Apa Itu Zero Day Attack: Penyebab dan Cara Menghindarinya

Web Security / 0 | | 1

Keamanan data belakangan ini menjadi hal yang penting untuk dijaga karena sangat rentan dengan penyadapan oleh oknum-oknum tertentu. Melihat dari banyaknya serangan siber yang terjadi seperti kebocoran data pelanggan, upaya pembobolan website dan lain sebagainya. Serangan ini memiliki beragam jenis tergantung lokasi penyerangannya dan dampak yang dihasilkan, salah satunya adalah Zero Day Attack.

Sebenarnya kasus seperti ini lumrah terjadi dalam dunia IT dan hal ini disebut sebagai serangan siber atau cyber attack. Sama seperti serangan siber lainnya, jenis serangan yang akan kita bahas kali ini juga berdampak pada gangguan dari penyimpanan data. Untuk mengetahui lebih dalam mengenai serangan siber jenis simak penjelasannya berikut ini!

Apa Itu Zero Day Attack?Apa Itu Zero Day Attack Penyebab dan Cara Menghindarinya

Zero Day Attack adalah sebuah serangan yang mengganggu celah keamanan pada sebuah website atau perangkat lunak. Lebih spesifik serangan ini memanfaatkan celah keamanan tanpa diketahui oleh pengembangnya.  Sesuai namanya Zero Day berarti waktu serangan yang dilakukan hanya memiliki waktu nol hari artinya hampir tidak memiliki waktu untuk mengatasinya jika serangan ini terjadi.

Celah atau bug pada sebuah aplikasi atau website yang baru saja dirilis tentu saja akan mengalami sedikit kekurangan kecil yang harus dipahami, ini menjadi tugas dari pengembang aplikasi untuk memperbaikinya.

Akan tetapi usaha untuk memperbaiki ini sering terganggu akibat serangan yang dilakukan oleh hacker. Mereka seolah tahu waktu yang pas saat pengembang ingin melakukan perbaikan, maka sebelum itu terjadi mereka melakukan eksploitasi terlebih dahulu pada website.

Bukan hanya itu saja, saat pengembang baru ingin mengetahui kekurangan dari sebuah aplikasi atau website yang dirilis. Hacker juga bisa mengeksploitasinya lewat celah keamanan dari perangkat lunak. Sehingga umumnya dampak yang ditimbulkan dari serangan ini adalah banyak data yang tidak bisa di enkripsi, adanya kemungkinan untuk algoritma menjadi rusak, password menjadi tidak kuat saat dimasukkan dan dampak lainnya.

Mengapa Zero Day Attack Bisa Terjadi?

Sebenarnya pada perangkat lunak pasti memiliki sistem keamanan yang berguna untuk menjaga data-data yang termuat di dalamnya. Akan tetapi, terkadang ada celah kecil yang tidak teratasi dengan baik sehingga menimbulkan potensi untuk serangan siber seperti zero day attack. 

Hal ini semakin membuat hacker memiliki kesempatan untuk meretas karena pengembang atau developer kurang menyadari akan adanya celah tersebut. Ditambah lagi belum ada tindakan berupa patch untuk memperbaiki kekurangan. Inilah yang menjadi penyebab utama dari serangan siber yang satu ini.

Istilah Dalam Zero Day 

Apa Itu Zero Day Attack Penyebab dan Cara Menghindarinya

Pada jenis serangan siber ini,kenali beberapa istilah yang ada guna membedakan tipe penyerangan yang terjadi antara lain:

  • Zero Day Vulnerability, istilah pertama ini adalah zero day vulnerability. Dimana serangan ini menyerang titik kelemahan dalam sebuah perangkat lunak. Peretas atau hacker melakukan penyerangan ini atas dasar ketidaktahuan dari pengembang akan bug yang ada pada software. Penyerangan ini juga dinilai sering berpeluang sukses karena pengembang tidak bisa mengatasinya.
  • Zero Day Exploit, jika istilah sebelumnya mengacu pada penyerangan karena pengembang tidak mengetahui celah yang ada. Maka pada istilah ini zero day exploit terjadi karena hacker melakukan penyerangan ke perangkat lunak, tanpa mengetahui kelemahan dari perangkat lunak itu sendiri. Disini peretas akan bekerja dengan membobol segala aspek-aspek penting yang ada pada software.
  • Zero Day Attack, terakhir istilah pada zero adalah zero day attack. Yang mana hacker melakukan peretasan pada perangkat lunak karena adanya kelemahan tetapi pengembang belum menyadari akan kelemahan software itu.

Cara Kerja Zero Day Attack

Zero day attack termasuk salah satu serangan siber yang berbahaya. Karena biasanya hacker sangat cepat bekerja untuk meretas bahkan bisa saja dalam hitungan detik, lebih cepat ketimbang pengembang. Maksudnya adalah saat aplikasi atau website memiliki sebuah kekurangan maka seharusnya developer atau pengembang sudah mengatasi hal tersebut dengan patch yang tujuannya untuk mengatasi kekurangan tersebut. Jika pengembang tidak menyadari hal tersebut, maka hacker bekerja untuk meretasnya dengan kode-kode tertentu. 

Kode tersebut didapat oleh hacker dari dark web dan penggunaan kodenya digunakan secara tidak bertanggung jawab yaitu untuk mencuri data. Selain itu teknik peretas yang digunakan adalah phishing atau social engineering yang mengundang pemilik dari website atau software mengakses file berisi malware. Jika berhasil maka terjadilah serangan siber yang mengincar software. Memulihkannya juga membutuhkan waktu yang lama dan cenderung tidak bisa ditentukan.

Cara Mengatasi Zero Day Attack

cara kerja zero day attack

Jika zero day attack menyerang software milik anda berikut ini beberapa cara mengatasinya yaitu:

  • Gunakan Web Application Firewall (WAF)

Pertama adalah gunakan WAF dimana web ini dapat melindungi dari berbagai jenis serangan cyber selama 24 jam tanpa henti. Hal ini disebabkan karena semua jalannya lalu lintas akan diperiksa oleh WAF apabila ditemukan lalu lintas yang mencurigakan biasanya WAF akan menolak aksesnya. Untuk mencegah terjadinya zero day attack maka WAF menjadi pilihan yang tepat.

  • Rutin Perbaharui Software dan OS

Selanjutnya adalah rutin memperbaharui software atau perangkat lunak dan sistem operasinya. Ini perlu untuk digunakan agar tingkat keamanan dari perangkat kinerjanya terus meningkat. Maka dari itu dengan memperbaharui software dan sistem operasi membuat zero day attack bisa dicegah dengan baik.

  • Gunakan Antivirus

Selain menggunakan WAF antivirus juga bisa digunakan untuk mencegah terjadinya zero day attack. Antivirus menjadi bagian dari sistem keamanan yang berfungsi sebagai benteng pertahanan pada perangkat. Apalagi untuk penanganan dari serangan siber biasanya antivirus akan langsung menangani perangkat Anda sebelum ada potensi berbahaya yang menyerang software.

  • Pasanglah Aplikasi Sesuai Kebutuhan

Aplikasi membantu untuk menjalankan OS secara maksimal. Selain itu juga terkadang ada beberapa aplikasi yang diunduh akan tetapi jarang digunakan. Hal ini tentu menyebabkan ruang penyimpanan terpakai dengan cukup banyak. Dampaknya juga bisa menyebabkan serangan zero day attack karena banyaknya aplikasi juga dapat memicu risiko keamanan data semakin menipis.

  • Lakukan Penetration Testing

Penetration testing adalah tes yang dilakukan untuk mencari apa saja kelemahan yang terdapat pada website ataupun sistem jaringan. Hal ini dilakukan agar kesalahan atau bug kecil yang terjadi dapat segera diatasi oleh pengembang guna mencegah terjadinya zero day attack.

  • Hindari Akses Situs Yang Tidak Aman

Situs yang tidak aman biasanya akan sering ditemui saat akan mengakses website ataupun perangkat lunak. Hal ini bisa ditandai dengan tidak adanya sertifikat SSL. Selain itu juga perhatikan logo gembok yang ada pada sudut kiri diatas kolom URL untuk lebih memastikannya.

Contoh Zero Day Attack 

contoh zero day attack

Setelah memahami apa itu Zero Day Attack dan cara kerjanya, Anda mungkin penasaran serangan apa saja yang pernah terjadi berkaitan dengan hal ini. Berikut adalah beberapa contoh zero day attack yang pernah terjadi pada beberapa perusahaan teknologi kelas dunia.

  • Google Chrome

Pada 2021 lalu, website milik google ini mengalami penyerangan zero day attack yang mana menyebabkan websitenya bug pada mesin javascript 8 untuk sementara waktu. Akhirnya mengatasi permasalahan mereka harus melakukan beberapa pembaharuan.

  • Zoom

Selanjutnya ada aplikasi zoom yang juga pernah mengalami zero day attack di tahun 2020 lalu. Serangan ini menyerang pengguna zoom yang saat itu masih menggunakan aplikasi zoom dalam versi lama. Sehingga membuat hacker bisa meretas data miliknya secara jarak jauh.

  • Apple iOS

Kemudian ada Apple iOS yang juga mengalami zero day tahun 2020 lalu. Masih sama seperti kasus Zoom yang menyerang penggunanya. Maka pada apple iOS pun sama dimana hacker menyerang dari jarak jauh sehingga menyebabkan bug karena hacker berhasil mengakses smartphone pengguna Apple iOS.

Penutup

Zero day attack merupakan bentuk dari serangan siber yang dampaknya berbahaya bukan hanya bagi perangkat tetapi juga bagi pengguna dan pengembang. Maka untuk menghindarinya kenali terlebih dahulu apa itu serangannya kemudian pelajari istilahnya. 

Perlu untuk selalu waspada terhadap ancaman dan serangan siber dalam bentuk apapun. Hindarilah beberapa penyebab dari zero day attack dan cegah penyerangan dengan beberapa cara yang sudah kami jabarkan diatas ya!

Serangan siber juga bisa mengincar website Anda. Hal ini tentu berbahaya karena bisa mengancam keamanan data yang ada di dalamnya, serta membuat website tak bisa diakses lagi. Karena itu, pastikan untuk menggunakan layanan hosting atau cloud yang handal untuk website Anda, seperti Cloud VPS IDCloudHost yang didukung dengan clean pipe technology untuk memastikan keamanan website Anda!

Related Post :

popup image