logo Slug: Pengertian, Fungsi, dan Cara Menulisnya - IDCloudHost

Slug: Pengertian, Fungsi, dan Cara Menulisnya

Slug: Pengertian, Fungsi, dan Cara Menulisnya

Link adalah salah satu cara yang dapat digunakan untuk menambahkan trafik terhadap website. Akan tetapi, link yang terlalu panjang akan membuat pengunjung mengingat link tersebut bahkan cenderung tidak dipercayai oleh pengunjung website. Karena itu, Anda harus bisa membuat link yang relevan dan mampu menujang SEO. Link ini dalam istilah SEO disebut juga dengan slug. 

Ia merupakan komponen yang terkandung dalam sebuah link. Dalam melakukan optimalisasi SEO yang lebih professional, ini adalah komponen penting yang perlu Anda pertimbangkan. Dengan demikian, pada artikel ini akan dijelaskan mengenai bagaimana slug mempengaruhi perkembangan suatu website.

Baca Juga: Prediksi Tren SEO Terbaik di Tahun 2022

Apa Itu Slug?

Slug: Pengertian, Fungsi, dan Cara Menulisnya

Slug adalah bagian dari URL yang mengidentifikasi halaman tertentu pada website. Elemen ini biasanya ditempatkan pada bagian akhir dari URL setelah nama domain. Lebih lanjut, hal yang unik darinya adalah penulisannya yang dipisahkan dengan tanda dash (-) dan menggunakan huruf kecil. 

Adapun contoh yang bisa Anda lihat adalah pada halaman https://idcloudhost . com/cara-menjadi-travel-blogger/ dengan demikian, slug link di samping adalah cara-menjadi-travel-blogger. 

Pada kenyataannya, banyak website yang tidak memperhatikan elemen ini sebagai hal professional. Ini dapat diidentifikasi dengan slug yang terlalu panjang bahkan mengandung karakter-karakter seperti ^,*%, dan sebagainya. Dengan demikian dalam membuatnya, berikut adalah komponen yang perlu Anda perhatikan: 

  • Menjelaskan konten tersebut
  • Mengandung keywords
  • Tidak terlalu panjang
  • Tidak menggunakan angka-angka yang mempersulit
  • Setiap kata dipisahkan oleh tanda (-)
  • Hanya menggunakan huruf kecil.

Baca Juga: 6 Cara Meningkatkan Strategi Marketing SEO Tahun 2022

Apa Fungsi Slug dalam Pengembangan Website?
Slug: Pengertian, Fungsi, dan Cara Menulisnya

Ada banyak pertimbangan ketika search engine melakukan pengenalan sebuah website ataupun konten. Adapun slug adalah salah satu faktor yang dapat menjadi pertimbangan dalam SEO sebuah website. Dengan adanya SEO yang bagus maka website akan mudah berkembang dengan traffic yang didatangkannya. 

Pada dasarnya, elemen ini harus dapat menggambarkan sebuah konten tempat pengunjung berada. Hal tersebut akan membuat sebuah konten ramah user dan membuat pengunjung lebih mudah melakukan identifikasi. 

Pada halaman hasil pencarian search engine (SERPs), URL yang muncul juga akan di direct menjadi breadcrumbs. Misalnya pada URL https://idcloudhost.com/cara-menjadi-travel-blogger/ maka breadcrumbs pada SERPs adalah domain >> cara-menjadi-travel-blogger. 

Selain berfungsi dalam memaksimalkan SEO, elemen adalah salah satu aspek yang membuat website menjadi user-friendly. Bayangkan saja, jika Anda pergi ke suatu alamat rumah dengan alamat yang sangat panjang, hal tersebut akan membuat Anda kesusahan.

Namun sebaliknya, alamat rumah yang singkat dan relevan akan memudahkan. Dengan demikian, adanya slug pada website akan memudahkan pengguna untuk berselancar ke suatu website sekaligus mempermudah pengguna mengidentifikasi konten yang sedang dibuka. 

Baca Juga: Mengenal PBN: Kelebihan, Kekurangan dan Tips Membangunnya

Cara Menulis Slug yang Baik

Dalam menulis slug, perlu diperhatikan beberapa pertimbangan sehingga mendapatkan hasil yang berkualitas. Adanya slug yang baik maka akan meningkatkan trafik dan mempengaruhi kualitas SEO. Dengan demikian, berikut hal yang perlu diperhatikan dalam menulisnya adalah sebagai berikut:

  • Memulai dengan URL HTTPS

Https adalah sebuah protokol yang yang menggunakan SSL dan mendukung enkripsi serta autentikasi sehingga website memiliki koneksi yang aman. Lebih lanjut, sebuah website yang tidak terintegrasi dengan https akan tidak akan muncul dalam pencarian mesin pencari dan keamanan yang lebih rentan. 

Tanpa https maka browser akan mengingatkan bahwa halaman yang dikunjungi adalah halaman yang tidak aman. Dengan demikian, menggunakan https akan menambahkan kepercayaan pengguna terhadap link atau yang Anda bagikan. 

  • Konsisten dengan karakteristik slug

Adanya konsistensi dalam menggunakan karakteristik slug akan menunjukkan profesionalitas kepada pengguna. Berikut adalah karakteristik yang penting tersebut:

  • Hindari karakter yang susah dibaca atau diingat

Karakter seperti %,*,^ dan sebagainya adalah karakter yang harus dihindari dalam menulis slug. Hal tersebut akan membuat slug sulit untuk dibaca.

  • Tambahkan  garis miring

Pada setiap sebuah URL maka diakhiri dengan garis miring. Meskipun hal ini merupakan sebuah opsional, namun garis miring tersebut akan membuat sebuah slug terlihat lebih baik, professional, dan lengkap.

  • Gunakan huruf kecil

Menggunakan huruf kecil merupakan bagian konsisten dari URL Anda. Huruf kecil juga dapat menghindari adanya kemungkinan typo atau broken link yang mungkin terjadi. 

  • Jadikan slug relevan dengan konten

Slug adalah komponen penting yang terdapat dalam link sehingga menjadikannya alamat dalam sebuah halaman website. Hal tersebut membuat URL yang digunakan menggunakan kata kunci yang dikandung dalam sebuah konten. Hal tersebut juga akan membantu pengunjung untuk memahami konten yang sedang dikunjungi atau dibaca. 

Adapun beberapa cara yang bisa dilakukan dalam mengintegrasikan slug dengan konten seperti penggunaan URL dari Header 1 sebuah konten, kategori konten, judul konten, dan sebagainya. 

  • Jadikan slug pendek dan efisien

Adapun komponen selanjutnya dalam menulis slug adalah memastikan URL tersebut pendek dan efisien. URL yang mengandung kata-kata yang panjang akan membuatnya susah diingat pengguna dan terlihat tidak professional.

Namun sebaliknya, slug yang menggunakan kata-kata yang lebih pendek bahkan mengandung kata kunci akan memudahkan pengguna untuk mengidentifikasi navigasi sebuah halaman. Lebih lanjut, hal tersebut juga akan memudahkan dalam membagi sebuah link misalnya pada sosial media. 

  • Buatlah slug yang tak lekang oleh waktu

Salah satu cara untuk membuat URL tetap relevan adalah dengan menghindari penggunaan angka tertentu yang mengindikasi waktu tertentu. Adapun membuat slug yang terlalu panjang dapat menghilangkan tingkat relevansi. Dengan demikian, untuk menjaga kualitas pada sebuah URL, maka pastikan slug yang dibuat merupakan SEO-Friendly. 

Baca Juga: 7+ Jenis Email Marketing untuk Mengembangkan Bisnis Anda

Penutup

Slug adalah komponen yang akan membantu membuat link suatu halaman dalam website membantu pengguna dalam mengidentifikasi navigasi halaman website. URL juga akan membuat link menjadi lebih profesional dan relevan dengan konten yang disajikan. Dengan demikian, mempertimbangkan URL merupakan cara untuk meningkat SEO website dan membuka peluang untuk mendatangkan traffic yang lebih banyak. 

Selain optimasi dari sisi onpage seperti membuat URL yang baik, Anda juga butuh layanan hosting atau cloud yang berkualitas untuk meningkatkan performa SEO Website. Yuk, coba Cloud VPS IDCloudHost yang memiliki performa cepat dan handal!

Dalam membuat sebuah website diperlukan layanan cloud server yang mumpuni dan berkualitas. IDCloudHost menyediakan jasa Cloud VPS yang memberikan pelayanan penyewaan server terhadap operasional pengembangan website Anda. Dengan demikian, pastikan Anda mempunyai UR yang relevan dengan website yang berkualitas!

Solusi Sempurna untuk Bisnis Anda

Dalam Waktu 3 Menit, Anda akan mendapatkan semua
layanan dengan cepat. Tidak ada kewajiban untuk upgrade,
downgrade atau cancel setiap waktu

Buat Private Cloud
Subscribe here to get update
popup image