Pemahaman dan Pengertian Keyword

Business, Search Engine Optimization / 0 | | 0

Pengertian Keyword – Tanyakan kepada diri Anda kapan terakhir kali sebuah hal tercetus dalam kepala dan Anda menggunakan Google untuk mencari sesuatu yang diinginkan tentunya dengan menggunakan kata kunci (Keyword). Sesungguhnya yang terjadi oleh Google  mengubah suara menjadi teks, sebuah perintah itu akan secara otomatis dialihkan  menjadi sebuah pencarian tekstual.

Secara kodrat, memang hanya itulah satu-satunya bentuk yang mampu dioleh oleh mesin pencari Google dari dulu hingga saat ini teks-teks yang biasanya kita sebut dengan keyword. Maka pada SEO, semuanya bermula dari keyword.

Namun berbicara tentang keyword, kita tak bisa luput dari sebuah terminologi yang menggambarkan bagaimana ia di ketikkan oleh pengguna ke dalam kotak pencarian , dikenali dengan istilah “search query” atau “search term”.

Mayoritas pengguna awam hanya tahu bahwa dengan memasukkan kata atau kalimat yang inngin dicari di Google dengan gaya dan bahasa masing-masing maka mereka dapat berharap segera menemukan jawabannya. Sebagai marketer dan pelaku SEO, kitalah yang akan berurusan dengan keywords. Dan demi memahami karakteristik pada tataran akar rumput psikologis pengguna yang notabane adalah target market sebenarnya. Kita harus mengerti bagaimana Search Queries digunakan.

Search Queries

Dilansir dari laman wikipedia, setidaknya ada 3 jenis web search query yang penting untuk diketahui

  • Informational queries – Pencarian untuk sesuatu yang berhubungan dengan kebutuhan informasi secaraluas pada topik apa saja. Contohnya adalah “Ibukota Jamaika”, “tanggal lahir presiden Sukarno”, “Kumpulan pantun”dsb

 

  • Transactional queries – Pencarian untuk sesuatu yang berhubungan dengan kebutuhan transaksional seperti berbelanja  atau mengunduh sesuatu. Selain mengikut sertakan kata-kata umum yang berkaitan dengan transaksi seperti “jual”, “beli”, atau “murah”, seringkali pengguna juga memasukkan merek dan brand yang dicari. Beberapa contoh dari queries ini adlah “mesin cuci terbaik” , “hosting murah” , “Iphone review”, dan lain sebagainya. Secara spesifik, Transactional queries yang berkorelasi dengan akticitas komersil menyimpan daftar  pencarian-pencarian terbaik yang berisikan salah satu tipe kata kunci yang paling diinginkan untuk dirangking oleh pemain SEO : buying keywords.

 

  • Navigational queries – Pencarian untuk sesuatu yang ingin dituju oleh pengguna secara langsung. Jenis query ini hanya akan memanfaatkan Google sebagai jalan masuk dengan beragam motif alami, diantaranya: malas mengetikkan langsung alamat url di browser, tidak (atau malas) menghafal alamat url yang ingin dituju untuk ingin menemukan halaman tertentu dari sebuah website yang sudah diketahui. Pada navigational queries, pengguna biasanya memasukkan nama atau merek tertentu secara langsung di kotak pencarian Google, misalnya “youtube” untuk mengakses Youtube.com atau Garuda Indonesia untuk masuk ke situs resmi maskapai ini  di Garuda-Indonesia.com. Dengan watak tersebut, terlihat jelas jika navigational queries bukanlah sesuatu yang memberikan banyak kesempatan bagi pemain SEO sehingga apabila website yang kita bangun hanya berfokus pada konten tanpa memiliki misi branding untuk mencetuskan tren dan volume pencarian, ada baiknya kita melupakan  navigational queries.

Itulah sedikt pembahasan mengenai Pemahaman dan Pengertian Keyword semoga bermanfaat 🙂

 

Related Post :

popup image