Survey adalah metode penelitian yang digunakan untuk mengumpulkan data dari kelompok responden yang telah ditentukan untuk mendapatkan informasi dan wawasan tentang berbagai topik yang menarik. Survey online biasanya berisi sekumpulan pertanyaan terstruktur yang diisi responden melalui internet, umumnya melalui pengisian formulir. Ini menjadi salah satu cara yang lebih alami untuk menjangkau responden karena memakan waktu yang lebih sedikit daripada cara tradisional dengan mengumpulkan informasi tanpa dibantukan teknologi.

Data dari pengisian survey online akan dikumpul dan disimpan dalam database, kemudian dievaluasi oleh orang yang ahli di bidangnya. Survey secara online menghemat biaya, responden bisa mengisinya melalui jaringan tanpa harus mengisi dengan kertas dan pulpen seperti sebelumnya. Waktu dan tenaga juga lebih minim dikeluarkan karena dapat menganalisis data dengan mudah serta penarikan kesimpulan yang cepat.

Untuk mendapatkan jawaban yang Anda butuhkan, Anda harus mengajukan pertanyaan dengan tepat. Aplikasi survey yang baik memungkinkan Anda menyesuaikan setiap pertanyaan, sehingga Anda dapat meminta informasi dengan cara yang masuk akal bagi orang yang menjawabnya — baik itu pilihan ganda, jawaban singkat, atau skala peringkat. Menyesuaikan pertanyaan juga memungkinkan Anda mengumpulkan jenis informasi yang tepat, sehingga responden bisa dengan nyaman menjawab tanpa merasa terpaksa.

 

Pengertian Kuesioner

Kuesioner adalah salah satu metode penelitian yang terdiri dari sekumpulan pertanyaan atau jenis petunjuk lainnya yang bertujuan untuk mengumpulkan informasi dari seorang responden. Kuesioner penelitian biasanya merupakan campuran dari pertanyaan tertutup dan pertanyaan terbuka. Pertanyaan terbuka dan panjang menawarkan responden kemampuan untuk menguraikan pemikiran mereka. Data yang dikumpulkan dari kuesioner dapat bersifat kualitatif maupun kuantitatif. Sebuah kuesioner mungkin dikirimkan atau tidak dalam bentuk survei, tetapi survei selalu terdiri dari kuesioner.

Sebagai pembuat survei, Anda mungkin ingin menguji survei terlebih dahulu dengan mengelolanya ke grup fokus selama pengembangan. Anda dapat mencoba beberapa desain kuesioner yang berbeda untuk menentukan mana yang paling sesuai dengan audiens target Anda. Pra-pengujian adalah praktik yang baik karena pembuat survei dapat memahami tahap awal jika ada perubahan yang diperlukan dalam survei.

 

Baca Juga    :    Cara Membuat Kuesioner Online Dengan Google Forms

 

Aplikasi Kuesioner

Ada banyak aplikasi survey berbasis situs online yang bisa Anda manfaatkan untuk membuat kuesioner, beberapa diantaranya tersedia secara gratis. Beberapa aplikasi kuesioner juga bisa Anda manfaatkan dan gunakan di perangkat smartphone. Perlu Anda ingat, tidak semua aplikasi dibuka dan gratis untuk umum.

 

  1. SurveyMonkey

    Salah satu aplikasi terkemuka dan paling diminati di dunia bisa jadi pilihan untuk mulai membuat survey Anda sendiri secara gratis. SurveyMonkey memiliki banyak fitur yang bisa digunakan, salah satunya fitur filter yang mampu membandingkan dan menganalisis hasil survei secara real time. Aplikasi ini memiliki enam puluh juta pengguna, dengan kapasitas memori yang dibutuhkan sekitar empat belas Megabyte.

  2. Zoho Survey

    Aplikasi ini bisa diakses dengan mudah kapan dan di mana saja, Zoho Survey juga memungkinkan Anda untuk membuat dan mengumpulkan hasil survei dengan praktis melalui perangkat Android. Selain itu, ia juga memiliki fasilitas untuk mengirimkan formulir survey Anda secara online baik melalui surat elektronik maupun platform jejaring sosial lain yang bisa diakses dengan mudah meski dari jarak jauh. Tidak hanya itu, aplikasi ini mengizinkan Anda untuk mengelola semua survey dari aplikasi dan membuat laporan kustom untuk hasil dari survey-nya.

  3. FormsApp

    Lebih dari satu juta pengguna telah mengunduh aplikasi ini, aplikasi yang memudahkan Anda untuk membuat dan mengedit formulir survey dengan praktis. Hal menariknya, aplikasi ini menyediakan banyak template yang siap dipakai untuk berbagai kebutuhan seperti job application form, contact information form, event registration form, dan lain sebagainya. Tidak hanya itu, aplikasi ini dilengkapi notifikasi yang akan tampil ketika ada respon survei yang masuk, ini tentu memudahkan Anda untuk mengetahui perkembangan survey yang dibuat.

  4. SurveyHeart

    Memiliki keunggulan lain dibanding survey biasa, aplikasi SurveyHeart ini menyediakan fasilitas berupa polling online, kuesioner, penelitian pasar, dan form job application yang memungkinkan Anda untuk membuatnya dengan mudah. Fitur yang disediakan pun cukup beragam salah satunya adalah themes, fitur ini akan membuat formulir survey Anda menjadi lebih menarik dengan tema-tema yang diinginkan.

  5. Brew Survey

    Aplikasi ini bisa digunakan dalam mode online dan offline, bisa digunakan sebagai alat untuk mengetahui umpan balik dari pelanggan, melakukan riset pasar, dan lainnya. Meski dalam keadaan offline, aplikasi ini mampu untuk tetap mengumpulkan tanggapan dari formulir survey yang dibuat. Kemudian akan di sinkronisasi setelah perangkat kembali tersambung dengan jaringan internet.

  6. SurveyApp

    Sama dengan aplikasi Brew Survey, aplikasi ini juga bisa digunakan untuk mengumpulkan data dari survey baik secara online maupun offline. Tersedia beberapa fitur untuk memenuhi kebutuhan penggunanya, seperti mengunduh dan membagikan hasil laporan, analisis secara real-time, kustomisasi formulir survey, dan banyak lagi yang lain. Sayangnya aplikasi ini memiliki kelemahan yaitu hanya bisa digunakan secara gratis dengan batas waktu tiga puluh hari pemakaian pertama saja.

  7. G-Forms For Google Form

    Rekomendasi terakhir adalah aplikasi G-Forms For Google Form, Anda bisa memanfaatkan aplikasi ini untuk membuat survey dengan ketersediaan template.

 

Baca Juga    :     Cara Membuat Kuesioner Online Dengan Survey Monkey

 

Cara Membuat Kuisioner dengan Google Formulir

Google Formulir merupakan salah satu perangkat lunak yang dibuat oleh Google yang berfokus pada layanan administrasi survei online. Aplikasi ini disertakan dalam Google Drive Office Suite bersama dengan Google Docs, Google Sheets, dan Google Slides. Seiring berjalannya waktu, Google menambahkan lebih banyak fitur, dan kemudian mengubah Google Formulir menjadi aplikasi mandiri pada tahun 2016. Sekarang Google formulir bisa Anda akses dengan mudah di docs(dot)google(dot)com/forms atau melalui Google Drive di ponsel.

Cara membuatnya cukup mudah, Anda bisa masuk ke link docs(dot)google(dot)com/forms atau menggunakan pencarian dengan kata kunci Google Formulir. Di laman google formulir tersebut, Anda bisa menambahkan judul dan deskripsi kuesioner, mengisi pertanyaan, memilih opsi jawaban yang diinginkan, memanfaatkan simbol yang ada untuk penambahan foto, animasi dan, sebagainya. Anda juga bisa menggunakan tombol diperlukan (Required) untuk membuat pertanyaan menjadi wajib untuk dijawab. Anda bisa memanfaatkan ikon yang ada sesuai kebutuhan survey.

 

Baca Juga   :    Mengenal Google Form untuk Kebutuhan Survey Anda

 

Kesimpulan dan Penutup

Ada banyak aplikasi dan situs online yang bisa digunakan untuk membuat formulir survey yang sederhana, Anda bisa membuatnya secara manual atau dengan bantuan template yang disediakan. Namun, jika Anda bekerja di perusahaan besar yang memiliki kebutuhan lebih lanjut dari survei Anda, Anda mungkin menemukan alat seperti Qualtrics, Adobe Marketing Cloud, atau SoGoSurvey untuk memiliki lebih banyak fitur yang Anda butuhkan.

Dengan menggunakan kuesioner, Anda bisa melihat respon secara objektif. Kerahasiaan responden juga terjaga dengan adanya form tanpa mengisi nama responden, sehingga Anda bisa mengumpulkan tanggapan lebih tersusun berdasarkan pengelompokan tertentu. Penyebaran kuesioner bisa lebih luas mengingat waktu yang dibutuhkan untuk menyebarkannya lebih cepat. Anda juga tidak perlu khawatir bisa mengeluarkan biaya yang besar, cukup membagikan link dan menyebarkannya melalui platform di berbagai media sosial kuesioner Anda bisa terjangkau.