Industri Financial Technology menjadi salah satu industri yang mempunyai perkembangan cukup cepat saat ini di Indonesia. Istilah Financial Technology atau Fintech merupakan inovasi teknologi di bidang keuangan. Saat ini sudah ada banyak startup fintech yang muncul di Indonesia, Bank Indonesia mencatat sudah ada 142 perusahaan fintech lokal pada awal tahun 2017 lalu.

Namun sayangnya, industri fintech di Indonesia kian melambat dikarenakan permasalahan regulasi yang begitu ketat. Terutama yang menjadi gambaran besar adalah pada layanan Data Center yang digunakan oleh startup fintech dalam proses operasionalnya.

Penggunaan Cloud bagi Industri Fintech menjadi solusi untuk Startup fintech yang Ada di Indonesia, berikut ini adalah beberapa alasan mengapa Cloud menjadi solusi untuk pertumbuhan tersebut :

  • Data Aggregation
    Dalam hal ini, tentunya Startup Fintech mempunyai data yang sangat banyak terutama mempunyai banyak sekali data yang sangat penting sehingga membutuhkan penyimpanan esktra yang sangat besar dan terus menjadi besar seiring dengan berjalannya waktu. Sehingga dengan solusi Cloud data dapat dikumpulkan dengan sangat banyak dan dengan proses yang mudah dan cepat.
  • Self-Service Applications
    Self-Service adalah suatu jaminan dimana data center yang kita kelola merupakan murni dari data center kita sendiri. Anda tentunya membutuhkan layanan yang dapat dengan mudah dan fleksibel untuk mengontrol server Anda secara penuh tanpa ada campur tangan dari orang lain.
  • Open Environment
    Teknologi Cloud memungkinkan pengguna dapat menggunakan teknologi apapun sesuai dengna kebutuhan sehingga memberikan banyak solusi untuk kebutuhan Anda terutama dalam hal server yang mendukung banyak fungsi untuk website dan aplikasi Anda.
  • Security
    Hal ini yang menjadi pertimbangan utama dalam memilih layanan Cloud. Dengan menggunakan cloud, Anda dapat memastikan data Anda aman dari serangan dan pastikan Server yang Anda buat harus mempunyai Fitur Backup dan Recovery jika terjadi pemasalahan pada sistem.

Mengingat banyak sekali manfaat yang diberikan, kira kira startup Fintech akan mempercayai Cloud Server dari Lokal tidak ya ? Bagaimana menurut kamu ?