Bagaimana Cara Memaksimalkan Teamwork

Serba Serbi, Tips & Tricks / 0 | | 0

Dalam membangun suatu bisnis, tentunya membutuhkan tim. Banyak dari para pengusaha memiliki potensi tim yang baik, akan tetapi tidak semua dapat memaksimalkan potensi yang dimiliki. Untuk cara memaksimalkan teamwork membutuhkan beberapa pendekatan, seperti:

Mengetahui sifat, karakter, kepribadian satu sama lain

Dalam membangun kinerja yang baik, dibutuhkan kerja sama yang baik dan hubungan yang dekat satu sama lain. Seseorang tidak akan dapat bekerja sama dengan baik jika tidak saling mengenal satu sama lain. Salah satu cara untuk saling mengenal satu sama lain yaitu menghabiskan waktu istirahat kantor dengan makan bersama dan dapat juga merayakan ulang tahun.

Komunikasi

Kesalahan dalam berkomunikasi dapat menyebabkan masalah yang cukup besar. Sering terjadi kesalahan dalam komunikasi yang mengakibatkan kesalahan dalam mengembangkan dan menyampaikan produk ke konsumen. Bangun komunikasi yang penting antar tim.

Bersama-sama merayakan kemenangan dan belajar dari kegagalan

Sebuah tim di bangun oleh beberapa individu yang memiliki emosi. Hal ini dapat digunakan untuk membangun hubungan yang baik, seperti memuji dan memberikan reward atas suat pencapaian. Hal ini dapat meningkatkan motivasi dalam tim. Yang mana motivasi dapat meningkatkan produktifitas. Selain keberhasilan, kesalahan dalam bekerja tentunya dapat saja terjadi. Kesalahan yang terjadi sebaiknya dibicarakan dicarikan solusinya. Buat suatu permasalahan menjadi suatu pembelajaran yang berharga. Permasalahan tersebut dapat menjadi cacatan penting untuk bahan evaluasi.

Ciptakan kondisi kerja yang baik, yang akan memotivasi karyawan untuk terus bergerak 

Seperti yang kita ketahui, setiap orang memiliki cara dan motivasi yang berbeda dalam bekerja. Sebagai pemimpin, pastikan Anda mengetahui motivasi dari setiap karyawan. Sebagai contoh, seorang karyawan yang memiliki ketertarikan dalam hal yang berhubungan dengan konsumen, maka berikan jabatan di bagian customer care. Jika karyawan tertarik di bidang proses data dan analisis pasar, berikan jabatan dibidang data. Jadi, temukanlah jabatan yang tepat untuk setiap delegasi yang ada untuk menunjang produktivitas mereka.

Mengkomunikasikan misi ke semua anggota tim

Kerja tim merupakan suatu potret yang mana suatu pekerjaan dilakukan bersama-sama. Semua anggota tim perlu mengetahui dan mengakui misi dan tujuan bersama. Saat itulah, semua orang akan bekerja sama dengan baik, menuju tujuan yang sama.

Setia kepada tim dan komitmen akan misi yang telah di bangun

Sebagai seorang pemimpin, berikan contoh yang baik yaitu setia dan komitmen akan misi yang telah dibuat. Bangun hubungan tersebut dengan tim, tunjukan bahwa perusahaan tidak akan menjadi apa-apa kalau bukan karena anggota timnya, dan berikan motivasi yang kuat untuk mencapai misi tersebut. Untuk membangun hubungan tersebut, berikan kepedulian terhadap mereka, sehingga mereka akan senang dengan cara kepemimpinanmu yang akan menciptakan kesetiaan pada perusahaan dan misi.

Hindari persaingan dan perbandingan

Dalam sebuah tim, persaingan dan perbandingan merupakan suatu hal umum yang sering terjadi. Hal ini sering terjadi pada perusahaan yang sudah besar, yang mana pekerjaan yang sama dikerjakan oleh beberapa orang.  Persaingan sehat merupakan suatu hal yang baik. Namun hal itu dapat berdampak pada perbandingan kinerja. Sebagai seorang pemimpin,  menghindari membandingkan satu orang dengan orang lainnya perlu dilakukan yang berguna untuk menghindari kecemburuan sosial.

Related Post :