Bagaimana Menerapkan Strategi Social Media Marketing yang Sukses Untuk Bisnis Besar/Kecil

Business, Social Media Marketing / 0 | | 0

Social media atau media sosial telah berakar kuat dalam keseharian banyak orang baik yang menggunakanya secara pribadi, untuk organisasi, instansi hingga bisnis, brand dan perusahaan sekalipun mengetahui bahwa platform sosial ini bisa membawa pengaruh baik bagi mereka. Social media dapat memberitahu Anda tentang perilaku konsumen diaman ini akan menjadi data dan informasi yang berharga bagi sebuah bisnis dalam menerapkan strategi mereka.

Adanya kemajuan dalam hal ini social media, membuatnya termasuk dalam bagian digital marketing, yakni pemasaran yang lebih sesuai dengan preferensi teknologi masyarakat saat ini. Social media dengan jaringan miliaran penggunanya di seluruh dunia adalah kumpulan orang- orang yang senang berbagi, mencari dan menciptakan informasi menjadi salah satu bagian pemasaran digital yang baik dan tepat.

Dari sini, social media marketing adalah cara ampuh bagi bisnis dari semua ukuran untuk menjangkau prospek dan pelanggan. Pelanggan Anda sudah terbiasa berinteraksi dengan brand Anda melalui media sosial, dan jika Anda tidak berbicara langsung dengan audiens Anda melalui platform sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram, dan lainnya, maka ini bisa berdampak buruk bagi bisnis Anda. Pemasaran tepat di media sosial akan dapat membawa kesuksesan luar biasa bagi bisnis Anda, menciptakan pendukung merek yang setia, bahkan mendorong prospek dan penjualan.

 

Strategi Social Media Marketing Untuk Bisnis Besar/Kecil

Bagaimana Menerapkan Strategi Social Media Marketing yang Sukses Untuk Bisnis Besar/Kecil
 

SMM atau Social Media Marketing adalah bagian dari pemasaran internet yang melibatkan pembuatan dan berbagi konten di jaringan media sosial untuk mencapai tujuan pemasaran dan pencitraan merek Anda. Pemasaran media sosial mencakup aktivitas seperti memposting pembaruan teks dan gambar, video, dan konten lain yang mendorong keterlibatan audiens, serta iklan media sosial berbayar. Berikut adalah beberapa tips pemasaran media sosial untuk memulai kampanye media sosial Anda.

  • Perencanaan konten yang matang

    Membangun rencana pemasaran media sosial sangat penting, karena ini menjadi tulang punggung dalam pemasaran jenis platform ini. Jangan lupa untuk melakukan riset dan penelitian kata kunci dan penelitian kompetitif untuk membantu Anda dalam mencari dan menentukan tentang ide konten yang akan menarik minat audiens target Anda.

  • Konten yang tepat dan tertarget

    Cara konsisten dengan area pemasaran online lainnya adalah dengan membuat konten yang tepat dengan target yang jelas dalam hal pemasaran media sosial. Pastikan Anda memposting secara teratur dan menawarkan informasi yang benar-benar berharga yang menurut pelanggan ideal Anda berguna dan menarik. Konten yang Anda bagikan di jejaring sosial Anda dapat mencakup gambar media sosial, video, infografis, panduan cara kerja, dan banyak lagi. Buatlah desain konten yang unik dan segar sehingga selalu ada pembeda yang menarik setiap waktunya.

  • Menjaga citra brand yang konsisten

    Menggunakan media sosial untuk pemasaran memungkinkan bisnis Anda untuk dapat memproyeksikan citra brand Anda di berbagai platform media sosial yang berbeda. Meskipun setiap platform memiliki lingkungan dan suaranya sendiri yang berbeda, identitas inti bisnis Anda, baik itu bercitra ramah, menyenangkan, atau dapat dipercaya, harus tetap konsisten di setiap platform yang Anda pakai.

  • Melacak langkah pesaing

    Selalu penting untuk memahami dan mengetahui pesaing bisnis Anda karena bisa memberikan Anda data dan informasi berharga yang baik untuk riset kata kunci serta gagasan pemasaran media sosial lainnya. Jika pesaing Anda menggunakan saluran atau teknik pemasaran media sosial tertentu yang tampaknya berhasil bagi mereka, pertimbangkan untuk melakukan hal yang sama namun masukkan juga corak atau gaya pemasaran Anda yang lebih unik.

 

Baca Juga  :   STP Marketing: Panduan Lengkap Cara Menerapkannya Bagi Bisnis Anda

 

5 Pilar /Komponen Utama Social Media Marketing

https://www.youtube.com/watch?v=PVXV0o3mGl8
 

Pemasaran media sosial adalah tindakan membuat konten untuk mempromosikan bisnis dan produk Anda di berbagai platform media sosial seperti Facebook, Instagram,, Twitter dan platform media sosial lainnya. Konten unik pemasaran Anda harus disesuaikan dengan platform spesifik tempat konten dibagikan untuk membantu Anda meningkatkan konversi dan meningkatkan kesadaran merek (brand awareness).

 

Strategi

Sebelum brand langsung dan mempublikasikan sesuatu di media sosial, pikirkan apakah ini akan sesuai dengan strategi Anda. Langkah pertama dalam social media marketing adalah memikirkan strategi media sosial Anda. perhatikan dan jawab pertanyaan berikut demi menentukan tujuan pemasaran media sosial Anda :

  • Apa yang ingin Anda capai melalui pemasaran media sosial?
  • Siapa audiens target Anda?
  • Di mana audiens target Anda akan berkumpul, dan bagaimana media sosial akan digunakan?
  • Pesan apa yang ingin Anda kirim ke audiens pemasaran media sosial Anda?

 

Perencanaan dan menerbitkan konten

Pemasaran media sosial untuk usaha kecil biasanya dimulai dengan kehadiran yang konsisten di media sosial. Karena dengan hadir di platform media sosial, Anda memberi merek Anda kesempatan untuk ditemukan oleh pelanggan di masa depan. Mempublikasikan ke media sosial semudah membagikan postingan blog, gambar, atau video di platform media sosial. Tetapi Anda dalam hal ini selaku pemilik bisnis dan brad akan ingin merencanakan konten Anda sebelumnya daripada membuat dan menerbitkan konten secara spontan. Juga, untuk memastikan bahwa Anda memaksimalkan jangkauan Anda di media sosial, Anda perlu mempublikasikan konten hebat yang disukai audiens Anda, pada waktu dan frekuensi yang tepat.

 

Baca Juga  :   Apa Itu Viral Marketing : Pengertian, Manfaat, dan Cara Eksekusinya

 

Memantau keterlibatan

Seiring pertumbuhan bisnis dan media sosial Anda, percakapan tentang brand Anda juga akan meningkat. Orang-orang akan mengomentari postingan media sosial Anda, menandai Anda di postingan media sosial mereka, atau mengirim pesan langsung kepada Anda. Orang-orang bahkan mungkin membicarakan merek Anda di media sosial tanpa memberi tahu Anda. Jadi, Anda ingin memantau percakapan media sosial tentang merek Anda. Jika itu komentar positif, Anda mendapat kesempatan untuk mengejutkan dan menyenangkan mereka, sebaliknya Anda dapat menawarkan dukungan dan memperbaiki situasi sebelum menjadi lebih buruk.

Anda dapat secara manual memeriksa semua notifikasi Anda di semua platform media sosial tetapi ini tidak efisien dan Anda tidak akan melihat postingan yang tidak menandai profil media sosial bisnis Anda. Anda dapat menggunakan alat aplikasi dan keterlibatan media sosial yang menggabungkan semua sebutan pada brand Anda dan pesan media sosial Anda, termasuk posting yang tidak menandai profil media sosial bisnis Anda.

 

Memanfaatkan analisis

Seiring konten yang Anda buat dan terbitkan, maka Anda juga ingin mengetahui bagaimana pemasaran jenis ini benar bekerja untuk bisnis Anda. Apakah Anda menjangkau lebih banyak orang di media sosial daripada yang Anda lakukan bulan lalu? Berapa banyak catatan positif yang Anda dapatkan selama sebulan? Berapa banyak orang yang menggunakan tagar merek Anda di pos media sosial mereka? Platform media sosial itu sendiri menyediakan tingkat dasar informasi ini atau Anda juga dapat menggunakan bantuan aplikasi lain untuk mendapatkan data yang mendetail.

 

Baca Juga  :    Marketing Campaign : Pengertian dan Tips Memaksimalkannya

 

Periklanan (Ads)

Jika bisnis Anda mulai membesar dan Anda mempunyai budget khusus untuk beriklan, maka gunakan untuk mengembangkan pemasaran media sosial Anda. Iklan media sosial adalah area yang dapat Anda pertimbangkan yang juga memungkinkan Anda menjangkau audiens yang lebih luas daripada mereka yang mengikuti Anda. Platform periklanan media sosial saat ini sangat kuat sehingga Anda dapat menentukan dengan tepat siapa atau target iklan Anda berdasarkan demografi, minat, perilaku, dan lainnya.

 

Kesimpulan dan Penutup

Karena setengah dari populasi dunia menggunakan jejaring sosial selama hampir tiga jam setiap hari, social media marketing adalah cara terbaik untuk berinteraksi dengan audiens. Dengan cara ini, brand Anda sudah berada di tempat yang disukai pelanggan Anda untuk menghabiskan waktu mereka, sehingga membantu Anda tetap dekat dan lebih dapat dipercaya. Selain itu, pemasaran ini lebih dari saluran pemasaran lainnya yang dapat membantu Anda mendapatkan umpan balik dari pelanggan.

Ini dikarenakan social media menjadi tempat segala ulasan, suka, komentar, dll berada dan lebih spontan dari mengirim email atau melakukan panggilan telepon, maka manfaatkan kesempatan ini untuk bereaksi, berinteraksi dan menarik perhatian klien. Hanya saja jika Anda berencana untuk menggunakan pemasaran di platform ini, perhatikan juga strategi konten yang tepat agar sesuai dengan image dari brand Anda.

 

 

 

 

 

 

 

Related Post :