Tidak akan ada yang menginginkan berada dalam kondisi yang sakit. Sehingga untuk mengatasinya perlu dilakukan tindakan untuk pergi berobat dan lain-lain. Saat ini salah satu solusi yang dapat dilakukan adalah dengan asuransi kesehatan. Asuransi kesehatan ini digunakan sebagai tindakan untuk tindakan penjagaan sebelum hal yang tidak diinginkan terjadi. Dengan adanya asuransi kesehatan, minimal Anda sudah memiliki “pegangan” jika suatu saat sakit, harus menjalani pengobatan dan perawatan. Untuk mengetahui lebih lengkap mengenai asuransi kesehatan maka simaklah penjelasan dibawah ini.

 

Pengertian Asuransi Kesehatan

 

 

Secara singkat pengertian asuransi kesehatan adalah produk asuransi yang menangani masalah kesehatan tertanggung karena suatu penyakit serta menanggung biaya proses perawatan. Sedangkan dikutip dari Investopedia (2019), asuransi kesehatan adalah jenis pertanggungan asuransi yang membayar biaya medis, bedah, ataupun terkait biaya perawatan kesehatan seperti yang disebutkan dalam polis asuransi. Umumnya, penyebab sakit tertanggung yang biayanya dapat ditanggung oleh perusahaan asuransi adalah cedera, cacat, sakit, hingga kematian karena kecelakaan.

Perusahaan asuransi yang menerbitkan polis asuransi kesehatan dapat mengganti biaya tertanggung untuk biaya yang timbul karena sakit atau cedera, atau membayar biaya perawatan secara langsung. Contoh perusahaan asuransi kesehatan swasta seperti Prudential, Allianz, AIA,  Cigna, dan Manulife menjadi sebagian dari jajaran nama besar yang menyediakan berbagai macam produk asuransi sesuai dengan kebutuhan masyarakat Indonesia dan sudah tersebar luas di seluruh dunia.

Perusahaan-perusahaan biasanya menyediakan paket asuransi untuk karyawannya sebagai bentuk jaminan perlindungan. Pembayaran premi beragam, ada yang dibayar perusahaan, ada pula yang dipotong dari pemberi kerja tetapi seringkali juga dikurangkan dari gaji karyawan. Biaya premi dapat dikurangkan kepada pembayar, dan manfaat yang diterima bebas pajak.

 

Baca Juga : Cara Mendaftar Merchant Gofood dengan Mudah dan Cepat di Berbagai Kota Indonesia 

 

Fungsi Asuransi Kesehatan

 

Tentunya banyak sekali fungsi dari asuransi kesehatan yang paling utama adalah sebagai cadangan dana untuk membayar biaya pengobatan. Salah satu alasannya adalah biaya pengobatan yang tinggi. Saat ini Anda memiliki badan yang sehat, tetapi tak ada yang bisa memprediksi apa yang akan terjadi pada Anda sekian tahun ke depan. Dengan ancaman kesehatan yang semakin beragam, memiliki jaminan perlindungan adalah salah satu jalan untuk meringankan beban saat risiko itu terjadi. Fungsi lain yang dapat Anda ketahui adalah :

 

  • Dapat digunakan untuk biaya pengobatan rawat inap
  • Dapat digunakan untuk biaya pengobatan rawat jalan
  • Meminimalisir risiko, seperti kekurangan uang saat sakit
  • Praktis dan efisien, karena Anda tidak perlu pinjam dana ke keluarga, kerabat, dan lain-lain untuk
  • Pengobatan ke rumah sakit
  • Membantu Anda lebih mudah dalam mengatur keuangan
  • Mendapatkan pelayanan kesehatan yang layak

 

Baca Juga : Cara Daftar dan Mendapatkan BLT UMKM Online dan Persyaratannya 

 

Manfaat Asuransi Kesehatan

Dengan munculnya BPJS, kini semakin banyak masyarakat yang menggunakan asuransi kesehatan, karena memang manfaatnya betul-betul terasa di tengah tingginya biaya perawatan kesehatan. Kemudian bisa memudahkan proses pengobatan dan perawatan jika Anda atau keluarga jatuh sakit. Selain itu, juga memberikan jaminan perlindungan untuk kondisi keuangan Anda serta keluarga ketika Anda sakit. Berikut manfaat lainnya :

 

  • Meringankan Biaya Rumah Sakit

    Saat tiba-tiba jatuh sakit, Anda jadi tidak perlu pusing memikirkan berapa besar biaya pengobatan yang akan Anda keluarkan. Sehingga Anda bisa lebih tenang dan fokus pada proses pengobatan dan perawatan yang akan dijalani untuk penyembuhan. Dengan memiliki asuransi kesehatan, Anda memiliki jaminan finansial untuk kehidupan Anda kedepannya. Hal ini bisa menjadi persiapan dalam menghadapi risiko kesehatan yang datang tiba-tiba. Persiapan dalam bentuk hal keuangan.

  • Membantu Mengatur Keuangan

    Manfaat yang kedua adalah dapat membantu Anda dalam mengatur keuangan. Memiliki asuransi kesehatan mengharuskan Anda untuk bayar premi secara rutin setiap bulannya. Hal ini akan membuat Anda dengan rutin menyisihkan penghasilan Anda untuk membayar premi tersebut. Dengan begitu, pembagian uang Anda pun akan jelas setiap bulannya.

  • Beragam Jenis Perawatan yang Diberikan

    Asuransi kesehatan memberikan berbagai jenis perawatan yang bisa Anda dapatkan. Anda akan mendapatkan perawatan yang sesuai dengan perjanjian pada polis. Setiap perawatan yang tertera pada polis juga memiliki plafon atau batas untuk besaran biaya perawatan. Plafon yang diberikan oleh pihak asuransi disesuaikan dengan besar premi yang Anda bayarkan secara rutin setiap bulan atau di awal. Berikut beberapa manfaat perawatan yang dilindungi oleh asuransi kesehatan, antara lain:Rawat Inap (In Patient)
    Mengganti biaya pengobatan akibat musibah penyakit dan memerlukan perawatan atau menginap di RS sesuai dengan ketentuan yang berlaku pada kondisi polis perusahaan Asuransi.

  1. Rawat Inap (In Patient)
    Mengganti biaya pengobatan akibat musibah penyakit dan memerlukan perawatan atau menginap di RS sesuai dengan ketentuan yang berlaku pada kondisi polis perusahaan Asuransi.
  2. Rawat Jalan (Outpatient)
    Mengganti biaya pengobatan akibat penyakit yang tidak memerlukan perawatan di RS atau menginap namun hanya rawat jalan atau berobat jalan saja.
  3. Melahirkan (Maternity)
    Mengganti biaya persalinan atau melahirkan sesuai dengan program yang diambil dan dijamin dalam polis.
  4. Kacamata (Glasses)
    Mengganti biaya lensa kacamata dan bingkai atau frame dengan surat pengantar dari dokter mata
  5. Gigi (Dental)
    Mengganti biaya pengobatan akibat perawatan dasar, perawatan gusi, perawatan gigi kompleks, perbaikan gigi dan gigi palsu pada perawatan gigi.
  6. General check up
    Mengganti biaya pemeriksaan kesehatan sesuai dengan program yang diambil dan dijamin dalam polis

 

Rekomendasi Asuransi Kesehatan

Banyak hal yang perlu dipertimbangkan saat memilih asuransi kesehatan. Mulai dari berapa besar maksimum uang pertanggungan yang dijanjikan. Selain itu, Anda juga harus mempertimbangkan seberapa sehat bisnis perusahaan asuransi tersebut. Belum lagi pertimbangan itu bisa digunakan saat Anda di luar negeri atau apakah asuransi kesehatan yang dimiliki juga memberikan manfaat asuransi untuk anggota keluarga. Sejumlah pertimbangan itu bisa membuatmu pusing untuk memutuskan asuransi kesehatan terbaik untuk dipilih. Namun tidak perlu khawatir lagi dengan hal tersebut karena sudah banyak penyedia layanan asuransi jiwa yang memberikan fasilitas lengkap. Berikut ini beberapa rekomendasinya :

 

  • Prudential

    Menawarkan produk asuransi kesehatan yang beragam yaitu PRUhospital & surgical cover plus, PRUmed cover, PRUprime healthcare, PRUhospital & surgical cover plus syariah, PRUmed cover syariah, dan PRUprime healthcare syariah. Produk asuransi kesehatan tersebut menawarkan jaminan penggantian biaya rawat inap dan pembedahan. Asuransi ini juga dapat digunakan di luar negeri.

    Hal ini dimungkinkan karena Prudential bekerja sama dengan sejumlah rumah sakit di luar negeri seperti di Malaysia, Kamboja, Filipina, Singapura, Thailand dan Vietnam. Sementara di Indonesia, Prudential bekerja sama dengan lebih dari 500 rumah sakit dan klinik di seluruh Indonesia. Maksimum manfaat harian yang diterima nasabah mencapai Rp 3,5 juta untuk seluruh produk rawat inap. Prudential memberikan pilihan masa perlindungan hingga usia usia 55, 65 atau 75 tahun.

  • Allianz

    Penawaran produk yang beragam dan perawatan yang ditanggung cukup komprehensif dihadirkan oleh Allianz. Selain menyediakan jaminan rawat inap, beberapa produk asuransi Allianz pun memberikan manfaat Tambahan seperti Persalinan, Rawat Jalan, dan Rawat Gigi serta memiliki manfaat spesial yaitu penggantian biaya Kemoterapi, Hemodialisis, HIV/AIDS, biaya pemakaman dan evakuasi darurat serta pemulangan jenazah.

    Ada pula perlindungan menyeluruh terhadap 49 kondisi penyakit kritis pada tahap akhir (advanced) tanpa syarat Survival Period.
    Total premi setahun yang perlu dibayarkan peserta rata-rata adalah Rp 11.250.000 untuk rawat inap. Batasan rawat inap di kamar yang ditetapkan Allianz lebih tinggi dari pada kebanyakan asuransi kesehatan lain. Allianz menetapkan harga kamar sebesar Rp 750,000 dan mencapai 180 hari setahun. Namun limit per perawatan yang diterapkan bervariasi tergantung jenis perawatannya.

  • Manulife

    Salah satu perusahaan asuransi terbaik ini mempunyai produk asuransi kesehatan yang berupa tambahan dari asuransi jiwa term-life atau sering disebut juga sebagai rider. Perusahaan ini memang bukan perusahaan asuransi kesehatan murni namun produk asuransi kesehatan dari Manulife dinilai sangat menarik. Premi yang ditawarkan oleh manulife lebih rendah dari yang ditawarkan oleh Allianz maupun AXA yaitu senilai Rp9.854.000 untuk rawat inapnya. Biaya pertanggungan kamarnya Rp 800.000 sehari dengan maksimal 60 hari dalam setahun. Manulife bisa menjadi satu pilihan terbaik bagi Anda yang sedang memilih asuransi kesehatan mana yang pas dan cocok buatmu dan keluarga tentunya.

 

Baca Juga : Apa itu Pajak Pengertian, Fungsi, Manfaat, dan Jenis-Jenisnya 

 

Kesimpulan dan Penutup

Banyaknya pilihan dari perusahaan yang menyediakan produk asuransi membuat Anda sedikit bingung untuk memilihnya. Maka dari itu terdapat beberapa hal yang penting untuk dipertimbangkan seperti cashless yaitu Anda tidak perlu repot membawa uang tunai dengan jumlah yang banyak. Anda hanya menggesek saja kartu asuransi Anda untuk membayar biaya perawatan selama di rumah sakit. Pastikan memilih asuransi kesehatan dengan jaringan rumah sakit yang luas dan tersebar dimana-mana.

Mulai saat ini janganlah ragu lagi untuk membuat asuransi kesehatan yang sudah jelas terbukti banyak memberikan manfaat untuk kehidupan Anda. Jangan menunggu nanti untuk masalah kesehatan ini karena Anda tidak tahu kapan hal yang tidak diinginkan akan datang. Jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan maka Anda sudah siap untuk menanggung itu semua karena sudah memiliki asuransi kesehatan yang dapat diklaim pada saat dibutuhkan.