Bagaimana Menentukan Tujuan Karir untuk Masa Depan Kamu (Profesional atau Wirausaha)

Serba Serbi, Startup & Bisnis / 0 | | 0

Karir menjadi sesuatu yang penting pada hidup seseorang. Memiliki karir yang cemerlang akan menunjukkan bahwa seseorang tersebut sukses. Sukses dalam karir identik dengan kesejahteraan. Hal tersebut dapat diraih oleh seseorang yang bersungguh-sungguh dalam menjalani karirnya. Semua proses harus dijalani agar mendapatkan hasil yang baik.

Namun kenyataan pada saat ini masih banyak orang yang bingung untuk memulai karir. Banyak alasan mengenai hal itu diantaranya adalah pekerjaan yang dilakukan tidak sesuai dengan keinginan yang menjadikan seseorang tersebut kurang bisa memaksimalkan kinerjanya. Untuk menghindari hal tersebut sebaiknya tentukan dulu dengan matang karir seperti apa yang diinginkan di masa depan.

Untuk yang masih baru memulai memasuki dunia kerja sebaiknya tata terlebih dahulu keinginan Anda agar tidak salah langkah. Di era sekarang terdapat banyak pilihan karir yang bisa dipilih sesuai dengan kemampuan dan keinginan Anda seperti wirausaha atau pun tenaga ahli profesional. Nah bagaimana menentukan hal itu, dibawah ini terdapat solusi yang bisa dijadikan sebagai pijakan awal menentukan tujuan karir untuk masa depan.

 

Pengertian Apa Itu Karir

Bagaimana Menentukan Tujuan Karir untuk Masa Depan Kamu (Profesional atau Wirausaha)
 

Karir adalah suatu rangkaian perilaku dan sikap yang berhubungan dengan pengalaman maupun aktivitas kerja selama rentang waktu pada kehidupan seorang individu serta merupakan rangkaian aktivitas kerja berkelanjutan. Arti lain dari karir adalah kondisi yang dapat menunjukan adanya peningkatan status kepegawaian seorang individu dalam organisasi sesuai dengan pekerjaan yang sudah ditentukan oleh organisasi tersebut.

Istilah karir ini sering digunakan oleh orang yang sudah mulai bekerja disuatu perusahaan atau instansi. Karir yang tinggi bisa diraih oleh seseorang yang bersungguh-sungguh melakukan usaha dan pastinya karir dimulai dari bawah atau awal.

 

Alasan Mengapa Perencanaan Karir Itu Penting

Segala sesuatu yang dilakukan pasti ada alasannya begitu juga dengan merencanakan karir untuk masa depan. Sebagian orang menganggap hal ini tidak terlalu penting untuk dipikirkan tetapi kenyataanya hal inilah faktor utama seseorang meraih kesuksesan. Terdapat beberapa alasan mengapa perencanaan karir itu penting.

 

  • Untuk mencapai sesuatu yang dianggap akan membuat bahagia atau senang.
  • Untuk mencapai sesuatu yang memang dianggap berharga.
  • Untuk mempelajari hal-hal baru.
  • Untuk mengembangkan dan melatih kemampuan.

 

Baca Juga :   Glints Website Lowongan Kerja dan Pengembangan Karir Indonesia

 

Cara Tepat Menentukan Tujuan Karir

Bagaimana Menentukan Tujuan Karir untuk Masa Depan Kamu (Profesional atau Wirausaha)
 

Masa depan yang cerah merupakan keinginan semua orang. Oleh karena itu, jangan sampai terdapat beberapa tahapan untuk meraih masa depan yang cerah tersebut. Salah satu indikasi seseorang yang memiliki masa depan cerah adalah pencapaian dan perkembangan karir yang bagus. Berikut beberapa cara tepat dalam menentukan tujuan karir.

 

  1. Menentukan Tujuan Hidup

    Hal pertama yang harus dilakukan adalah kenali dirimu sendiri. Tanyakan apa yang menjadi keinginan Anda seperti jenis pekerjaan apa yang kamu suka? Keahlian seperti apa yang Anda punya dan bisa ditekuni untuk menghasilkan uang? Perusahaan mana yang ingin jadi tempat tujuan Anda dan ikut berpartisipasi lewat proses kerja? Pertanyaan-pertanyaan ini bisa menjadi alat bantu menentukan arah dari tujuan karir Anda selanjutnya.
     

    Gambarkan tujuan hidup Anda dengan menata karir untuk masa depan. Contohnya adalah jika Anda sekarang menjadi seorang staff di bagian IT, dalam kurun 2-3 tahun mendatang sudah harus ada tujuan karir yang jelas mau dibawa kemana karir kamu saat ini.
    Jika memang suka dengan bidang IT, bisa jadi Anda rencanakan untuk melanjutkan kuliah atau mengambil kelas-kelas singkat yang bisa mendukung visi kamu di tahun berikutnya. Tapi, jika bidang yang saat ini ditekuni belum cocok, tentu harus mulai dipikirkan juga alternatif lain yang bisa meneruskan tujuan Anda.

  2. Fokus Terhadap Kekuatan Bukan Kelemahan

    Menentukan kelemahan atau kekuatan ini bukanlah hal yang mudah dilakukan oleh diri sendiri. Jika diri sendiri yang menganalisis hal tersebut akan tidak menemukan jalan keluarnya. Sebaiknya mintalah penilaian kepada seseorang yang benar-benar mengenalmu seperti orang tua, sahabat atau yang lain. Ingatlah semua perkataan tentang teman atau orang tua mu untuk menentukan kelemahan atau kekurangan. Walaupun pendapat mereka kurang pas menurut Anda tampung saja semua itu. Andalah yang harus mengambil peran lebih banyak untuk mengenal kekuatan dan kelemahan karena seharusnya Anda adalah orang yang paling mengerti diri.
     

    Baca Juga :    Mengenal Apa itu Marketplace : Manfaat, Fungsi, Kelebihan, dan Cara Daftarnya

  3. Pelajari Kesalahan Di Masa Lalu

    Setiap ada kegagalan, evaluasi sejenak dan segera lupakan, namun jika punya keberhasilan, evaluasi menyeluruh agar bisa mengulanginya lagi di masa yang akan datang dengan lebih gemilang lagi. Ada baiknya mencatat setiap penghargaan atau prestasi yang pernah diperoleh saat bekerja.

  4. Mencoba Hal Baru

    Tidak ada salahnya untuk mencoba sesuatu yang baru di bidang lain selain yang Anda bisa. Hal tersebut dilakukan agar nanti pada saat dibutuhkan Anda bisa menggunakan keahlian baru tersebut. Pada dasarnya memang kemampuan seseorang berbeda-beda tetapi tidak ada salahnya untuk mencoba apalagi memberi dampak positif terhadap diri sendiri.

  5. Ikuti Passion Yang Akan Menunjang Karir

    Passion adalah keinginan yang ada didalam diri Anda. Jika Anda melakukan sesuatu sesuai passion maka pekerjaan tersebut akan menjadi lancar. Disaat menemui kesulitan pasti akan mudah menyelesaikan hal tersebut jika bekerja sesuai passion.
     

    Contohnya adalah di bidang desain grafis, jika sudah punya passion di bidang tersebut, maka Anda akan rela mengembangkan minat di bidang itu sepulang kerja. Bisa jadi Anda akan menemukan ilmu-ilmu baru di bidang desain grafis. Hal ini berkebalikan juga jika posisi Anda bekerja pada bidang yang tidak disukai. Daripada buang waktu percuma, ada baiknya mencari pekerjaan yang sesuai dengan passion agar hasil kerja juga maksimal.

  6. Memanfaatkan Peluang

    Perkembangan teknologi menjadikan banyak peluang pekerjaan baru untuk seseorang yang akan memasuki dunia kerja. Peluang-peluang tersebut haruslah dimanfaatkan dengan benar. Jika dapat memanfaatkan peluang tersebut tidak menutup kemungkinan bahwa karir Anda akan menjadi tinggi. Contohnya adalah sedang trend mengenai media social, pelajarilah terkait hal tersebut yaitu seperti bagaimana cara mendapatkan uang dari bermain media social, mengamati apa yang sedang trend dan menjadikannya konten edukasi untuk masyarakat.
     

    Anda harus jeli membaca tren masa depan ini. Jangan sampai kita menggeluti bidang yang ternyata kedepan sudah tidak ada lagi akibat tergilas kemajuan teknologi. Setidaknya beradaptasilah dengan teknologi baru ini walaupun Anda belum terlalu mahir.

 

Baca Juga :     Tutorial Cara Belajar Digital Marketing Untuk Pemula

 

Kesimpulan dan Penutup

Dari pembahasan tersebut diketahui bahwa menentukan tujuan karir tidaklah mudah. Banyak hal yang harus dipertimbangkan serta dipikirkan dengan matang agar hasilnya maksimal. Haruslah ada komitmen sejak awal yang tertanam pada diri Anda. Komitmen tersebut menjadikan Anda kuat untuk menghadapi kegagalan yang datang kedepannya karena segala sesuatu yang baru dijalani pasti akan menemukan kegagalan untuk dijadikan pembelajaran.

Untuk hasil maksimal dalam merencanakan karir ini diskusikan dengan orang tua dan orang-orang yang Anda percaya. Dari dukungan dan saran mereka lah yang dapat menguatkan rencana serta tidak salah langkah mengambil pilihan. Jika perencanaan tersebut sudah benar-benar matang, maka mulailah untuk meniti karir tersebut sejak awal. Yakinlah bahwa kesuksesan menanti untuk diraih.

 

 

Related Post :