BPJS Kesehatan adalah Badan Usaha Milik Negara yang memberikan layanan jaminan kesehatan serta asuransi kesehatan bagi semua warga negara Indonesia agar memperoleh manfaat pemeliharaan kesehatan maupun perlindungan untuk memenuhi kebutuhan dasar kesehatan. Hadirnya layanan BPJS Kesehatan memang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Setiap warga negara yang sudah terdaftar secara resmi sebagai anggota BPJS Kesehatan maka akan memperoleh kartu BPJS Kesehatan. Proses print kartu BPJS Kesehatan tersebut biasanya dilakukan oleh pihak kantor BPJS Kesehatan.

Kartu BPJS Kesehatan biasanya berisi informasi identitas serta nomor keanggotaan BPJS Anda. Kartu BPJS Kesehatan sangat diperlukan untuk berbagai urusan ketika berobat, mulai dari proses pendaftaran berobat, pengobatan hingga keperluan lainnya. Dengan memiliki kartu BPJS Kesehatan maka bisa menjadi bukti bahwa Anda memang benar-benar terdaftar secara resmi. Pastikan kartu tersebut selalu Anda bawa saat mengunjungi rumah sakit atau fasilitas kesehatan lainnya. Kemudian tunjukkan kartu tersebut kepada petugas untuk mengikuti tahap berikutnya.

Kartu BPJS memang memiliki peran yang sangat penting bagi setiap anggota BPJS Kesehatan, sehingga sebaiknya disimpan dan dirawat dengan baik agar tidak hilang atau rusak. Akan tetapi saat Anda dihadapkan pada situasi kartu BPJS Kesehatan yang hilang atau rusak, sebaiknya tak perlu panik. Sebab Anda bisa melakukan print kartu BPJS Kesehatan via BPJS online secara mudah tanpa harus datang ke kantor BPJS Kesehatan. Untuk informasi lebih lengkap mengenai cara cetak kartu BPJS Kesehatan via online, berikut langkah-langkahnya.

Pentingnya Print Kartu BPJS Kesehatan Online

 

Bagi Anda yang sudah terdaftar sebagai anggota BPJS Kesehatan, selama ini mungkin beranggapan bahwa print kartu BPJS Kesehatan hanya bisa dilakukan di kantor BPJS saja. Padahal proses print kartu tersebut bisa Anda lakukan cukup melalui layanan online BPJS Kesehatan. Sistem cetak kartu BPJS secara online tersebut sudah resmi diterbitkan sejak Juni 2019 dan bisa dinikmati oleh semua pengguna BPJS Kesehatan.

Sebelum print kartu BPJS Kesehatan via online berupa kartu e-ID diluncurkan, BPJS Kesehatan sudah meluncurkan terlebih dahulu sistem pembayaran BPJS Kesehatan secara online. Antusias anggota BPJS Kesehatan yang begitu tinggi terhadap sistem pembayaran secara online, membuat pihak BPJS Kesehatan berupaya memberikan pelayanan yang prima melalui sistem print kartu BPJS Kesehatan via online. Nantinya kartu yang sudah dicetak secara online akan berwujud kertas dan berisi informasi indentitas anggota BPJS Kesehatan.

Hadirnya layanan print kartu BPJS Kesehatan via online memang sangat membantu anggota BPJS yang kehilangan kartu atau belum sempat cetak kartu di kantor BPJS. Meski sudah mencetak kartu BPJS secara Anda, sebaiknya Anda tetap membawa dokumen pendukung saat berobat seperti KTP dan KK. Selain itu, bagi anggota BPJS yang sudah mencetak kartu BPJS e-ID maka tidak wajib mengganti karti tersebut dengan kartu yang asli. Meski kartu yang dicetak via online ini berbeda dengan kartu BPJS asli secara fisik, namun kedua kartu tersebut tetap mempunyai manfaat dan fungsi yang sama.

Baca Juga : Contoh Company Profile dan Cara Membuatnya dengan Mudah dan Cepat 

Cara Print Kartu BPJS Kesehatan Via Aplikasi BPJS Online

Di zaman serba digital seperti saat ini, berbagai aktivitas memang semakin mudah. Terlebih adanya smartphone yang dilengkapi berbagai aplikasi mobile termasuk salah satunya aplikasi BPJS Kesehatan. Adanya aplikasi BPJS kesehatan ini bertujuan untuk memudahkan para peserta BPJS untuk melakukan berbagai aktivitas terkait BPJS. Dimana aplikasi dari BPJS Kesehatan ini disebut dengan Mobile JKN. Melalui aplikasi ini, Anda bisa melakukan beberapa hal mulai dari cetak kartu, skrining riwayat, pindah faskes, pengaduan hingga print kartu BPJS Kesehatan.

Sebetulnya, proses print kartu BPJS Kesehatan tidak hanya bisa dilakukan melalui aplikasi android tetapi juga melalui situs resmi BPJS Kesehatan. Cara print kartu BPJS Kesehatan melalui situs BPJS juga hampir sama dengan proses di aplikasi. Akan tetapi proses cetak kartu melalui aplikasi dianggap lebih mudah karena bisa diakses melalui smartphone. Bagi Anda yang selama ini belum pernah print kartu BPJS Kesehatan melalui aplikasi Mobile JKN, sebaiknya tak perlu khawatir. Berikut cara cetak kartu BPJS Kesehatan yang mudah dan praktis.

Baca Juga : Cara Mengecilkan Ukuran Foto Tanpa Mengurangi Kualitas dengan Mudah 

 

  1. Download dan Instal Aplikasi Mobile JKN

    Sebelum Anda melakukan print kartu BPJS Kesehatan melalui aplikasi Mobile JKN, sebelumnya silahkan download dan instal aplikasi tersebut di smartphone Anda. Anda bisa mendownload aplikasi mobile JKN secara gratis melalui Google Play Store. Silahkan tunggu beberapa saat hingga proses download dan instal aplikasi berhasil dilakukan.

  2. Menjalankan Aplikasi Mobile JKN

    Aplikasi mobile JKN sangat mudah digunakan seperti jenis aplikasi smartphone lainnya. Bagi Anda yang masih termasuk sebagai pengguna baru aplikasi mobile JKN maka silahkan melakukan pendaftaran terlebih dahulu. Caranya dengan membuka aplikasi lalu klik menu daftar, lalu pilih menu aktivasi akun. Kemudian silahkan Anda mengisi data kepesertaan BPJS Kesehatan secara benar. Klik menu “register” dan kode aktivasi akun akan dikirimkan ke email Anda.
     
    Bagi Anda yang lupa atau tidak tahu nomor kartu BPJS yang sudah hilang, maka Anda bisa melakukan pendaftaran menggunakan kartu BPJS milik anggota keluarga Anda yang lain tetapi masih dalam satu Kartu Keluarga. Selain itu, Anda juga dapat menghubungi call center BPJS Kesehatan melalui nomor 1500400 untuk mengetahui nomor kartu BPJS Kesehatan Anda.

  3. Login

    Sesudah Anda berhasil mendaftar akun, Anda sudah bisa melakukan login ke aplikasi mobile JKN. Caranya dengan memasukkan nomor kartu BPJS atau email. Isi juga password Anda sesuai yang sudah Anda buat pada saat pendaftaran akun.

  4. Masuk Aplikasi

    Sebelum Anda memulai print kartu BPJS Kesehatan, terlebih dahulu Anda harus masuk ke aplikasi Mobile JKN untuk memperoleh e-ID Kartu BPJS. Caranya dengan memilih menu BPJS Kesehatan mandiri lalu pilih cetak kartu e-ID. Kemudian pada aplikasi akan muncul ikon email serta pertanyaan apakah Anda ingin mengirimkan kartu e-ID ke email atau tidak. Silahkan pilih menu “Ya” untuk melanjutkan ke proses print kartu BPJS Kesehatan. Aplikasi akan mengirimkan e-ID Kartu BPJS berformat file PDF ke email Anda.

  5. Print Kartu BPJS Kesehatan

    Segera buka kotak masuk email Anda dan cari pesan yang berisi kartu e-ID BPJS Kesehatan. Lakukan pengunduhan pada file terlampir tersebut. Jika proses pengunduhan selesai, Anda dapat melakukan print kartu BPJS Kesehatan memakai printer dan akhirnya kartu BPJS Kesehatan Anda siap dipakai.

Untuk menikmati kemudahan print kartu BPJS Kesehatan melalui mobil JKN maka Anda harus terlebih dahulu terdaftar untuk pertama kali serta pernah membayar iuran BPJS Kesehatan pertama kali. Selain itu, untuk mendaftar sebagai peserta BPJS Kesehatan maka Anda harus mendatangi kantor BPJS Kesehatan setempat dengan membawa dokumen persyaratan yang dibutuhkan.

Baca Juga : Daftar Harga Paket Internet Telkomsel Terbaru 2020 

 

Kesimpulan dan Penutup

Hadirnya layanan print kartu BPJS Kesehatan online melalui aplikasi mobile JKN memang sangat memudahkan para peserta BPJS. Aplikasi ini juga menyediakan berbagai layanan dan informasi yang pasti sangat menguntungkan para peserta BPJS. Bagi Anda yang saat ini sudah terdaftar sebagai peserta BPJS Kesehatan, maka jangan ragu untuk segera memiliki aplikasi mobile JKN.

Ketika kartu BPJS Kesehatan Anda hilang atau rusak, sebaiknya Anda tidak perlu repot melapor ke kantor BPJS Kesehatan. Sebab Anda bisa melakukan sendiri print kartu BPJS Kesehatan via BPJS online dengan menggunakan aplikasi mobile JKN. Pastinya melakukan cetak kartu BPJS Kesehatan via aplikasi mobile JKN dijamin lebih praktis, hemat waktu dan tenaga.