Setiap bisnis pasti selalu menginginkan satu hal, yaitu memiliki pelanggan yang loyal dengan produk kita. Hal ini bisa terjadi ketika bisnis Anda mempunyai kombinasi yang sempurna antara produk luar biasa serta tim yang memiliki pengetahuan yang bagus mengenai produk. Karena itulah product knowledge sangat diperlukan.

Sebagai pemilik usaha Anda harus memiliki tim yang mempunyai keterampilan dalam memahami pengetahuan dari produk dengan baik. Tujuannya agar mereka menguasai produk ketika mereka berhadapan dengan para pelanggan. Namun, apa cara yang mudah dan efisien agar membuat karyawan Anda memahami produk Anda? Jawabannya adalah product knowledge. Simak penjelasan selengkapnya dibawah ini.

Apa itu Product Knowledge?

Product knowledge adalah sebuah keterampilan di mana karyawan Anda akan belajar dan memahami sepenuhnya serta dapat berkomunikasi secara efektif dengan pelanggan tentang produk Anda. Mulai dari fitur, manfaat, penggunaan, dan kebutuhan dukungannya. Product knowledge adalah keterampilan penting yang harus diketahui oleh tim Anda yang akan berhadapan langsung dengan pelanggan

Sebagai karyawan yang sehari-hari mengerjakan pekerjaan terkait dengan produk, usahakan untuk memberikan informasi sedetail mungkin, jawab pertanyaan pelanggan dengan lancar, agar proses penjualan berjalan dengan lebih mulus. Product knowledge juga merupakan keterampilan penting yang harus diketahui oleh tim Anda yang akan berhadapan langsung dengan pelanggan.

Baca Juga: Apa Itu Product Manager? Pengertian dan Tugasnya

Manfaat Product Knowledge

Product knowledge pastinya memiliki banyak manfaat untuk menunjang promosi produk bisnis Anda. Berikut ini beberapa manfaatnya :

1. Meningkatkan penjualan

Dengan memiliki informasi dan pemahaman yang lebih baik tentang produk, tim penjualan Anda pastinya dapat secara efektif berbicara kepada calon pelanggan tentang nilai produk Anda, menunjukkan dan menyajikan fitur yang mengesankan, serta dapat berbagi bagaimana produk Anda akan bekerja untuk mereka.

2. Mendukung pelanggan Anda dengan lebih baik

Setiap calon pelanggan pasti memiliki setidaknya satu atau dua pertanyaan mengenai produk Anda. Mereka perlu mengandalkan tim Anda untuk menjelaskan. Dengan memiliki pengetahuan yang rinci dan menyeluruh tentang produk Anda dan fungsi dari teknisnya, anggota tim Anda tentu akan dapat menjawab pertanyaan apa pun yang muncul dengan cara yang cepat dan kompeten.

3. Mengedukasi para pelanggan

Dengan melatih tim Anda secara konsisten, akan menghasilkan kemampuan yang sangat baik untuk mengedukasi pelanggan Anda. Baik itu dari penjelasan produk,kegunanannya hingga keunggulan yang ada pada produk. Tim Anda dapat secara efektif mengedukasi pelanggan tentang cara menggunakan produk Anda dan menjelaskan sistem serta kelebihan dari produk Anda.

4. Meningkatkan kepercayaan pelanggan dan karyawan

Manfaat selanjutnya dari pengetahuan mengenai produk adalah meningkatkan kepercayaan yang diberikan kepada pelanggan dan tim Anda. Bagi pelanggan Anda, mereka dapat merasa tenang karena mengetahui bahwa produk Anda dapat memenuhi kebutuhan mereka. Bagi tim Anda, mereka percaya diri dengan kemampuan mereka. Tim Anda pasti mengetahui bahwa mereka memiliki sebuah keterampilan ataupun ilmu untuk memenuhi dan melampaui harapan pelanggan Anda dan menangani masalah apa pun yang akan terjadi.

Baca Juga: Apa Itu Customer Journey? Tahapan dan Manfaatnya

Jenis-Jenis dari Product Knowledge

Product knowledge atau pengetahuan produk adalah istilah umum yang tidak hanya berfokus pada produk Anda saja (meskipun ini merupakan aspek yang penting). Ada beberapa jenis product knowledge yang harus Anda pahami sebagai karyawan. Berikut ini beberapa contohnya :

  • Pelanggan

Jenis pengetahuan ini memungkinkan perwakilan penjualan Anda menganalisis kebutuhan dan keinginan klien Anda untuk menawarkan solusi terbaik kepada mereka.

  • Kompetitor

Dengan informasi tentang produk pesaing Anda, karyawan Anda dapat menjelaskan mengapa barang Anda mengalahkan solusi mereka dalam hal harga, kualitas, atau nilai.

  • Industri

Jenis pengetahuan ini berarti bahwa seorang karyawan harus mengetahui tren terbaru industri dan mampu berbicara dalam bahasa yang sama dengan profesional lainnya.

  • Brand

Karyawan harus memahami posisi brand Anda, misinya, dan visinya. Pengetahuan ini akan membantu mereka bergerak menuju pencapaian tujuan global Anda.

Baca Juga: Pentingnya Brand Identity dan Tips Mudah Membangunnya

  • Pengalaman pelanggan

Memiliki data tentang pengalaman pengguna memungkinkan untuk beradaptasi dengan berbagai segmen audiens target Anda, mempertimbangkan pengalaman mereka sebelumnya dalam menggunakan produk Anda, dan meningkatkan dukungan pelanggan Anda.

  • Produk pelengkap

Barang-barang ini mendukung produk utama, seringkali hanya membawa sedikit atau tidak ada nilainya, misalnya, wadah untuk perangkat seluler, bensin untuk mobil, atau peluru untuk senjata. Jika karyawan Anda memiliki pengetahuan tentang produk pelengkap Anda, mereka dapat memberikan pengalaman pengguna terbaik.

  • Kegunaan

Kami juga akan menyertakan konfigurasi, penyesuaian, dan spesifikasi dalam kategori ini karena semua istilah ini berfokus pada penggunaan produk secara efektif. Karyawan Anda harus tahu cara memasang produk Anda dan mengetahui penggunaan produk yang berbeda.

  • Penyelesaian masalah

Anda sebagai karyawan atau perwakilan dari perusahaan Anda perlu mengetahui cara menjelaskan kepada pengguna cara memperbaiki masalah mereka baik online maupun offline.

  • Kebijakan dan prosedur

Jenis pengetahuan ini mengharuskan karyawan untuk sepenuhnya menyadari kebijakan pertukaran, garansi, dan pengembalian uang.

Ini adalah beberapa jenis pengetahuan produk utama karena semuanya tergantung pada jenis bisnis Anda. Di bagian selanjutnya, kami akan membagikan tips yang akan membantu Anda meningkatkan pengetahuan produk tim Anda.

Cara Meningkatkan Product Knowledge untuk Karyawan Anda

Kami akan memberikan beberapa rekomendasi yang akan membantu mendidik karyawan baru Anda secara efektif dan meningkatkan penjualan.

  • Biarkan karyawan baru Anda memecahkan masalah tertentu

Tentu saja, Anda dapat mengajari karyawan baru Anda cara memecahkan sebanyak mungkin masalah. Beri mereka beberapa tugas pemecahan masalah dan tanyakan bagaimana mereka dapat mengatasinya dari sudut pandang pelanggan. Ini akan mengembangkan pemikiran logis dan kreatif dan membiarkan mereka menguji produk Anda sendiri.

  • Biarkan karyawan Anda menemukan jawaban yang diperlukan sendiri

Minta karyawan baru Anda untuk melihat seluruh situs Anda, termasuk sumber daya dan basis pengetahuan Anda, untuk menemukan informasi yang diperlukan. Ini akan memakan waktu lebih lama, tetapi mereka akan mengingat ini selamanya karena mereka membaca dan mencari tahu informasi secara mandiri. Selain itu, dengan cara ini, Anda akan mendapatkan wawasan berharga tentang cara menyusun semua informasi Anda secara logis.

  • Nilai pengetahuan karyawan Anda secara teratur

Ini akan membantu Anda menjaga mereka tetap selalu update dan menyegarkan pengetahuan mereka dari waktu ke waktu. Beri mereka tes di mana mereka perlu menjawab beberapa pertanyaan umum dari pelanggan Anda. Pertimbangkan untuk menghindari tes pilihan ganda dan menambahkan pertanyaan yang jarang diajukan. Jika Anda menemukan celah dalam pengetahuan mereka, jalankan pelatihan rutin Anda.

  • Izinkan mereka menemukan celah dalam basis pengetahuan Anda

Biarkan karyawan Anda membaca obrolan Anda sebelumnya dan transkrip panggilan untuk mencari pertanyaan yang tidak memiliki jawaban di basis pengetahuan Anda. Setelah itu, mintalah mereka untuk memberikan beberapa jawaban kepada tim copywriting Anda untuk menghasilkan sebuah artikel.

  • Merangsang mereka untuk menjual lebih banyak

Untuk mencapai tujuan ini, karyawan Anda harus mengetahui kegunaan yang berbeda dari produk yang sama dan audiens targetnya. Anda dapat membuat kontes “product of the week” untuk memberi penghargaan kepada perwakilan penjualan yang akan menjual barang paling banyak.

Baca Juga: 7+ Skill Product Manager yang Wajib Dikuasai

Penutup

Itu dia penjelasan dari product knowledge yang telah kami sajikan untuk Anda. Jika Anda berkeinginan untuk bekerja di sebuah perusahaan, terutama menjadi seorang sales representative pastikan untuk berlatih dengan sungguh-sungguh mengenai produk apa saja yang ada di perusahaan tersebut. Selain itu juga Anda bisa mencoba untuk mencari tahu lewat situs website perusahaan resmi milik mereka agar menambah pengetahuan tentang produk.

Kemudian cara selanjutnya adalah Anda bisa merangkum kembali tentang materi produk tersebut. Bisa di publikasi secara pribadi atau dengan memuatnya dalam sebuah situs website milik Anda sendiri. Nah, jika Anda memilih untuk mempublikasinya dengan website, tentu memerlukan virtual server yang memiliki kapasitas besar bukan?

Jangan khawatir, Anda bisa gunakan layanan Cloud VPS dari IDCloudHost yang memiliki layanan full cloud access terbaik yang menjamin keamanan data secara fleksibel. Dengan kemudahan konfigurasi, layanan support yang bisa diandalkan serta harga yang terjangkau menjadikan cloud VPS sebagai solusi untuk segala kebutuhan Anda.