Tidak praktis jika suatu kegiatan belum bisa dilakukan secara online. Akan tetapi, anda tidak perlu khawatir karena sudah banyak kegiatan yang sudah bisa dilakukan melalui online, apalagi dalam hal pelayanan online, tentu dengan cara ini sangat memudahkan aktivitas manusia. Kegiatan yang bisa dilakukan secara online tentu akan lebih efisien dan efektif. Kegiatan-kegiatan seperti membayar listrik, membayar pajak, hingga cara cek tagihan, bahkan pembayaran PDAM dapat dilakukan secara online. Listrik dan air memang tidak bisa dipungkiri telah menjadi kebutuhan pokok manusia setiap harinya.

Kebutuhan pokok tersebut merupakan hal penting bagi manusia untuk bisa bertahan hidup. Terlebih dari itu, jika anda tinggal di kota-kota besar, seperti Jakarta, Surabaya, Semarang pastinya sumber air bersih cukup sulit untuk ditemukan. Sehingga hal ini menuntut beberapa masyarakat di kota besar untuk menggunakan sumber air bersih dari Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM). Hal ini disebabkan tempat tinggal mereka sulit untuk dibuat sumur, demi bisa mendapatkan sumber air bersih.

Nah, karena hal itu pelayanan dari PDAM kini terus mengalami perkembangan inovasi. PDAM demi bisa memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat untuk mengalirkan sumber air bersih memberikan sistem tagihan dan pembayaran secara online. Hal ini sudah bisa diakses oleh masyarakat melalui situs resmi PDAM. Buat anda yang menggunakan layanan PDAM, akan lebih mudah dan efektif dan efisien dalam melakukan pembayaran ketika mengetahui bagaimana cara cek tagihan dan pembayaran online PDAM. Namun, sebelum membahas secara detail bagaimana cara cek dan tagihan PDAM bagaimana kalau kita mengenal sekilas tentang PDAM. Berikut adalah penjelasannya, Yuk kita simak bersama-sama.

 

Pengertian Singkat Tentang PDAM

 

PDAM merupakan perusahaan yang didirikan pemerintah berbentuk badan usaha yang umumnya Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) yang memiliki tugas untuk menyalurkan ar bersih ke masyarakat di seluruh Indonesia. PDAM ini sangat berperan besar bagi masyarakat yang bertempat tinggal di kota-kota besar, karena tentu mereka sangat sulit menemukan sumber air bersih.

Setiap daerah pasti memiliki PDAM yang bekerja sesuai dengan regulasi dari pemerintah daerah setempat, contohnya seperti kotamadya dan kabupaten. Melalui PDAM ini anda bisa menikmati air bersih untuk dikonsumsi, mencuci, dan untuk kepentingan lainnya. Tanpa air manusia tidak akan bisa bertahan hidup, maka dari itu PDAM disini hadir memberikan pelayanan untuk memenuhi kebutuhan akan air bersih.

Dalam prosesnya sendiri, PDAM telah melewati perjalanan pembangunan dan prasarana penyediaan sumber air bersih di Indonesia yang dilakukan secara bertahap, yang jika dihitung kurang lebih mencapai 45 tahun. Bahkan kebanyakan dari sistem penyediaan sumber air bersih ini merupakan peninggalan dari zaman kolonial, dimana ada beberapa PDAM di Semarang, Solo, Salatiga, dan Jakarta yang dulu merupakan sistem penyediaan sumber air bersih yang dibangun pemerintah Belanda di Indonesia.

Nah, jadi itu tadi sekilas informasi tentang apa itu PDAM dan sejarahnya yang berguna bagi kalian sebagai pengantar. Karena zaman terus berkembang dan terus bertransformasi menjadi serba digital kini PDAM hadir ke dalam dunia digital. Bagaimana kehadiran PDAM di dunia digital? Kehadiran tersebut tentu memberikan kabar baik karena sekarang segala aktivitas seperti membayar dan mengecek tagihan dapat dilakukan secara online. Beriku pada bagian selanjutnya adalah cara cek dan membayar tagihan PDAM.

 

Baca Juga :    Cara Cek Tagihan Listrik PLN dengan Mudah dan Cepat (Online / Offline)

 

Cara Cek Tagihan PDAM secara Online

Sebelum membahas tentang bagaimana cara mengecek tagihan PDAM, anda harus tahu bagaimana cara mengetahui nomor pelanggan PDAM, apalagi jika bukti tagihan yang anda punyai itu hilang. Apabila anda tidak mengetahui nomor pelanggan, maka ada tidak akan bisa mengecek tagihan PDAM. Lantas, hal apa yang harus dilakukan? Pertama, coba cek di meteran air. Disitu biasanya nomor pelanggan ada di lingkaran meteran dekat kaca. Apabila meteran air di rumah anda sudah usang, nomor tersebut mungkin tidak bisa dilihat lagi. Seandainya Itu terjadi anda bisa menghubungi sosial media PDAM atau menghubungi call center PDAM setempat.

Namun, apabila anda tidak tahu akun sosmed dan nomor call center PDAM, anda bisa mengecek di situs resmi PDAM kota anda. Cukup dengan memasukkan nama dan alamat lengkap, akan muncul informasi mengenai data dan nomor pelanggan milik anda. Namun, jika hal itu tidak bisa atau ada gangguan jaringan internet maka langkah terakhir adalah kalian datang ke tempat atau kantor PDAM kantormu. Nah, berikut ini akan dijelaskan bagi kalian bagaimana cara cek tagihan PDAM di Jakarta dan sekitarnya.

 

Cara Cek Tagihan PDAM di Jakarta

  • Buka situs resmi PDAM Jakarta.
  • Pilih kelompok tarif dan ukuran meter air
  • Ketik penggunaan air per meter kubik
  • Klik hitung, setelah itu akan muncul rincian pemakaian air per meter kubik dan perkiraan total tagihan akan terlihat di layar.

Cara Cek Tagihan PDAM di Bogor

  • Buka situs remsi PDAM Kota Bogor.
  • Pilih kelompok tarif
  • Ketik stand meter bulan lalu dan bulan sekarang
  • Setelah itu klik proses, maka rincian pemakaian air per meter kubik dan total tagihan akan tampil layar

Cara Cek Tagihan PDAM di Depok

  • Buka situs resmi PDAM Kota Depok.
  • Pilih Kategori
  • Isi diameter
  • Ketik penggunaan air per meter kubik
  • Klik Hitung, setelah hitung ini akan tampil biaya tagihan di layar anda

Cara Cek Tagihan PDAM di Tangerang

  • Buka situs resmi PDAM Kota Tangerang.
  • Isi nomor sambungan pelanggan dan nama pelanggan
  • Klik cek

Cara Cek Tagihan PDAM di Bekasi

  • Buka situs resmi PDAM Kota Bekasi di tirtabhagasasi.co.id
  • Scroll ke bawah, kamu akan menemukan tautan bertuliskan klik di sini untuk mengecek tagihan
  • Masukkan nomor pelanggan dan klik cari, Setelah kamu tahu berapa jumlah tagihan yang harus kamu bayar, kamu tinggal bayar deh.

Anda sebenarnya juga bisa melakukan cek tagihan PDAM melalui situs-situs resmi yang sudah bekerja sama dengan PDAM. Berikut adalah situs-situs yang sudah bekerja sama dengan PDAM

  • Traveloka
  • Bukalapak
  • Tokopedia
  • Cermati
  • Ralali
  • Sepulsa

Baca Juga :   Cara Membayar Tagihan Melalui Indomaret

 

Cara Membayar Tagihan PDAM

Bagi kalian yang ingin membayar tagihan PDAM setelah mengetahui tagihannya berikut kalian bisa melakukannya dengan berbagai macam cara seperti yang akan diulas pada bagian berikut ini. Cara-cara tersebut adalah melalui minimarket, kantor pos, bank atau ATM, atau dengan cara online. Jadi bisa dibilang bahwa ada 2 cara untuk membayar tagihan PDAM yaitu dengan cara online maupun offline dan berikut adalah cara-caranya.

  1. Melalui Loket PDAM. Cara yang pertama ini merupakan cara offline atau konvensional. Anda harus datang ke kantor PDAM di kota kalian. Anda cukup memberi tahu nomor pelanggan dan petugas kasir di sana akan memberitahu jumlah tagihan yang harus anda bayar.
  2. Melalui Kantor Pos. Anda bisa datang ke Kantor Pos terdekat dan mencoba tanyakan ke petugas loket untuk pembayaran tagihan PDAM. Namun ingat biasanya pembayaran di Kantor Pos hanya bisa dilakukan dengan uang tunai
  3. Melalui Bank atau ATM. Demi memudahkan pelanggan PDAM bekerja sama dengan beberapa bank sebagai pembayaran resminya. Anda bisa melunais tagihan dengan datang langsung ke bank atau ATM.
  4. Melalui Online atau Internet Banking :
    • Log in di ib.bri.co.id/ib-bri
    • Pilih menu Pembayaran
    • Pilih PDAM
    • Pilih Rekening
    • Pilih tujuan pembayaran, yaitu PDAM di kota kamu
    • Ketik nomor pelanggan kamu, lalu klik kirim
    • Selanjutnya akan muncul menu konfirmasi data. Jika informasi yang tertera di situ sesuai, klik lanjutkan
    • Ketik challenge code
    • Transaksi pembayaran selesai

 

Kesimpulan dan Penutup

Nah jadi itulah tadi penjelasan tentang bagaimana cara mengecek tagihan dan membayar PDAM secara offline dan online. Memang tidak bisa dipungkiri jika sekarang air adalah sumber utama kehidupan manusia. Hal ini tentu penting sekali apalagi bagi mereka yang tinggal di daerah perkotaan yang tentu jauh dari sumber air bersih. Maka dari itu, pemerintah hadir melalui perusahaan BUMD yang diberi nama PDAM untuk mengelola kebutuhan air bersih masyarakat.

Masyarakat dapat melakukan pembayaran secara online maupun offline. Namun sebelum melakukan pembayaran akan lebih baik jika konsumen PDAM mengetahui berapa tagihan mereka yang harus dibayarkan. Cara mengecek tagihan PDAM di zaman yang serba digital ini bisa dilakukan secara online melalui situs resmi PDAM setempat dan marketplace. Selain itu pembayarannya juga bisa dilakukan secara online dan offline. Demikianlah artikel mengenai cara cek dan bayar tagihan PDAM.