Apa Itu WebP? Pengertian, Kelebihan, dan Kekurangannya

Technology / 0 | | 1

Anda mungkin pernah mengunjungi sebuah website yang memerlukan waktu lama untuk loading. Salah satu alasannya bisa jadi adalah ukuran gambar yang terlalu besar. Agar website Anda tidak mengalami hal yang sama, WebP adalah format gambar yang bisa Anda gunakan. 

Seperti yang kita ketahui, kecepatan website sangat berpengaruh pada SEO maupun user experience. Website yang butuh waktu lama untuk diakses akan membuat pengunjung merasa kurang nyaman dan akhirnya beralih ke website lain. 

Ada banyak hal yang dapat mempengaruhi kecepatan website. Mulai dari sistem cache, tema, gambar, dan lain-lain. Dalam artikel ini, Anda akan mengenal format gambar WebP yang bisa Anda gunakan untuk konten-konten website. Simak penjelasan selengkapnya berikut ini. 

Baca Juga: Cara Merubah Format Gambar di cPanel

Apa Itu WebP?

webp adalah

WebP adalah format gambar yang dikembangkan oleh Google. Format gambar yang satu ini sudah ada sejak tahun 2010 dan cukup banyak digunakan hingga sekarang. Banyak pemilik website yang menyukai format gambar ini karena ukuran file-nya lebih kecil dibandingkan format yang lebih umum seperti JPEG dan PNG. Walaupun begitu, kualitas gambarnya tetap tidak menurun. 

Format gambar WebP banyak digunakan untuk konten-konten yang ada di website. Anda bisa mencobanya juga, terutama jika website tersebut memiliki banyak gambar. Misalnya, blog travelling, food, fashion, beauty, atau mungkin website portofolio untuk fotografer dan desainer. WebP membuat website Anda loading lebih cepat dengan gambar yang tetap jernih. Hal ini tentunya berpengaruh baik pada SEO dan user experience di website tersebut. 

Kelebihan Format Gambar WebP

kelebihan webp

Setelah mengetahui pengertiannya, Anda mungkin penasaran apa saja kelebihan format gambar WebP ini. Berikut penjelasan lengkapnya:

  1. Meningkatkan Performa Website

Gambar dengan format WebP biasanya lebih ringan dibandingkan JPG dan PNG. Ukuran file dari gambar atau foto ini lebih kecil, sehingga lebih ringan saat loading website. Karena itulah, menggunakan gambar berformat WebP mampu meningkatkan kecepatan website dan membuat performanya lebih baik lagi. 

  1. Mengoptimalkan SEO

Kecepatan website menjadi salah satu indikator yang dapat menunjang praktek SEO dari website Anda. Dengan menggunakan gambar berukuran kecil dan ringan, website menjadi lebih cepat, sehingga peringkatnya juga bisa meningkat di halaman hasil pencarian Google. 

Baca Juga: Ukuran Gambar Postingan Twitter Feed, Story, Ads yang Umum Digunakan

  1. Kualitas Gambar Terjaga

Walaupun berukuran lebih kecil, WebP tetap menawarkan kualitas gambar yang tinggi. Anda tidak perlu mengorbankan kualitas gambar untuk memperkecil ukuran file-nya, lho. Website Anda tetap bisa memajang gambar yang jernih, sekaligus meningkatkan kenyamanan para pengunjung website. Format gambar yang satu ini juga sangat fleksibel karena sudah mendukung gambar transparan dan animasi. 

  1. Hemat Bandwidth

Karena ukurannya lebih kecil, WebP bisa menghemat bandwidth dan website Anda bisa memuat lebih banyak konten. Bandwidth sendiri merupakan kecepatan transfer data dari server ke pengunjung dalam waktu tertentu. Penting bagi sebuah website untuk menghemat bandwidth, terutama bagi website yang banyak memuat konten berupa gambar. 

Kekurangan Format Gambar WebP

kekurangan webp

Setiap hal pasti memiliki kelebihan dan kekurangan, termasuk format gambar WebP. Kekurangan dari format ini berkaitan dengan browser yang mendukungnya. Saat ini, beberapa browser yang mendukung gambar dengan format ini adalah Chrome, Firefox, Opera, Android Browser, dan Edge. 

Jika pengunjung website Anda menggunakan browser lain yang tidak mendukung gambar berformat WebP, Anda bisa menyiasatinya dengan menggunakan plugin. Pada website yang dibangun menggunakan WordPress, terdapat beberapa plugin yang berfungsi untuk menyesuaikan format gambar sesuai dengan browser yang digunakan oleh pengunjung, seperti plugin ShortPixel. 

Baca Juga: Tips Meningkatkan Optimalisasi Gambar/Image SEO Bagi Ranking Website Tahun 2022

Plugin yang Bisa Anda Gunakan untuk Mengkompres Format Gambar WebP

Jika Anda adalah pengguna WordPress, ada banyak plugin yang bisa Anda gunakan untuk membuat gambar berformat WebP di website Anda. 

  1. ShortPixel

plugin webp

ShortPixel merupakan salah satu plugin optimasi gambar yang sangat populer di WordPress. Anda bisa menggunakan plugin ini untuk mengompres gambar ke format WebP. Sehingga, nantinya pengunjung website bisa menikmati kecepatan loading lebih baik karena gambar sudah dibuat lebih kecil dan ringan. 

Namun, ShortPixel juga bisa mengopres kembali gambar Anda ke format yang lebih umum seperti JPG dan PNG. Hal ini akan dilakukan jika pengunjung mengakses website melalui browser yang belum mendukung format WebP. 

ShortPixel adalah saah satu plugin yang memiliki banyak keunggulan seperti bisa mengkompres gambar dari berbagai format, serta tidak ada batas ukuran file maksimal dari foto yang Anda upload ke plugin ini. 

  1. Optimole

plugin webp

Rekomendasi plugin WordPress untuk gambar berformat WebP lainnya adalah Optimole. Plugin yang satu ini memiliki fungsi yang sama seperti ShortPixel. Namun, keunggulannya adalah ada fitur tambahan yang menyesuaikan resolusi gambar sesuai layar browser pengguna. 

Hal ini tentunya membuat website Anda jadi lebih mobile friendly. Selain itu, Anda jadi menghemat waktu karena tak perlu setting resolusi gambar secara manual lagi, semuanya akan dilakukan secara otomatis. 

  1. Imagify

plugin webp

Imagify adalah plugin WordPress yang tidak kalah populer dibandingkan ShortPixel. Plugin ini merupakan rancangan dari WP Rocket yang merupakan salah satu plugin caching paling terkenal di WordPress. 

Dengan menggunakan Imagify, Anda bisa mengkompress gambar ke format WebP seperti pada dua plugin lainnya. Namun, Imagify memiliki batasan tertentu dalam mengkompres gambar. Batasan ini akan disesuaikan dengan paket berlangganan yang Anda pilih. 

Baca Juga: 7+ Website Penyedia Gambar Gratis 2022

Penutup

Demikianlah penjelasan mengenai format gambar WebP. Mulai dari pengertian, kelebihan, kekurangan, hingga plugin apa saja yang bisa Anda gunakan untuk mengkompresnya di WordPress. Semoga artikel ini menambah wawasan Anda, ya. 

Selain besarnya ukuran file gambar, kecepatan website juga dipengaruhi oleh banyak hal. Salah satunya adalah layanan hosting atau cloud yang Anda gunakan. Untuk performa website maksimal, Anda bisa menggunakan Cloud VPS IDCloudHost yang handal, cepat, dan fleksibel!

Related Post :

popup image