Mengenal Apa Itu VMWare dan Manfaatnya

Cloud Computing / 0 | | 1

Perkembangan teknologi dan informasi  membuat bisnis terus mengembangkan inovasi dan kreativitas dalam rangka menciptakan efisiensi. Salah satu media yang digunakan adalah virtualisasi yang dijadikan pembuatan versi virtual (bukan aktual) dari hardware komputer seperti sistem operasi, server, perangkat, penyimpanan, dan sumber daya jaringan. Selain dapat menghemat biaya perusahaan, virtualisasi dengan VMWare juga mampu menjaga privasi dan keamanan. 

Salah satu layanan teknologi yang mampu menyediakan virtualisasi adalah VMWare. Perusahaan pengembangan software ini memberikan berbagai layanan pengembangan aplikasi layanan produk cloud computing dan virtualization software. Dengan demikian, dalam artikel ini akan dijelaskan mengenai VMWare serta bagaimana teknologi yang satu ini membantu perkembangan bisnis Anda. Oleh karena itu, simaklah artikel berikut ini!

Pengertian VMWare 

Mengenal Apa Itu VMWare dan Manfaatnya

VMWare adalah mesin virtual (software virtual machine) yang berguna untuk menjalankan banyak sistem operasi (OS) dalam sebuah perangkat keras (hardware) seperti laptop atau komputer. Hal tersebut memungkinkan pengguna untuk membagi memori hardware sehingga pengguna seolah memiliki dua unit hardware dengan sistem operasi yang berbeda namun sebenarnya tergabung dalam satu hardware tunggal. 

Sebagai anak perusahaan dari Dell Technologies, VMWare adalah layanan virtualisasi yang berdiri pada 1998 di California, Amerika Serikat. EMC Corporation awalnya mengakuisisi anak perusahaan ini pada tahun 2004 dan EMC kemudian diakuisisi oleh Dell Technologies pada 2016. Mereka mendasarkan teknologi virtualisasinya pada hypervisor bare-metal ESX/ESXi dalam arsitektur x86.

Software VMWare untuk desktop komputer bisa dijalankan di Windows, Linux, dan MacOS. Sementara itu, software ESXi adalah sebuah hypervisor yang bisa dijalankan secara langsung di server tanpa memerlukan tambahan sistem operasi pendukung. 

Software untuk teknologi virtual machine ini sekarang umum digunakan untuk penyimpanan dan jaringan virtual, layanan manajemen cloud, pusat data pribadi, perangkat lunak desktop, dan sebagainya. Perusahaannya juga meluncurkan ESX Server dan GSX Server.

  • VMWare ESXi Server

VMware ESXi Server adalah adalah perangkat lunak tingkat organisasi yang dibangun untuk menyediakan fungsionalitas yang lebih baik daripada server virtualisasi yang bersifat freeware untuk mengurangi overhead sistem. Namun, konsol layanan di server ESX digantikan oleh instalasi BusyBox, yang membutuhkan ruang disk yang rendah.

  • VMWare ESX Server

Hal ini mirip dengan server ESXi dimana ESX digabungkan dengan VMware vCenter yang menghasilkan solusi tambahan untuk meningkatkan konsistensi dan pengelolaan implementasi server.

Selain itu, VMWare vSphere dan VMWare Server adalah bagian penting dari teknologi virtualisasi ini yang perlu Anda ketahui. Adapun penjelasannya adalah sebagai berikut:

  • VMWare Server

VMWare Server adalah software open-source (Freeware) yang dapat digunakan pada sistem operasi yang ada seperti Ubuntu, LINUX, atau Windows.

  • VMWare vSphere (bare-metal hypervisor)

VMWare vSphere adalah produk yang terkenal dan dikenal dengan baik oleh para penggunanya. VMWare vSphere adalah produk yang digunakan untuk membangun virtualisasi server. Adapun istilah vSphere merujuk kepada kesatuan produk-produk VMware yang digunakan dalam membangun virtualisasi server. 

Fungsi VMWare

VMWare merupakan mesin virtual yang dapat digunakan untuk menjalankan banyak sistem operasi dalam suatu perangkat keras. VMWare menawarkan produk virtualisasi yang menjadi produk unggulan yang ditawarkan. Dengan demikian, kegunaan utama produk-produk tersebut dalam keberlangsungan suatu bisnis adalah sebagai berikut:

  • Penggunaan energi dan ruang yang lebih efisien

VMWare memungkinkan pengguna untuk menjalankan lebih banyak aplikasi dengan menggunakan lebih sedikit server fisik sehingga lebih sedikit pusat data dan energi yang digunakan. 

  • Peningkatan laba atas investasi (ROI)

VMWare memungkinkan penggunanya untuk menggunakan lebih banyak sumber daya komputer fisik. Tentunya hal tersebut akan menciptakan lebih banyak efisiensi dalam operasional perusahaan sehingga memungkinkan peningkatan laba terhadap perusahaan. 

Manfaat VMWare

Mengenal Apa Itu VMWare dan Manfaatnya

Terdapat beberapa manfaat yang diberikan oleh VMWare, yakni sebagai berikut:

  • Keamanan berdasarkan zero trust model, bersamaan dengan keamanan yang lebih baik daripada sistem kontainer seperti Kubernetes.
  • Menyediakan aplikasi dan sumber daya yang lebih baik
  • Manajemen pusat daya yang disederhanakan
  • Peningkatan efisiensi dan ketangkasan sistem pusat data

Kekurangan VMWare

Setelah mengetahui manfaat VMWare di atas, maka berikut telah kami rangkum beberapa kekurangan VMware yakni sebagai berikut:

  • Biaya perizinan yang tinggi
  • Alternatif hypervisor Hyper-V dan Xen yang lebih baik
  • Kurangnya dukungan dan beberapa bug saat digunakan bersamaan dengan produk oracles
  • Masalah kompatibilitas perangkat keras karena tidak semuanya bekerja dengan baik dengan VMWare. 

Arsitektur Data Center Virtual 

Seluruh infrastruktur IT termasuk network, server, dan penyimpanan di virtualisasikan oleh VMWare vSphere. Sumber daya ini diakumulasikan dan disajikan dalam satu set seragam (elemen) di lingkungan virtual. Lebih lanjut, sumber daya TI dapat dikelola dengan VMware vSphere. Dengan demikian, dalam Arsitektur datacenter Virtual, vSphere digunakan untuk mengkonfigurasi, mengelola, dan melihat elemen kunci. Adapun elemen kunci dalam data center virtual terdiri dari beberapa hal berikut:

  • Virtual machines
  • Datastore bertindak sebagai sumber daya penyimpanan
  • Jaringan (Sumber daya jaringan)

Adapun Host, kumpulan sumber daya, dan cluster dianggap sebagai memori dan sumber daya komputasi dengan penjelasan sebagai berikut:

  • Host 

Presentasi virtual dari sumber daya memori dan perhitungan mesin fisik yang menjalankan ESX/ESXi disebut Host.

  • Hierarki kumpulan sumber daya (hierarchy of recourse pools)

Partisi (dinding pemisah) dari host dan cluster ke dalam sumber daya komputasi dan memori disebut hierarki kumpulan sumber daya.

  • Cluster

Ketika lebih dari dua physical machine terhubung bersama untuk mengelola dan bekerja sebagai satu kesatuan maka hal tersebut disebut cluster (kolaborasi sumber daya komputasi dan memori). Adapun mesin dapat dihapus atau ditambahkan dari cluster secara dinamis.

Mesin virtual terhubung satu sama lain melalui jaringan fisik di lingkungan virtual di luar pusat data virtual. Mesin virtual ditugaskan ke cluster, kumpulan sumber daya, atau host tertentu untuk membuat penyimpanan data.

Ketika mesin virtual dihidupkan, maka beban kerja meningkat, dan hal tersebut akan menghabiskan sumber daya secara dinamis. Adapun sumber daya akan kembali secara dinamis juga ketika beban kerja berkurang. Mesin virtual baru dapat dibuat dalam sepersekian detik, karena jauh lebih cepat dan lebih mudah daripada mesin fisik. Sistem operasi dan aplikasi yang sesuai harus diinstal untuk mengubah mesin virtual untuk menangani beban kerja.

Cara Kerja VMWare

Mengenal Apa Itu VMWare dan Manfaatnya

Pada dasarnya, VMWare bekerja dengan melakukan peniruan dan membuat versi virtual dari hardware komputer yang digunakan. Dengan demikian, sistem akan membuat versi virtual dari media penyimpanan, CPU, RAM, CD ROM, dan berbagai macam hardware lainnya. Adapun keseluruhan dari versi virtual tersebut akan membentuk suatu mesin virtual yang bisa digunakan.

Adapun software Hypervisor bertugas untuk mengatur lokasi sumber daya komputer fisik yang akan digunakan oleh komputer virtual. Adapun sistem operasi yang dipasang pada mesin virtual disebut dengan guest OS dan akan dijalankan di luar dari sistem operasi utama. Adapun OS utama disebut dengan host OS yang kinerjanya tidak dipengaruhi oleh apa yang terjadi pada guest OS. Dengan demikian, Anda bisa membuat lebih dari satu guest OS yang berbeda dalam sebuah komputer fisik saja.

Penutup 

Adopsi virtualisasi semakin dibutuhkan oleh para bisnis pada berbagai sektor khususnya yang berkaitan dengan VMWare. Lebih lanjut, VMWare juga dianggap memiliki masa depan yang cerah dengan banyaknya industri sekarang yang berencana untuk memvirtualisasikan jaringan mereka untuk mengurangi kelebihan beban fisik.

Sebagai industri cloud yang mendukung sumber daya virtualisasi di Indonesia, Anda dapat menggunakan produk  Bare Metal Server yang merupakan server pendukung aktivitas aplikasi dan website Anda dengan spesifikasi sumber daya server serta resource yang sangat tinggi. Maka dari itu, pahami cara penggunaan VMWare dengan menggunakan bare metal server yang memiliki space server yang memadai dan flexibel!

 

Related Post :

popup image