Apa itu Torrent : Pengertian, Fungsi, Fitur-Fitur dan Cara Download dengan Torrent

Serba Serbi, Tips & Tricks / 0 | | 0

Jika Anda menggunakan Internet sebelum era situs streaming, Anda mungkin sudah mengetahui apa itu torrent. Anda mungkin pernah mengunjungi situs torrent untuk mengunduh film bajakan, album musik, atau permainan video sebelumnya atau pernah mendengar orang-orang menggunakan cara Torrent ini. Menggunakan Torrent memang menjadi banyak pilihan pengguna internet karena lebih mencakup lebih banyak pilihan yang bisa di download tadi.

Anda mungkin pernah mendengar atau menyebut beberapa file di Internet sebagai file “Torrent” atau hanya Torrent. Beberapa orang mungkin menganggapnya sebagai satu-satunya cara untuk mendownload konten berhak cipta. Namun begitu tidak semua orang mengetahui bahwa file yang mereka download itu sebenarnya mempunyai hak cipta legal.

Kata Torrent di dunia teknologi, biasanya mengacu pada file komputer yang berisi metadata yang menyimpan berbagai informasi. File torrent biasanya dilengkapi dengan ekstensi .torrent tetapi tidak berisi konten sebenarnya yang akan didistribusikan. Informasi ini kemudian akan digunakan oleh perangkat lunak BitTorrent seperti uTorrent, Transmission, atau BitTorrent untuk distribusi yang pada dasarnya memungkinkan pengguna untuk mengunduh file torrent dengan mudah ke komputer pribadi mereka.

 

Pengertian Apa Itu Torrent

Torrenting adalah tindakan mengunduh dan mengunggah file melalui jaringan BitTorrent. Alih-alih mengunduh file ke server pusat, torrent melibatkan mengunduh file dari perangkat pengguna lain di jaringan. Sebaliknya, pengguna mengunggah file dari perangkat mereka sendiri untuk diunduh pengguna lain.

Proses Torrenting adalah bentuk berbagi file peer-to-peer (P2P) paling populer, dan memerlukan perangkat lunak pengelolaan torrent untuk terhubung ke jaringan BitTorrent. Perangkat lunak semacam itu dapat diunduh secara gratis untuk sejumlah perangkat berbeda. Setiap orang yang mengunduh atau mengunggah file yang sama disebut rekan, dan secara kolektif mereka dikenal sebagai segerombolan.

Karena cara kerja BitTorrent, rekan dapat mengunduh file dari beberapa pengguna lain sekaligus, atau mengunggah file ke beberapa pengguna lain secara bersamaan. Torrenting sering kali dikaitkan dengan pembajakan karena sering digunakan untuk berbagi file yang dilindungi hak cipta, termasuk film, game, musik, dan perangkat lunak. Namun, torrent juga memiliki banyak kegunaan yang sah, seperti mengurangi beban pada server terpusat dengan mendistribusikan beban hosting di antara pengguna.

 

Fitur dan Cara Kerja Torrent

Apa itu Torrent : Pengertian, Fungsi, Fitur-Fitur dan Cara Download dengan Torrent
 

 

Torrenting tidak bergantung pada server terpusat untuk menyimpan file. Sebagai gantinya, bit data dari file besar individu disimpan di komputer yang berpartisipasi (rekan) dalam jaringan (swarm) untuk memfasilitasi proses berbagi file. Protokol komunikasi P2P seperti BitTorrent memecah file menjadi beberapa bagian dan memindahkannya dari pengunggah (seeder) ke pengunduh (leechers) melalui klien torrent (program terpisah yang membaca semua informasi dalam file .torrent dan menghubungkan pengguna untuk bertukar data) .

Sistem check and balances yang dijelaskan di bawah ini diterapkan untuk membuat proses torrent menjadi sangat mudah :

 

  • File torrent (.torrent) berisi informasi yang memberi tahu pengguna tentang komputer mana yang menjadi bagian dari proses berbagi file. Ini juga dapat memberikan beberapa detail tentang file dan folder yang diunduh pengguna.
  • Klien torrent akan terhubung ke pelacak, yang menyimpan alamat IP perangkat dalam kerumunan. Pelacak meneruskan alamat IP ke semua klien torrent untuk memastikan semua rekan terhubung.
  • Klien torrent dapat mulai mengunduh. Setelah menerima bit data yang cukup, ia juga mulai mengunggah file untuk kepentingan pengguna lain.

 

Baca Juga :      Mengenal Internet Download Manager : Fungsi, Keunggulan, Fitur, dan Cara Downloadnya

 

Cara Download dengan Torrent

Pada umumnya menggunakan Torrent untuk mendownload tidaklah terlalu sulit, ini yang membuat banyak orang memilih menggunakan Torrent. Berikut adalah panduan langkah demi langkah tentang cara menggunakan torrent :

 

  • Pilih dan Unduh Klien Torrent

    Sebelum Anda dapat mulai berbagi atau mengunduh file, Anda harus memilih dan menginstal klien torrent. Pilih dengan hati-hati, karena beberapa datang dengan adware yang dapat menyebabkan masalah dengan komputer atau perangkat Anda. Paling baik adalah mengunduh langsung dari situs web klien sehingga Anda dapat menghindari mengunduh perangkat lunak jahat dari situs pihak ketiga. Meskipun ada klien yang dapat diunduh gratis, memilih klien premium sangat ideal jika Anda menginginkan fitur keamanan.

  • Pasang Situs Pelacak

    Setelah Anda memasang klien torrent, Anda juga perlu mengunduh situs pelacak, yang berisi daftar file torrent. Situs pelacak ini hanya sebagai tempat penyimpanan file torrent dan tidak menghosting konten di server mereka. Ada dua jenis situs pelacak, salah satunya adalah situs pelacak publik, dapat diakses oleh semua pengguna. Jenis pelacak kedua lainnya adalah situs pelacak pribadi, yang berisi situs web torrent khusus yang meng-host relung file yang unik. Pendaftaran ke situs pelacak pribadi seringkali eksklusif dan hanya berdasarkan undangan dan itu juga mengharuskan pengguna untuk menanam torrent setelah setiap unduhan.

  • Cari Konten untuk Download

    Selanjutnya pengguna bisa mencari konten yang ingin kamu download. Hasil pencarian sering menghasilkan beberapa file, pilih yang memiliki banyak seeder sehingga unduhan Anda berjalan lebih cepat. Sebelum mengunduh, periksa apakah Anda dapat menjalankan file tersebut.

  • Unduh Konten

    Setelah Anda mengetahui apakah file tersebut kompatibel dengan program yang Anda instal, Anda dapat mulai mendownload kontennya. Anda dapat mengunduh banyak file tetapi praktik atau cara yang baik adalah  dengan memprioritaskan unduhan Anda.

 

Baca Juga :        Aplikasi Bluestacks : Pengertian, Fungsi, Keunggulan, Fitur, dan Cara Downloadnya

 

Pertanyaan Umum Mengenai Torrent

Apa itu Torrent : Pengertian, Fungsi, Fitur-Fitur dan Cara Download dengan Torrent
 

Mengingat banyaknya hak cipta yang dilanggar oleh pengunduhan file yang bebas, tentu banyak orang- orang bertanya mengenai aplikasi pengunduhan ini. Berikut ini beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan dari menggunakan Torrent.

 

  • Apakah Torrent aman?

    Secara umum, kebanyakan torrent relatif aman untuk diunduh selama Anda tahu dari mana asalnya. Selain itu, pelaku kejahatan yang mencoba mengubah metadata torrent secara efektif akan merusak file terkait, menjadikan file tersebut tidak dapat diakses. Namun, file torrent yang diserang malware juga sangat tersebar luas, dan sering kali ditautkan ke salinan episode acara TV bajakan. Pengguna torrent juga perlu berhati-hati terhadap file yang dapat dieksekusi (.exe) atau batch (.bat) karena ini biasanya terkait dengan skrip yang menginstal malware ke komputer.

  • Apakah Torrent ilegal?

    Torrent itu sendiri tidak ilegal jika dilakukan untuk materi atau konten non-hak cipta yang Anda miliki haknya. Secara teknis, mengunduh dan berbagi konten berhak cipta adalah ilegal. Anda bisa ketahuan oleh penegak hukum dan penyedia layanan Internet (ISP), terutama jika Anda tidak menyembunyikan alamat IP Anda. Jika Anda dinyatakan bersalah atas pelanggaran hak cipta, Anda bisa mendapatkan hukuman penjara hingga lima tahun dan membayar sebanyak US $ 150.000 untuk setiap konten. Selain itu, pemilik hak cipta juga dapat mengajukan tuntutan kepada Anda, yang berarti Anda harus membayar biaya hukum dan kerusakan lainnya. Jika dipikir-pikir, Anda bisa saja membayar materi tersebut sehingga Anda dapat menggunakannya secara legal.

  • Apakah harus menggunakan VPN untuk mendownload di Torrent?

    Jaringan Virtual Private Network (VPN) menyembunyikan alamat IP Anda dari situs yang ingin melacak Anda. Mereka juga menyembunyikan seluruh aktivitas online Anda dari penyedia layanan Internet (ISP) Anda. Menggunakan VPN untuk mengunduh file dari situs torrent dapat membantu Anda tetap anonim saat online, menjaga Anda tetap aman dari penyerang dunia maya. Ingatlah bahwa ISP melacak lalu lintas VPN, jadi jagalah agar penggunaan torrent Anda tetap legal. Menggunakan VPN juga ilegal di beberapa negara, jadi pastikan negara Anda tidak ada dalam daftar tempat VPN dilarang.

 

Baca Juga :      Cara Menggunakan SlideShare : Pengertian, Fungsi, Keunggulan, Fitur, dan Cara Downloadnya

 

Kesimpulan dan Penutup

File-file yang dibagikan menggunakan protokol BitTorrent secara sederhana disebut sebagai Torrents. Jika Anda tidak tahu, protokol BitTorrent adalah teknik komunikasi untuk berbagi file peer-to-peer melalui Internet. File-file tersebut biasanya tersebar di sekitar jaringan pengguna yang terdesentralisasi yang kemudian diunduh.

Jadi, saat Anda mengunduh file torrent, Anda terlibat dalam operasi berbagi file peer-to-peer (P2P) menggunakan protokol BitTorrent. Poin utama dari sistem P2P adalah untuk mendistribusikan potensi beban unggahan / unduhan yang sangat besar ke sejumlah besar komputer dan koneksi Internet. Biasanya, Anda akan menggunakan klien BitTorrent seperti qBittorrent atau μTorrent atau FreeDownloadManager untuk mengunduh file torrent.

 

Related Post :