diletakkan, bagaimana cara penyimpanan, siapa saja yang akan mengaksesnya, dan cara menghapusnya. 

Nextcloud dirilis pada awal tahun 2020 dan menjadi kompetitor penyedia layanan sejenisnya seperti Google Drive dan Dropbox. Perangkat lunak ini dapat diinstal secara gratis di Linux, dan perangkat software client dapat diinstal pada komputer yang menjalankan Windows, OS X, atau Linux. Adapun untuk mobiles apps juga tersedia untuk Android dan iOS.

Bagaimana Cara Nextcloud Bekerja?

Apa Itu Nextcloud dan Bagaimana Cara Kerjanya?

Ketika Anda mengupload data melalui server Nextcloud, maka data tersebut akan dapat diakses oleh semua device yang terkoneksi pada internet. Meskipun demikian, file yang tersimpan tersebut terproteksi dengan adanya dengan password yang diberikan. Dengan demikian, hal tersebut memungkinkan Anda untuk memanajemen file atau informasi tertentu melalui web browser.

Nextcloud adalah open-source cloud solution yang tidak hanya terbatas pada pembagian file yang kemudian bisa disimpan, namun juga memungkinkan untuk pengembangan fungsinya seperti pembuatan bookmarks, pembuatan multimedia library, dan sebagainya. Lebih lanjut, aplikasi ini juga memungkinkan Anda terintegrasi dengan penyimpanan awan lainnya seperti Google Drive, Dropbox, Amazon S3, dan sebagainya. 

Baca Juga: Kolaborasi dengan NextCloud, IDCloudHost Launching Produk Cloud Storage Saingi Google Drive

Fitur-Fitur Nextcloud

Apa Itu Nextcloud dan Bagaimana Cara Kerjanya?

Software yang satu ini banyak dibilang sebagai saingan dari Google Drive. Karena keunggulannya yang open-source yang kompatibel dengan berbagai sistem operasi seperti Windows, MacOS, dan berbagai distribusi Linux. Sebagai perangkat lunak modular, Nextcloud dapat disesuaikan dengan plugin yang menyediakan fitur dan fungsionalitas tambahan. Berikut adalah fitur yang ditawarkan oleh aplikasi yang satu ini adalah sebagai berikut:

  • Nextcloud Files

Melalui Nextcloud files memungkinkan Anda untuk melakukan sinkronisasi files, mengakses dan membagikan files, dan berkolaborasi dengan tim terhadap file tertentu. Lebih lanjut, software ini juga membantu Anda untuk menemukan file dengan pencarian yang kuat, membuat komentar, dan mengunci files hingga selesai.

  • Nextcloud Talk

Layanan Nextcloud Talk memungkinkan Anda menghadirkan obrolan teks dan konferensi audio dan video dengan berbagai fitur seperti share-screen, meeting online, dan sebagainya. Pada Nextcloud Talk juga memungkinkan Anda melakukan chat texting secara private pada kolom conversation. 

  • Nextcloud Groupware

Layanan ini akan mengintegrasikan kalender, web main, kontak, dan sebagainya dalam upaya membantu pekerjaan suatu tugas lebih cepat, mudah digunakan, dan sesuai dengan persyaratan. Adapun layanan ini juga terintegrasi dengan Nextcloud Files.

  • Nextcloud Industry Solution

Layanan ini memberikan solusi produktivitas mandiri atau self-hosted terhadap berbagai sektor layaknya pemerintahan, pendidikan, keuangan, dan sebagainya.

  • Nextcloud Enterprise

Memberikan optimasi perangkat lunak untuk organisasi profesional. Lebih lanjut, Nextcloud Enterprise telah dikonfigurasikan sebelumnya, dioptimalkan, dan diperkuat untuk kebutuhan khusus penerapan perusahaan skala besar yang penting untuk produksi.

Baca Juga: Cara Melakukan Upgrade Storage Server Cloud VPS

Keunggulan Nextcloud

Apa Itu Nextcloud dan Bagaimana Cara Kerjanya?

Nextcloud adalah open-source yang memiliki keunggulan dalam membantu berbagai kebutuhan penggunanya. Dengan demikian, sebagai user maka sangat perlu untuk mengetahui keunggulan yang diberikan sehingga bisa memaksimalkan setiap layanan yang diberikan. Adapun keunggulan cloud solution online yang satu ini adalah sebagai berikut:

  • Keamanan data

Cloud solution satu ini adalah open-source yang telah menerapkan proteksi login berbasis machine-learning 2 factor authentication, proteksi dari serangan brute force, verifikasi video, serta end to end encryption pada file yang akan Anda unggah ke server.

  • Mudah digunakan

Apikasi ini memang memiliki fitur yang powerfull dengan interface yang user-friendly. Dengan demikian, hal tersebut akan membuat proses adaptasi penggunaan software akan lebih cepat dan produktivitas akan tetap terjaga.

  • Ekosistem yang besar 

Media penyimpanan cloud yang satu ini menawarkan integrasi add-on dengan lebih dari 200 aplikasi keamanan, beragam fitur produktivitas untuk tim dan integrasi infrastruktur lainnya.

  • Beragam OS Support

Mendukung berbagai sistem operasi seperti Windows, OS, X, Linux. Selain itu, Nextcloud juga sudah bisa gunakan pada mobile dengan OS Android dan iOS.

  • Open Source 

Dapat diunduh dan digunakan secara gratis di server VPS Anda.

Cara Install Nextcloud pada Cloud VPS

Nextcloud adalah layanan yang mungkin Anda butuhkan dalam memenuhi kebutuhan Anda. Dengan semakin banyaknya kebutuhan Anda, maka cloud solution satu ini adalah salah satu jawabannya yang bisa Anda integrasikan dengan Cloud VPS.

IDCloudHost adalah penyedia cloud server yang dapat memungkinkan Anda untuk menggunakan Cloud VPS yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Anda bisa menginstalnya dengan mudah menggunakan fitur one-click-deploy pada layanan Cloud VPS!

Baca Juga: Cara Install Nextcloud pada Cloud VPS IDCloudHost

Penutup

Nextcloud adalah layanan penyimpanan awan yang dapat membantu Anda untuk melakukan berbagai aktivitas Anda seperti manajemen files, konferensi video dan audio serta berbagai manfaat lainnya. 

Cloud solution satu ini juga dapat diintegrasikan dengan VPS yang merupakan tipe server yang menggunakan teknologi virtualisasi untuk membagi hardware server fisik menjadi beberapa server virtual yang di hosting di infrastruktur fisik yang sama. 

Sebagai penyedia layanan cloud hosting, IDCloudHost menawarkan jasa Cloud VPS yang memberikan pelayanan cloud server yang fleksibel dan memiliki performa terbaik untuk operasional website dan aplikasi Anda.

Related Post :

popup image