Bisnis Olahan Ikan yang Menjanjikan

News & Release, Serba Serbi / 1 | | 0

Indonesia terkenal dengan hasil lautnya terutama hasil tangkapan ikan bukan hanya di laut tetapi sungai atau di kolam ikan juga banyak menghasilkan. Olahan ikan saat ini sudah lumayan banyak tetapi kurang berinovasi. Saat ini olahannya hanya sebatas olahan makanan yang dimasak di restoran. Jika olahan ikan di olah secara enak dan pengemasannya baik maka akan menjadi kan keuntungan bagi produsaen dan konsumen.

Macam-macam Olahan Ikan Laut

Sudah di ketahui bahwa Indonesia merupakan penghasil ikan laut banyak. Ikan laut yang berlimpah ruah menyebabkan banyak produsen ikan segar yang membuat inovasi-inovasi olahan ikan laut, contohnya sebagai berikut :

1. Ikan fillet frozen

Ikan salmon, tuna, kakap merah, dan dori merupakan hasil laut Indonesia yang banyak di konsumsi oleh masyarakat dari Indonesia sampai manca Negara. Oleh karena itu agar mempermudah atau membuat inovasi yang baru agar mudah di kirim ke luar negeri maka ada produsen ikan fillet frozen. Ikan ini akan di fiilet dan di beri bumbu lalu di bekukan.

Baca Juga : Motivasi Bisnis untuk Pengusaha Muda

2. Bisnis ikan laut expor

Bisnis ikan ini sangat menguntungkan, karena ada beberapa Negara yang tidak menghasilkan ikan laut atau pun Negara terbesar pengelola makanan hasillaut, seperti jepang. Indonesia adalah salah satu Negara pengexpor ikan yang banyak. Oleh karena itu bisnis ini sangat menjanjikan.

3. Snack ikan laut

Bisnis snack ikan laut ini adalah inovasi olahan ikan yang menjanjikan, apa lagi di era millineal ini banyak masyarakat remaja yang ingin praktisnya saja, hanya ingin memakan nya tanpa mengolah ikan atau memasaknya. Ini cukup produsen yang mengolah hasil ikan lautnya menjadi snack kering dan lezat tahan lama juga.

Macam-macam Olahan Ikan Air Tawar

Olahan ini paling banyak karena ikan air tawar mudah di budidayakan di mana saja yang penting ada sumber air tawar dan kolam ikan nya saja. Olahan ikan air tawar yang menjanjikan antara lain adalah :

1. Olahan Ikan lele

Ikan ini adalah salah satu ikan yang mudah untuk di budidayakan dan enak untuk di olah sebagai bahan makanan. Makanan ini sangat menjanjikan sebagai bisnis olahan ikan yang sangat di minati. Makanan yang dapat di olah dengan ikan lele antara lain:

a. Nugget ikan lele

Nugget jarang sekali yang menggunakan ikan air tawar sering sekali menggunakan ikan air laut. Nah kali ini olahan yang menjanjikan adalah nugget ikan lele. Di olah menjadi nugget dan di kemas harus awet karena jika tidak awet maka tidak akan tahan lama untuk di kirim ke wilayah lain.

Baca Juga : Tips Bagaimana Cara Memulai Bisnis Sendiri

b. Bakso ikan lele

Inovasi selanjutnya adalah bakso ikan lele, biasanya bakso terbuat dari daging sapi atau daging ayam, kini kita bias membuatnya dengan daging ikan lele, karena teksturnya sangat lembut dan kenyal. Ikan lele ini juga sangat mudah di budidayakan dan di olah tidak banyak durinya.

2. Olahan ikan patin

Ikan patin adalah ikan dori namun ikan patin adalah ikan dori yang di budidaya ikan di air tawar. Ikan ini sangat bergizi dan lezat adapun olahannya yang menjanjikan sebagai berikut:

a. Dimsum ikan patin

Ikan patin yang sangat bergizi dan teksturnya sangat gampang untuk di olah. Ini bisa di jadikan olahan dimsum. Saat ini dimsum cukup di minati untuk masakan restoran atau masakan rumahan. Jika kita menginginkan dimsum ikan patin maka kita harus memisahkan daging dari duri dan kulitnya lalu kita olah dengan baik dan beri rasa enak.

Baca Juga : 3 Cara Ini Bisa Bikin Bisnis Anda Sukses

Related Post :

popup image