Aplikasi Untuk Membuat CV dan Porfolio dengan Cepat dan Mudah

Serba Serbi, Tips & Tricks / 0 | | 0

Melamar sebuah pekerjaan bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan. Banyak cara dan persyaratan yang harus Anda lakukan agar mendapatkan sebuah pekerjaan. Orang yang ingin melamar kerja tentunya sudah menyiapkan cara-cara terbaik dan menyiapkan jawaban terbaik jika ditanya oleh HRD atau orang yang merekrut pegawai baru. Salah satu yang selalu menjadi syarat utama dalam mencari kerja adalah CV dan portofolio. Para pencari kerja akan berlomba-lomba untuk membuat CV dan portofolio sebaik mungkin dari hal desain, keterangan dan lain-lain.

Membuat CV dan portofolio yang baik tentu dapat dikatakan hal yang tidak gampang. Selain harus memikirkan desain yang baik, Anda juga harus menuliskan isi secara singkat namun tetap dapat dimengerti oleh HRD. Itu bukan merupakan hal yang mudah, oleh karena itu kini sudah ada aplikasi untuk membuat CV dan portofolio. Secara singkatnya adalah Anda hanya diminta untuk memilih desain template sesuka hati lalu tinggal mengganti isi serta menyertakan foto pribadi pada template cv tersebut. Setelah selesai Anda dapat mendownloadnya.

Terdapat banyak aplikasi dan website untuk pembuatan CV dan portofolio ini. Mungkin belum banyak yang tahu aplikasi apa saja yang baik untuk digunakan serta hasil yang memuaskan. Semakin bagus dan menarik CV yang Anda buat maka kemungkinan Anda diterima akan semakin besar. Maka dari itu berikut ini terdapat rekomendasi aplikasi pembuat CV dan portofolio.

Pengertian CV dan Portofolio

Aplikasi Untuk Membuat CV dan Porfolio dengan Cepat dan Mudah
 

Curriculum Vitae atau CV merupakan sebuah dokumen yang memberikan gambaran mengenai pengalaman kerja secara singkat, sekaligus menjelaskan mengenai daftar riwayat hidup yang umumnya digunakan untuk bahan referensi dalam melamar atau mencari pekerjaan. Curriculum vitae berisikan histori atau sejarah seseorang yang tidak diketahui orang lain, dari mulai pendidikan awal hingga perjalanan karier. Keberadaan curriculum vitae sangat krusial dimana kesan pertama perusahaan mengenai kandidat pelamar akan terlihat dari data-data didalam curriculum vitae.

cara umum, portofolio diartikan sebagai kumpulan dokumen dari seseorang, kelompok, lembaga, organisasi, perusahaan, dan sejenisnya yang bertujuan untuk mendokumentasikan perkembangan suatu proses dalam mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Namun istilah ini berbeda dari satu bidang ke bidang lainnya. Misalkan saja pada bidang seni, portofolio diartikan sebagai kumpulan hasil karya terbaik dari seorang seniman yang sengaja diadakan untuk keperluan pameran, sedangkan dalam dunia pendidikan, portofolio adalah kumpulan hasil karya seorang siswa sebagai hasil pelaksanaan tugas kinerja yang ditentukan guru atau oleh siswa bersama guru. Intinya, portofolio memiliki arti yang berbeda tapi hampir sama di setiap bidang yakni sebagai dokumentasi pencapaian seseorang.

Seperti yang sudah disebutkan bahwa portofolio merupakan kumpulan dokumen dari seseorang, kelompok, organisasi dan banyak lagi yang menunjukkan tentang pencapaian seseorang atau lembaga bersangkutan. Sedangkan fungsi portofolio ini sama halnya dengan lamaran kerja, yakni sebagai sumber acuan dan untuk melihat pencapaian-pencapaian yang telah diraih oleh orang bersangkutan. Oleh sebab itu, portofolio umumnya dilampirkan agar pihak pembaca dapat menilai baik atau tidaknya dalam hal capaian yang telah dilakukan, serta pun juga untuk mengetahui besaran kemampuan kapasitas dari orang tersebut.

Baca Juga : Daftar Situs Nonton Bola Basket NBA Gratis Terbaik & Cepat 

Hal yang Harus Diperhatikan Dalam CV

Membuat CV haruslah baik agar dapat diterima oleh HRD. Anda harus mengerti isi yang harus ada dalam CV tersebut. Setidaknya isilah CV Anda dengan hal-hal yang paling penting terlebih dahulu, setelah itu Anda dapat menambahkan keterangan lain. Untuk Anda yang ingin mengetahui hal apa saja yang harus diperhatikan dalam pembuatan CV, di bawah ini terdapat penjelasannya.

 

  • Data Pribadi

    Mulailah dengan memasukkan informasi seperti nama lengkap, tempat dan tanggal lahir, alamat, nomor telepon dan alamat email. Anda juga bisa memasukkan penjelasan mengenai bidang pekerjaan yang Anda kuasai atau minati.

  • Pengalaman Kerja

    Beri keterangan tentang apa saja posisi yang pernah Anda tempati dengan masing-masing job description secara singkat. Selain pekerjaan resmi, Anda juga bisa memasukkan informasi mengenai pengalaman magang atau bahkan relawan dalam kegiatan tertentu.

  • Riwayat Pendidikan

    Sedikit berbeda dengan resume yang fokus pada informasi pengalaman pekerjaan saja, dokumen ini juga harus berisikan informasi detail tentang sejarah pendidikan Anda. Misalnya sekolah dan Universitas tempat Anda mengenyam pendidikan, serta gelar yang berhasil Anda dapat.

  • Keahlian

    Ini sangat penting untuk dicantumkan dalam CV. Hal tersebut karena jika Anda memiliki keahlian yang banyak maka perusahaan akan menerima Anda bekerja. Lain halnya jika Anda tidak melampirkan keahlian yang dimiliki, maka HRD akan ragu untuk menerima Anda karena dianggap belum memiliki keahlian yang mumpuni. Cantumkan keahlian yang benar-benar mampu Anda kerjakan, jangan pernah untuk melebih-lebih kan hal yang tidak sesuai dengan Anda pada CV.

Baca Juga : Mengapa Menggunakan Server VPS Indonesia untuk Perusahaan 

 

Jenis Curriculum Vitae

Aplikasi Untuk Membuat CV dan Porfolio dengan Cepat dan Mudah
 

Selama ini pasti Anda berpikir bahwa CV hanya satu jenis, tetapi hal tersebut salah karena CV memiliki dua jenis yaitu CV berdasarkan ketentuan, CV berdasarkan tujuan. Keduanya memiliki perbedaan, untuk mengetahui lebih lanjut mengenai dua jenis CV tersebut simaklah penjelasan dibawah ini

 

  • Curriculum Vitae Berdasarkan Ketentuan

    Curriculum vitae berdasarkan ketentuan akan ditentukan oleh perusahaan, lembaga, instansi atau badan yang akan merekrut karyawan. Curriculum vitae berdasarkan ketentuan digunakan dalam setiap lamaran pekerjaan baik Pegawai Negeri Sipil (PNS), militer, Badan Usaha Milik Negara (BUMN) atau perusahaan-perusahaan yang sudah membakukan curriculum vitae sendiri yang berbentuk form atau blangko. Curriculum vitae berdasarkan ketentuan umumnya diisi oleh pelamar yang akan diberikan oleh pihak perusahaan baik melalui pos, email maupun saat Anda berada di perusahaan. Curriculum vitae berdasarkan bentuk biasanya akan diarsipkan untuk pelamar kerja, baik yang diterima maupun tidak diterima.

  • Curriculum Vitae Berdasarkan Tujuan

    Curriculum vitae berdasarkan tujuan dibuat khusus untuk perusahaan yang dituju atau bidang pekerjaan yang difokuskan. Oleh sebab itu, segala hal yang tidak berhubungan dengan tujuan, tidak perlu dituliskan dalam curriculum vitae ini. Selain itu, dalam menulis curriculum vitae berdasarkan tujuan harus memiliki tujuan yang jelas dan informasi yang cukup mengenai tujuan tersebut.

Rekomendasi Aplikasi Pembuat CV

 

Sekarang Anda tidak perlu bersusah payah mendesain serta mengerjakan CV melalui ms.word. Kegiatan tersebut akan membutuhkan waktu yang lama dan jika Anda belum terbiasa maka hasilnya juga tidak akan membuat Anda puas. Maka dari itu hadirlah aplikasi yang dapat membantu Anda dalam membuat CV yaitu :

 

  • Canva

    Aplikasi pembuat CV ini sudah begitu populer dan banyak digunakan orang untuk membuat CV. Selain bisa diakses lewat komputer, Canva juga bisa Anda unduh secara gratis lewat Play Store atau App Store. Ada banyak pilihan desain yang menarik dan bagus untuk Anda aplikasikan pada lamaranmu. Selain desain CV, Canva juga menyediakan berbagai template untuk keperluan presentasi, desain poster, sampai kartu undangan. Aplikasi Canva juga mudah untuk digunakan dan dikustomisasi. Berbagai desain yang sederhana sampai berwarna bisa Anda gunakan untuk mempercantik tampilan CV.

  • CV Maker by Aristoz

    Aplikasi ini adalah daftar pertama dalam 10 aplikasi untuk membuat CV terbaik di Android. Saat tulisan ini dibuat, CV Maker by Aristoz ini sudah diunduh lebih dari satu juta kali dengan rating yang cukup baik, yaitu 4,5. Aplikasi pembuat CV sekaligus resume ini cukup mudah digunakan dan menawarkan 50 template original. Tipe CV yang tersedia juga bisa untuk berbagai pekerjaan. Dengan begitu, Anda dapat membuat CV yang terlihat profesional dan terorganisir yang menunjukan riwayat hidupmu seperti pengalaman kerja, pendidikan, prestasi, dan lain-lain. Aplikasi pembuat CV ini menawarkan beberapa fitur seperti pengisian data diri yang mudah, template premium yang seutuhnya gratis, 45 template CV yang unik dengan berbagai pilihan warna, serta template untuk membuat cover letter CV Anda.

  • Resume Builder CV Maker By visualCV

    Telah di-download oleh lebih dari 100 ribu pengguna, Resume Builder & CV Maker jadi rekomendasi aplikasi membuat CV yang pertama dari Jaka. Aplikasi yang dikembangkan oleh developer Workstory Inc. ini bisa membuat CV Anda terlihat profesional hanya dalam hitungan menit. Bagi Anda yang sudah memiliki akun LinkedIn, Anda juga bisa langsung import profil LinkedIn Anda ke aplikasi ini dan mengubahnya menjadi file CV dalam format PDF. Selain itu, Anda juga bisa memilih beragam template CV maupun portofolio.

  • Resume & CV Creator by Designer

    Aplikasi ini memang belum banyak didownload hanya mencapai 10 ribuan pemakai namun rating aplikasinya lumayan bagus yaitu 4.8. Dari angka rating tersebut sudah bisa membuktikan jika aplikasi ini telah banyak diakui kualitasnya oleh para pemakainya. Lewat bantuan aplikasi ini kalian bisa memproduksi CV dan sekaligus resume memakai ribuan desain serta elemen pendukung lainnya. Aplikasi keren ini memberikan kalian keleluasaan untuk editing CV tanpa ada batasnya. Selain itu ada pula gambar, warna, art, latar serta tekstur yang jumlahnya lumayan banyak sehingga kalian punya bahan yang berlimpah untuk membuat CV yang kreatif dan menarik.

Baca Juga : Cara Top up Saldo OVO, GO-PAY, dan DANA dengan Mudah dan Cepat

Kesimpulan dan Penutup

Dari banyaknya template CV yang terdapat dalam aplikasi tersebut, Anda mungkin bingung akan memakai template yang mana. Anda harus mengetahui hal apa saja yang harus diperhatikan dalam memilihnya. Dalam mengisi template CV tersebut Anda juga harus memperhatikan setiap aspek yang ada. Untuk font, gunakan font yang standar layaknya karya ilmiah agar tulisan Anda mudah dibaca oleh perekrut. Misalkan font Arial, Times New Roman atau Helvetica dengan ukuran font 11 hingga 12. Hindari penggunaan warna mencolok dalam pembuatan curriculum vitae. Tetap berpegang pada format penulisan karya ilmiah dengan warna font hitam.

Spasi atau jarak penulisan cukup penting bagi curriculum vitae. Hal ini karena spasi mempengaruhi perekrut dalam membaca curriculum vitae Anda. Pastikan agar tulisan dalam curriculum vitae Anda tidak terkesan penuh, sehingga informasi penting tak terlewat. Typo atau salah ketik memang suatu hal yang umum, namun jangan sampai ini terjadi pada curriculum Anda, karena akan berdampak besar pada diterima atau tidaknya Anda dalam perusahaan. Perusahaan akan menilai bahwa Anda tidak teliti dalam bekerja, jika perekrut menemukan typo dalam curriculum vitae.

Related Post :