Bisnis Online : Definisi, Riset Pasar dan Peluangnya di Indonesia

Serba Serbi, Startup & Bisnis / 1 | | 0

Semakin populernya e-commerce dan toko online membuat banyak orang juga memulai bisnis online mereka. Bahkan menurut data Nasdaq selaku perusahaan multinasional Amerika mengatakan pada tahun 2040 nanti, konsumen akan melakukan 95% pembelian melalui internet. Data ini tidak mengherankan karena tahun 2020 saja, jumlah pembeli digital di seluruh dunia telah mencapai dua miliar orang.

Memiliki kehadiran online meningkatkan kepercayaan pada bisnis Anda karena pelanggan merasa lebih percaya pada kredibilitas bisnis Anda ketika mereka dapat terhubung dengan perusahaan dengan mudah. Sementara itu, internet sangat penting untuk akses mudah ke sebuah brand jika menurut penelitian Microsoft, pangsa bisnis yang lebih memilih untuk berhubungan dengan bisnis online akan lebih bertumbuh. Tercatat tahun 2017 lalu, jumlah pelanggan di atas 35 tahun yang menggunakan saluran sosial untuk menjangkau brand mengalami nilai yang berlipat ganda.

Poin terakhir yang perlu dipertimbangkan adalah kehadiran online membantu Anda membangun hubungan yang kuat dan tahan lama dengan pelanggan Anda. Menurut laporan KPMG, klien tetap setia kepada bisnis jika mereka memberikan dukungan pelanggan yang sangat baik dan pengalaman yang dipersonalisasi. Bukan suatu kebetulan bahwa bisnis online terbesar terkenal dengan aspirasi mereka untuk mempertahankan hubungan yang mendalam dengan pelanggan mereka dibandingkan dengan bisnis yang tidak online.

 

Definisi yang Dimaksud dengan Bisnis Online

Secara sederhana, bisnis online adalah pelaksanaan proses bisnis di internet. Proses bisnis ini termasuk membeli dan menjual barang dan jasa, melayani pelanggan, memproses pembayaran, mengelola kontrol produksi, berkolaborasi dengan mitra bisnis, berbagi informasi, menjalankan layanan karyawan otomatis, merekrut dan banyak lagi. Disini bisnis online juga berarti dimana manajemen kampanye online dan layanan terkait yang memungkinkan pengiklan dan biro iklan mengelola spektrum penuh pemasaran online.

Adapun saluran yang umum digunakan bisnis modern ini adalah saluran yang umum digunakan banyak orang seperti media sosia, seluler, multimedia, video, platform, aplikasi, website dan lain-lain. Karenanya bisnis ini menjadi segala jenis bisnis atau transaksi komersial yang mencakup berbagi informasi di internet. Perdagangan merupakan pertukaran produk dan layanan antara bisnis, kelompok, dan individu dan dapat dilihat sebagai salah satu kegiatan penting dari bisnis apapun. Perdagangan elektronik berfokus pada penggunaan teknologi informasi dan komunikasi untuk memungkinkan aktivitas eksternal dan hubungan bisnis dengan individu, kelompok, dan bisnis lainnya.

 

Baca Juga  :    Strategi Pemasaran Produk yang Efektif dan Menguntungkan Bagi Pemula di Bisnis Online

 

Memahami Cara Melakukan Riset Pasar untuk Bisnis Online

Bisnis Online : Definisi, Riset Pasar dan Peluangnya di Indonesia
 

Setiap bisnis yang ingin dijalankan harus mempunyai riset pasar lebih dulu. Riset pasar sendiri bisa didefinisikan sebagai proses mengumpulkan, menganalisis, dan menafsirkan informasi tentang pasar, tentang produk atau layanan yang akan ditawarkan untuk dijual di pasar. Ini juga termasuk informasi tentang pelanggan masa lalu, sekaran dan calon pelanggan untuk produk atau layanan tersebut. Secara tradisional, riset pasar dilakukan dengan cara door-to-door dan menghasilkan temuan setelah bertemu dengan pembeli potensial dan segmen pelanggan.

Di era digital saat ini, riset pasar online lebih masuk akal karena membantu organisasi menjangkau pelanggan target mereka dan memahami sentimen dalam proses yang sederhana dan cepat. Mirip dengan riset pasar tradisional, riset pasar online mengumpulkan informasi dan preferensi tentang kelompok sasaran, produk, atau pasar sasaran. Semuda data ini yang memungkinkan brand untuk mengembangkan strategi yang paling sesuai untuk tujuan menghasilkan pendapatan dengan melayani pasar.

Riset pasar juga biasanya digunakan tidak hanya untuk menentukan tujuan dan rencana pemasaran, tetapi juga berdampak pada strategi dan target penjualan perusahaan, jumlah pendapatan, fitur produk dan area fokus, layanan dan penawaran, dan lebih banyak jalan. Mengingat pentingnya langkah bisnis ini. riset pasar online harus memiliki strategi dan fokus yang jelas. Bisnis harus dapat memahami tujuan dan proses riset pasar online mereka agar bisa dijadikan acuan yang efektif. Untuk dapat mendapatkan riset pasar yang memang berguna dan tertarget dengan bisnis Anda, riset pasar online biasanya dilakukan dengan cara- cara :

  • Penelitian Utama

    Riset utama memungkinkan Anda untuk mendapatkan informasi langsung dengan menghubungi langsung kelompok sasaran potensial Anda. Penelitian ini dapat berupa wawancara dan survei yang harus diselesaikan oleh kelompok sasaran, yang dengannya Anda atau organisasi tempat Anda bergantung untuk penelitian dapat membuat ringkasan untuk menciptakan pemahaman tentang pasar.

  • Penelitian Sekunder

    Penelitian sekunder adalah semua data yang tersedia untuk umum yang dapat Anda manfaatkan untuk menentukan target pasar Anda. jenis penelitian ini disusun dengan menggunakan laporan dan studi yang dilakukan oleh bisnis lain, instansi pemerintah, media, dan organisasi penelitian atau sumber lain seperti daftar kata kunci, daftar kompetitif, dll yang telah melakukan penelitian dan memiliki data kuantitatif darinya.

 

Baca Juga  :    Manfaat Menggunakan Digital Marketing Specialist Bagi Mendongkrak Laba Bisnis Online

 

Mengenal dan Memanfaatkan Alat Riset Pasar Online

Munculnya internet telah memberi bisnis kecil banyak sumber daya tambahan untuk digunakan dalam melakukan riset pasar gratis atau berbiaya rendah. Berikut berbagai jenis alat untuk melakukan riset pasar online, membahas kategori umum riset pasar, dan memberitahu Anda cara membuat kuesioner online terbaik untuk kebutuhan riset pasar bisnis Anda.

  • Memanfaatkan pencarian kata kunci

    Pencarian web sederhana yang menggunakan mesin pencari seperti Google adalah trik yang cukup ampuh bagi keperluan bisnis. Anda bisa memulainya dengan mencari kata kunci yang biasanya akan digunakan orang untuk menemukan jenis produk atau layanan Anda di internet. Maka dari sini Anda bisa melihat seberapa besar minat pada kata kunci ini dan berapa banyak pesaing yang Anda miliki di pasar ini.
    Selain itu, pencarian kata kunci juga dapat membantu mengingatkan Anda tentang ceruk produk yang mungkin tidak Anda pertimbangkan. Ada alasan lain untuk melakukan pencarian kata kunci yakni Anda akan diingatkan tentang ceruk produk yang mungkin tidak terpikirkan oleh Anda dan juga akan memberi Anda perkiraan berapa banyak situs yang sudah ada yang menggunakan frasa kata kunci tersebut.

  • Melakukan survei online

    Cara lain untuk mengukur opini publik adalah melalui survei online. Meskipun tidak alami seperti survei secara langsung atau telepon yang menggunakan sampel populasi secara acak, survei online adalah cara murah untuk melakukan riset pasar tentang apakah suatu ide atau produk akan menarik bagi konsumen. Sekarang banyak perusahaan menawarkan untuk melakukan riset online untuk Anda atau memberi perusahaan Anda alat untuk melakukan survei Anda sendiri. Mungkin Anda juga bisa memanfaatkan bantuan ini untuk mendapatkan hasil survei yang lebih lengkap.

 

Baca Juga  :    Tips dan Cara Menaikkan Omset Penjualan Bisnis Online Dengan Cepat Serta Mudah

 

Peluang Bisnis Online di Indonesia

Bisnis Online : Definisi, Riset Pasar dan Peluangnya di Indonesia
 

Diambil dari Greenhouse, Indonesia sebagai negara terpadat keempat di dunia dan pasar terbesar di Asia Tenggara juga bermakna peluang bisnis di negara ini juga semakin berkembang. 2018 lalu tercatat dengan Indonesia yang telah berhasil menarik lebih dari USD 20 miliar investasi asing. Ini adalah angka yang sangat besar yang membuat peluang bisnis online juga terbuka lebar.

Jumlah investasi yang dipercayakan ini juga berhubungan dengan pertumbuhan ekonomi Indonesia yang stabil rata-rata 5,5 persen per tahun sejak 2003. Dengan sekitar 200 juta warga usia kerja serta meningkatnya pertumbuhan daerah perkotaan seperti Jakarta, Medan, Bandung, dan Surabaya. Belum lagi meningkatnya pengguna internet dengan lebih dari 220 juta pelanggan seluler membuat Indonesia sebagai tempat peluang bisnis online yang potensial dan akan terus bertumbuh.

 

Baca Juga  :    Pentingnya Website dan Domain Bagi Bisnis Online yang Harus Diketahui Pemula

 

Kesimpulan dan Penutup

Internet adalah sebagai katalis yang hebat terutama dalam bisnis secara khusus, telah memberikan siapa saja peluang untuk membuka bisnis mereka secara online. Siapa saja dapat memulai bisnis online yang menghasilkan uang hanya dengan menggunakan perangkat komputer dan jaringan internet bahkan meski mereka menggunakan platform instant sekalipun serta berada dimana saja.

Hanya saja, setiap bisnis pasti memerlukan panduan dan acuan yang mana akan di dapatkan dari mengadakan riset pasar. Maka pastikan Anda menjalankan riset pasar agar Anda mempunyai panduan melakukan bisnis online yang strategis dan efektif mengingat peluang dalam bisnis online global dan Indonesia terbuka lebar yang mana akan sangat sayang dilewatkan oleh pebisnis yang serius dalam mengembangkan bisnis mereka.

 

 

 

 

 

Related Post :