Awas, Akun WhatsApp Anda Terkena Hack Lewat GIF

News & Release, Serba Serbi / 0 | | 0

Tahukah anda,  Ketika whatsapp anda masih menggunakan versi lama, maka whatsapp anda rentan terkena hack? Nah, Bagi kamu yang masih menggunakan Whatsapp perlu di ingatkan lagi bahwa anda harus segera mengapdate whatsapp anda dengan versi terbaru.

Bahkan, Beberapa penelitian menjelaskan  bahwa keamanan pada whatsapp terdapat beberapa celah yang dapat memungkinkan hacker dapat mengakses file dan pesan pengguna melalui GIF.

Baca Juga : Cara Agar Membuat Website Anda Lebih Aman

Dikutip dari laman The Next Web, Senin (7/10/2019) menyatakan bahwa kabarnya celah ini berasal dari bug ‘double free’ di WhatsApp. Kerentanan ini mengacu pada anomali korupsi memori yang dapat menyebabkan crash suatu aplikasi, atau bahkan lebih buruk.

Salah satu cara yang digunakan oleh hacker yaitu dengan melakukan serangan melalui GIF berbahaya sehingga tinggal menunggu pengguna membuka galeri pada WhatsApp. Serangan ini dapat mempengaruhi beberapa perangkat Android, terutama versi Android 8.1 dan Android 9.0 dan tidak berlaku pada versi android dibawahnya.

Di versi Android yang lebih lama, Hal ini dapat terjadi double-free yang  masih bisa dipicu. Namun, aplikasi hanya akan crash, dan tidak bisa mengendalikan PC register,” menurut Awakened.

Untuk kasus ini, Tim keamanan yang meneliti GIF pada whatsapp sudah menghubungi pihak Facebook terkait hal ini. Perusahaan pun menyebut telah memperbaiki celah tersebut.

Baca Juga : Panduan Cara Aktivasi Certificate SSL Lets Encrypt

Peneliti keamanan Awakened mengimbau pengguna WhatsApp untuk segera memperbarui aplikasi ke versi terbaru untuk mencegah lebih banyak korban yang terkena dampak dari serangan ini.

“Facebook sudah mengetahui dan memperbaiki dengan WhatsApp versi 2.19.244,” kata peneliti keamanan Awakened.

Related Post :

popup image