logo Mengenal Pi-hole: Pengertian, Cara Kerja, dan Fungsinya

Mengenal Pi-hole: Pengertian, Cara Kerja, dan Fungsinya

Mengenal Pi-hole: Pengertian, Cara Kerja, dan Fungsinya

Dalam menggunakan jaringan, tak jarang pengguna harus berhadapan dengan serangan malware, situs berbahaya, juga iklan yang membuat pengguna tak nyaman. Jika demikian, Anda bisa menjadikan Pi-hole sebagai solusinya. Aplikasi ini digunakan oleh admin jaringan untuk membuat semua pengguna yang tergabung merasa lebih aman. 

Di sisi lain, Pi-hole adalah aplikasi yang harus digunakan dengan bijak dan tak boleh disalah gunakan. Mengapa demikian? Dalam artikel ini, Anda akan mengenal Pi-hole mulai dari pengertian, fungsi, keunggulan dan kekurangannya. 

Baca Juga: Jaringan Komputer atau Computer Network Pengertian LAN, WAN dan MAN

Apa Itu Pi-hole? 

Pi-hole adalah aplikasi DNS Server yang berfokus pada fungsi-fungsi DNS Sinkhole. Aplikasi ini memiliki fitur pemblokiran iklan dan website yang berguna untuk meningkatkan keamanan jaringan pribadi.  

Software DNS Sinkhole ini pertama kali dibuat oleh Jacob Salmela pada tahun 2014. Aplikasi ini dibangun dengan level jaringan Linux dan dapat Anda gunakan secara gratis. Pi-hole dirilis secara open-source di GitHub, hingga kini sudah ada beberapa kontributor yang turut bergabung mengembangkan project ini.

Pi-hole memungkinkan Anda untuk memblokir iklan dan website tertentu dalam jaringan Anda. Nama Pi-hole sendiri adalah karena aplikasi ini awalnya dirancang untuk Raspberry-Pi. Namun, saat ini, Anda bisa menggunakannya pada virtual machine ataupun perangkat keras manapun yang menggunakan OS Ubuntu, Debian, Fedora, dan CentOS. 

Cara Kerja Pi-hole

Anda dapat mengkonfigurasi Pi-hole baik pada komputer/perangkat individual Anda atau pada router Anda sebagai aplikasi seluruh jaringan. Untuk memasang Pi-hole yang Anda butuhkan:

  • Router rumah Anda, artinya router internet tempat Anda menjalankan segala sesuatunya. Atau, Anda juga dapat menggunakan switch jaringan yang diatur dengan server DHCP sendiri, tetapi proses instalasi menjadi lebih rumit.
  • Virtual machine atau perangkat dengan OS yang mendukung. 

Setelah Anda memiliki peralatan dasar, Anda dapat menginstal Pi-hole langsung dari situs web Pi-hole. Aplikasi ini dapat Anda gunakan secara gratis karena sifatnya yang open-source. Jika Anda adalah pengguna IDCloudHost, Anda bisa menginstal Pi-hole dengan mudah menggunakan fitur one-click deploy!

Pi-hole mengandalkan daftar pihak ketiga untuk memblokir iklan. Proses instalasinya memungkinkan Anda untuk memilih satu atau beberapa blacklist yang ingin Anda terapkan dari daftar yang telah ditetapkan sebelumnya. Setelah menginstal Pi-hole, Anda juga dapat menambahkan blacklist Anda sendiri.

Baca Juga: Apa Itu Mikrotik? Pengertian, Fungsi, dan Jenisnya

Fungsi Pi-hole 

Setelah memahami cara kerja dan pengertiannya, Anda pasti ingin mengetahui apa saja fungsi Pi-hole. Berikut penjelasan lengkapnya. 

Memblokir Iklan dan Website Tertentu

Dengan menggunakan Pi-hole, Anda tak perlu menginstal banyak plugin browser atau software keamanan jaringan di setiap komputer. Cukup instal Pi-hole di satu komputer admin saja, maka seluruh jaringan akan terlindungi dengan mudah. 

Fitur ini memungkinkan Anda untuk berselancar di internet dengan lebih nyaman karena tak ada iklan yang mengganggu. Selain itu, Anda juga bisa mengontrol pengguna jaringan untuk tidak mengakses website negatif atau berbahaya. 

Meningkatkan Performa Jaringan

Karena iklan diblokir, kinerja jaringan tentunya bisa jadi lebih cepat. Anda tak perlu menunggu waktu lama untuk memuat sebuah halaman, karena sekarang tak ada lagi iklan di sana. Selain itu, Pi-hole juga membantu Anda untuk mendeteksi malware atau website berbahaya, sehingga jaringan lebih aman tanpa malware yang bisa menurunkan performanya jika menjangkiti salah satu komputer. 

Memantau Statistik

Pi-hole memiliki web interface yang sangat user-friendly. Melalui web interface tersebut, Anda bisa memantau statistik pengguna jaringan Anda. Di dalamnya, Anda bisa melihat query log, mengetahui history internet mereka, hingga data-data user. Jika digunakan dengan bijak, kontrol yang tersentralisasi ini memudahkan Anda untuk meningkatkan keamanan jaringan dan kenyamanan pengguna. 

DHCP Server

DHCP Server adalah komputer yang bertugas untuk membagikan IP adress pada perangkat dalam jaringan secara otomatis. Keberadaannya sangat penting dalam jaringan, karena komputer tidak akan bisa terhubung tanpa memiliki IP. Dengan menggunakan Pi-hole, fungsi ini bisa Anda jalankan bersamaan dengan fungsi DNS sinkhole miliknya. Sehingga, manajemen jaringan pun lebih mudah karena hanya dilakukan dengan satu aplikasi saja. 

Yang Harus Diperhatikan Saat Menggunakan Pi-hole

Pada dashboard Pi-hole, terdapat fitur Query Log yang memberikan Anda akses ke data-data pengguna jaringan. Dari log tersebut Anda bisa melihat domain apa saja yang sedang dibuka oleh masing-masing komputer. Anda dapat mengetahui history internet dari setiap pengguna dalam jaringan Anda dan memiliki akses terhadap data mereka. 

Karena itulah, Pi-hole harus digunakan dengan bijak. Data dan history pengguna yang Anda lihat tidak boleh disalahgunakan, karena merupakan informasi sensitif. Saat ini, ada banyak kasus kebocoran data yang terjadi kepada pengguna internet. Jangan sampai aplikasi yang memiliki tujuan menjaga keamanan jaringan seperti Pi-hole justru berbalik mengusik keamanan pengguna. 

Sebagai admin jaringan, Anda tentunya butuh untuk memperkuat keamanan jaringan dengan berbagai tools pendukung. Tujuannya adalah agar jaringan Anda tidak mudah disusupi peretas yang nantinya bisa mengambil alih kontrol Anda, kemudian mengakses data pengguna secara leluasa. Sementara itu, pengguna jaringan juga harus tahu caranya melindungi data pribadi dan tidak mengekspos informasi sensitif yang bisa disalahgunakan dengan mudah. 

Baca Juga: Mengenal Apa Itu Bandwidth dan Cara Mengurangi Pemakaiannya di Jaringan

Penutup

Demikianlah penjelasan tentang Pi-hole, mulai dari fungsi, cara kerja, hingga hal-hal yang harus Anda perhatikan saat menggunakannya. Saat ini, keamanan jaringan adalah hal yang sangat penting bagi semua orang. Hal ini tidak hanya menjadi tanggungjawab pengguna, tapi juga administrator yang memiliki kontrol terhadap jaringan dan data-data pengguna tersebut.

Jika Anda ingin mencoba menggunakan aplikasi ini, Anda bisa menginstalnya dengan mudah di Cloud VPS IDCloudHost dengan mengikuti langkah-langkah lengkap berikut ini: Cara Instalasi Pi-hole di Cloud VPS IDCloudHost.

Solusi Sempurna untuk Bisnis Anda

Dalam Waktu 3 Menit, Anda akan mendapatkan semua
layanan dengan cepat. Tidak ada kewajiban untuk upgrade,
downgrade atau cancel setiap waktu

Buat Private Cloud
Subscribe here to get update
popup image