Mengenal Apa Itu Virtex dan Cara Mengatasinya

Web Security / 0 | | 1

Smartphone adalah salah satu dari sekian banyak alat komunikasi yang menjadi komponen utama dalam kehidupan. Hadirnya alat ini memudahkan semua orang untuk mengetahui berbagai informasi secara cepat. Selain bentuknya yang menarik, smartphone juga memiliki fungsi praktis sehingga mudah dibawa kemana saja. Untuk menunjang kinerjanya, dalam smartphone ada berbagai aplikasi dengan kegunaanya masing-masing. Seperti aplikasi mengirim pesan, aplikasi edit foto dan sebagainya.

Namun terkadang kecanggihan teknologi  tidak bisa menjamin sebuah aplikasi jauh dari kata gangguan. Pada umumnya beberapa gangguan sering terjadi saat Anda menggunakan aplikasi, faktornya beragam bisa saja server yang down, aplikasi yang ngebug hingga adanya virus yang menyerang sebuah aplikasi yang ada di smartphone. Salah satu tanda, jika aplikasi mengalami gangguan adalah akses masuk yang tiba-tiba tidak bisa dibuka sehingga membuat pengguna susah masuk ke dalam aplikasi. 

Hal ini lumrah terjadi pada aplikasi bernama WhatsApp. Dimana aplikasi ini pernah mengalami lag dalam waktu yang lama yaitu sekitar dua jam. Tentunya ini membuat pengguna kesulitan mengaksesnya kembali. Gangguan jenis ini disebut virtex. Lantas, apa sebenarnya virtex itu? Apa saja jenis-jenisnya? Bagaimana cara menghindari? Dan Bagaimana cara mengatasinya? Berikut ini sudah kami jabarkan penjelasan lengkapnya untuk Anda!

Apa Itu Virtex?

Mengenal Apa Itu Virtex dan Cara Mengatasinya

Virtex atau virus text adalah kumpulan karakter yang berisi simbol-simbol dengan jumlah sangat banyak. Virtex disebut gangguan karena kumpulan simbol unik ini memiliki jumlah yang banyak ditambah lagi sangat sulit untuk dibaca. Kemunculannya pada Whatsapp biasanya disebabkan oleh pesan yang terus menerus disebarkan kepada banyak orang melalui satu aplikasi saja.

Sebenarnya bentuk serangan dari virus text atau virtex ini tidak sulit untuk dideteksi, hal ini cukup ditandai dengan adanya sebuah pesan singkat masuk pada WhatsApp yang isinya berbagai macam simbol atau karakter unik dalam jumlah yang panjang dan banyak. Dampak dari munculnya virus ini membuat aplikasi WhatsApp akan sulit untuk diakses bahkan sampai lag dengan waktu yang lama. Jika ini terjadi untuk pemulihannya pun sulit sehingga membutuhkan waktu beberapa saat.

Virus text ini bisa saja masuk dalam kategori berbahaya, jika serangannya juga berdampak pada aplikasi lain di perangkat smartphone. Sebaliknya jika hanya menyerang pada aplikasi WhatsApp saja maka tidak masuk dalam kategori berbahaya. Semua itu tergantung pula dari jenis virus text yang menyerang.

Jenis-Jenis Virtex

Mengenal Apa Itu Virtex dan Cara Mengatasinya

Sama seperti virus pada umumnya, virtex juga terdiri dari berbagai macam jenis maka untuk memastikan tindakan apa yang dilakukan jika diserang virus text, lihatlah tiga jenis dari virtex yaitu:

  • Virtex Easy

Diawali dengan jenis virus text yang paling ringan dampaknya yaitu virtex easy. Virus ini selain efeknya ringan juga tidak menimbulkan risiko yang besar terhadap aplikasi. Ini bisa ditandai dengan aplikasi yang hanya mengalami lag atau frozen sementara. 

  • Virtex Sedang

Kedua adalah virtex sedang. Dimana efek yang ditimbulkan oleh virus text ini  aplikasi WhatsApp yang tidak bisa beroperasi dengan baik. Misalnya ada sebuah pesan singkat masuk berisi kumpulan karakter unik yang jumlahnya mencapai 66.000 karakter. Inilah yang bisa menandakan bahwa serangan virus text yang aplikasi WhatsApp Anda alami termasuk dalam virus text sedang.

  • Virtex Ganas

Sesuai dengan namanya virus text satu ini memiliki sifat yang ganas dan masuk kedalam tingkat yang paling tinggi. Jika pada jenis virtex sedang memuat 66.000 karakter, maka pada jenis ini bisa lebih dari itu. Dampak dari virus jenis ini adalah bisa merusak sistem operasi dari sebuah smartphone. Bukan hanya itu saja resiko jika diserang oleh virtex ganas bisa menyebabkan smartphone berjalan lambat seperti memiliki beban berat yang pada akhirnya akan mengalami error. 

Cara Menghindari Virtex

Mengenal Apa Itu Virtex dan Cara Mengatasinya

Setelah berbagai macam jenis virus text penting untuk tau cara pencegahannya agar WhatsApp milik Anda terhindar dari serangan virus ini, simak selengkapnya dibawah ini:

  • Berhati-hati Memberikan Nomor WhatsApp

Cara pertama untuk menghindari virus text adalah jangan memberikan nomor WhatsApp pada sembarangan orang. Ini berlaku agar Anda selektif memilih antara orang yang memang Anda kenal akrab sehingga pantas mendapatkan nomor Anda atau malah sebaliknya. Selain menjaga privasi Anda juga berguna untuk menjaga agar nomor Anda tidak disalahgunakan sehingga tidak mengundang virus text masuk ke dalam WhatsApp milik Anda.

  • Hindari Pesan Dari Nomor Yang Tidak Dikenal

Selain tidak memberikan nomor WhatsApp pada sembarang orang selain orang yang Anda percaya. Selanjutnya adalah hindarilah pesan baik itu bentuknya personal ataupun broadcast dari nomor yang tidak Anda kenali. Bisa saja isi pesan berupa virus text yang memuat karakter-karakter unik. Jika pun Anda menerimanya jangan langsung membuka, akan lebih baik segeralah menghapusnya.

Akan tetapi, jika Anda ingin memastikan apakah itu virtex atau tidak. Gunakan fitur lihat pada jendela atas aplikasi atau widget yang ada pada smartphone Anda. Ini bisa membantu Anda melihat isi pesan tanpa harus membukanya.

Cara Mengatasi WhatsApp Yang Terkena Virtex

Mengenal Apa Itu Virtex dan Cara Mengatasinya

Lebih lanjut, apabila sudah berusaha untuk menghindari namun tetap terkena virtex. Tidak perlu khawatir ada beberapa cara mengatasinya berikut ini:

  • Hapuslah Pesan Yang Memuat Virtex

Segera menghapus pesan yang memuat virtex menjadi langkah pertama untuk mengatasinya. Akan tetapi pastikan untuk tidak membuka pesannya, langsung saja hapus pesannya dan blokir nomor pengirim virtex tersebut.

  • Paksa Berhenti Aplikasi WhatsApp Sementara

Saat Anda sudah terlanjur membuka pesan yang berisi virtex. Anda harus memaksa berhenti aplikasi WhatsApp dengan menggunakan fitur “Paksa Berhenti”. Setelah aplikasi WhatsApp memaksa berhenti Anda bisa kembali masuk ke aplikasi kemudian hapus pesan berisi virtex tersebut.

  • Hapus Data Pada Aplikasi WhatsApp

Semua aplikasi pasti memiliki data yang tersimpan. Sama halnya dengan WhatsApp. Dimana saat virus text menyerang aplikasi akan ngelag dalam kurun waktu yang lama. Untuk menahan perkembangan serangan virtex perlu untuk menghapus data pada WhatsApp terlebih dahulu. Anda bisa mencoba dengan mematikan smartphone atau merestart ulang.

  • Install Ulang Aplikasi

Terakhir, jika ketiga cara mengatasi diatas tidak berhasil maka hapuslah aplikasi WhatsApp. Namun sebelum itu pastikan untuk mencadangkan chat yang ada pada WhatsApp. Setelah menghapusnya pastikan untuk menginstall ulang aplikasi. Dengan cara ini secara otomatis WhatsApp lebih baru dan kinerja sistem operasinya juga akan kembali membaik dari yang sebelumnya.

Penutup

Nah, itulah penjelasan lengkap mengenai virus text atau virtex mulai dari pengertian,jenis-jenisnya, cara menghindari hingga cara mengatasinya. Memang bagi sebagian orang virus jenis ini tidak terlalu berbahaya, akan tetapi bukan tidak mungkin bisa menjadi bahaya jika sudah melumpuhkan sistem operasi dari smartphone Anda. Maka perlu untuk waspada akan serangan virus text ini. 

Meskipun cenderung terjadi pada WhatsApp bukan tidak mungkin bisa terjadi pada aplikasi lainnya. Penting untuk mengetahui bentuk virus text setelah itu memahami jenisnya baru selanjutnya paham untuk menghindari ataupun mengatasinya. Bagi Anda yang masih asing dengan istilah nama virus ini, cobalah pelajari lebih detail virtex dengan membaca artikel yang sudah kami sajikan diatas ya!

Tidak hanya smartphone, serangan siber juga bisa menyerang website Anda, lho. Karena itu, Anda butuh layanan hosting yang handal seperti Cloud Hosting dari IDCloudHost. Coba sekarang!

 

Related Post :

popup image