Bingung Bisnismu mau dibawa kemana ? Yuk Buat Roadmap Bisnisnya

Serba Serbi, Tips & Tricks / 0 | | 0

Roadmap bisnis bisa dikatakan sebagai peta jalan bisnis Anda untuk mencapai tujuan dalam membangun bisnis Anda. Membuat peta jalan bisnis menjadi hal yang jarang dilakukan oleh UKM di awal memulai usaha. Jamak terjadi, menjadi pelaku bisnis UKM lantaran desakan kondisi perekonomian. Jadi, yang penting jalan dulu dan ada pemasukan.

Baca Juga : Penyebab UMKM Gagal dalam Membangun Bisnisnya

Bingung Bisnismu mau dibawa kemana ? Yuk Buat Roadmap Bisnisnya
 

Bagaimana memulainya? Mulailah dengan menerapkan analisis 4C Diamond, yakni Change, Customer, Competitor, dan Company. Setelah ini, Anda bisa melangkah ke langkah yang lebih mendetail. Mulai dengan memperkuat organisasi bisnis Anda. Meskipun tim Anda hanya terdiri dari anggota keluarga, penguatan organisasi bisnis tetap perlu dilakukan. Minimal ada kejelasan tugas dan kewajiban.

Kemudian, tetapkan target-target jangka pendek, menengah, dan panjang. Untuk jangka pendek, misalnya, membangun kualitas produk. Pada tahap ini, trial and error biasa terjadi yang penting selalu ada perbaikan hingga mencapai kualitas dan sesuai harapan konsumen. Selanjutnya, mulai memikirkan pengembangan bisnis untuk jangka menengah. Sebagai contoh, merambah ke pasar atau kanal distribusi baru. Bila sudah merasa siap, bisa masuk ke e-commerce sembari terus melakukan promosi dengan beragam cara.

Berikutnya, mencari pendanaan baru untuk ekspansi bisnis yang lebih besar, misalnya buka outlet secara masif, meningkatkan kapasitas produksi dengan menambah alat atau bikin lokasi produksi baru, hingga melakukan ekspor. Dalam tahap ini, Anda bisa menggandeng mitra untuk memperkuat modal. Tapi, bisa juga mencari pinjaman dari lembaga keuangan bila Anda tetap ingin menjalankan bisnis ini sendiri.

Baca Juga : 3 Cara Ini Bisa Bikin Bisnis Anda Sukses

Jadi bagaimana ? apakah Anda sudah menemukan dan membuat peta jalannya bisnis Anda ? Saya harap dengan adanya Roadmap bisnis Anda akan lebih terarah dalam mengejar tujuan bisnis Anda.

Related Post :

popup image