SMS (short message service) atau layanan pesan singkat adalah bagian komponen layanan pesan teks dari kebanyakan sistem telepon, Internet, dan perangkat seluler. Dengan menggunakan protokol komunikasi standar yang memungkinkan perangkat seluler bertukar pesan teks singkat, layanan perantara ini dapat memfasilitasi konversi teks ke suara untuk dikirim ke telepon rumah. SMS sempat menjadi pilihan populer sebelum adanya aplikasi kirim teks online seperti BBM Messenger atau WhatsApp.

Berawal dari telegrafi radio dalam pager memo radio yang menggunakan protokol telepon standar bisa dikatakan sebagai perangkat modern abad ini. Sehingga pada tahun 1985 ditetapkan sebagai bagian dari rangkaian standar Global System for Mobile Communications (GSM). Sedangkan pesan uji SMS pertama dikirim tahun 1992 silam yang kemudian diluncurkan secara massal ke banyak jaringan seluler pada saat itu. Karena kepraktisannya, SMS menjadi sangat populer di seluruh dunia sebagai cara berkomunikasi yang mudah dan real time.

Tercatat pada akhir 2010, dengan perkiraan 3.5 miliar pengguna aktif atau sekitar dari 80% pelanggan telepon seluler, membuat SMS menjadi aplikasi data dan komunikasi yang paling banyak digunakan. Mengingat banyaknya pengguna SMS tadi, cara pemasaran bisnis pun menggunakan kesempatan ini untuk melakukan pemasaran menggunakan SMS. apalagi SMS juga dapat dikirim dengan cara bulk atau banyak secara gratis.

 

Keuntungan Mengirim SMS Online

 

 

Ada banyak keuntungan yang bisa didapat dari mengirim SMS secara online ketimbang mengirim SMS dengan cara biasanya. Salah satunya adalah pengirim tidak memerlukan pulsa untuk mengirim pesan singkat SMS mereka secara banyak. Semua pesan dapat dikirim secara banyak dengan menggunakan jaringan internet saja.

Selain itu pengirim juga tidak harus terbentur pada batasan pengiriman SMS hingga cara mengirim SMS online ini sangat menarik dalam menyebarkan informasi massal. Pengirim pun tidak harus menunggu jeda dalam pengirimannya dan dapat mengirim bulk SMS dalam waktu yang berdekatan. Berikut beberapa pertimbangan untuk menggunakan SMS online :

 

  • Kecepatan

    Mengetik pesan di keyboard jauh lebih cepat, lebih mudah dan lebih akurat daripada mengetik pesan di ponsel Anda dengan susah payah. Setelah online, Anda dapat mengupload kontak Anda ke database (jangan lupa kode negaranya) tempat Anda dapat dengan cepat dan mudah mengurutkan daftar penerima pesan atau audiens target Anda.

  • Efisiensi

    Kirim pesan secara instan atau jadwalkan untuk waktu pengiriman pilihan Anda. Ini sangat berguna untuk SMS pemasaran bisni, penyebaran informasi atau kampanye SMS dengan pengiriman pesan massal, karena Anda dapat menyiarkan ribuan pesan secara instan.

  • Kemudahan penggunaan

    Kirim pesan di mana saja, kapan saja dan yang Anda butuhkan hanyalah koneksi internet atau akses ke email Anda. Pengiriman pesan juga dapat diotomatiskan dan dimasukkan ke dalam proses dan sistem bisnis Anda.

  • Cocok untuk tujuan tertentu

    SMS online dibuat untuk bisnis. Buat laporan waktu nyata untuk atasan Anda, periksa apakah pesan untuk kampanye pemasaran Anda dikirim menggunakan tanda terima pengiriman, dan lihat riwayat lengkap pesan yang dikirim dan diterima untuk memastikan Anda mencapai ROI terbaik untuk bisnis Anda.

  • Efektivitas biaya

    Mengirim pesan teks secara online melalui penyedia lebih murah, dan lebih efektif waktu daripada mengirimnya langsung dari ponsel Anda. belum lagi mengirim SMS online dapat menjangkau banyak provider lokal hingga skala internasional.

 

Adapun cara untuk mengirim SMS online gratis ke semua operator dapat dilakukan dengan beberapa cara serta menggunakan aplikasi berikut ini.

 

Baca Juga  :    Cara Transfer Pulsa Telkomsel, Indosat, XL, dan Provider lainnya di Indonesia

 

Cara Kirim SMS Online Gratis dengan Aplikasi

Pada dasarnya untuk dapat mengirim SMS secara online dalam jumlah banyak, rata- rata adalah menggunakan dukungan aplikasi. Berikut beberapa aplikasi yang dapat Anda coba :

 

  • OpenTextingOnline

    OpenTextingOnline adalah aplikasi untuk mengirim pesan teks gratis secara online yang dapat mengirim SMS dari komputer ke ponsel. Anda juga tidak harus melakukan registrasi dan dapat mengirim SMS Anda hingga jangkauan internasional. Cara- cara untuk menggunakan aplikasi ini adalah :

    • Buka opentextingonline(dot)com.
    • Pilih negara tujuan.
    • Masukkan nomor telepon.
    • Jika Anda ingin menerima balasan untuk pesan teks Anda melalui email, masukkan alamat email Anda.
    • Ketikkan pesan teks Anda.
    • Kirim teks atau MMS atau keduanya.
    • Tunggu balasan.
  • SENDaTEXT

    SENDaTEXT memungkinkan Anda mengirim pesan teks gratis ke nomor ponsel mana pun menggunakan internet dan browser web standar. Tidak perlu membeli kartu panggil atau nomor PIN dan yang Anda perlukan untuk mengirim pesan teks gratis secara online adalah browser web standar. Masuk saja ke halaman SENDaTEXT, masukkan nomor telepon dan klik kirim.

    Baca Juga :     Cara Cek Kuota Internet Telkomsel, Indosat, XL, dan Provider lainnya di Indonesia

  • Globfone

    Sekarang kirim pesan teks (SMS) tanpa khawatir tagihan telepon terus naik. Faktanya, sekarang Anda dapat mengirim pesan teks gratis lokal, nasional dan internasional, berkomunikasi dengan lancar dan mendapatkan keuntungan dengan menghemat sejumlah besar uang saat melakukannya. Berikut langkah- langkahnya :

    • Masukkan kode negara
    • Masukkan nomor penerima SMS
    • Kirim pesan SMS
    • Check status pengiriman
    • Ulangi jika ingin mengirim banyak pesan SMS
  • TextEmNow

    Alasan utama mengapa situs ini layak direkomendasikan adalah karena jumlah karakter situs yang lebih tinggi. Tidak seperti kebanyakan situs SMS gratis yang memiliki batas sekitar 150 karakter, aplikasi TextEmNow memungkinkan Anda menulis pesan hingga 300 karakter. Pengembang situs juga mengklaim bahwa mereka tidak mencatat alamat IP apa pun. Secara teknis, Anda dapat menggunakan TextEmNow untuk mengirim SMS ke nomor ponsel mana pun di dunia, tetapi tidak berkemungkinan kalau pembatasan khusus lokasi mungkin akan berlaku.

  • Send Anonymous Text

    Cara lain untuk mengirim pesan teks gratis secara online tanpa registrasi adalah dengan menggunakan aplikasi Send Anonymous Text. Seperti namanya, layanan ini tidak memerlukan detail pribadi agar Anda dapat mengirim pesan teks gratis. Jadi, jika Anda ingin mengirim pesan singkat atau hanya menggunakan layanan untuk menghubungi orang secara anonim, layanan ini mungkin jawabannya. Send Anonymous Text memiliki maksimal 145 karakter dan mendukung lebih dari 80 negara berbeda di seluruh dunia.

  • SendSMSnow

    SendSMSnow adalah layanan SMS gratis lainnya yang mengharuskan Anda membuat akun sebelum dapat mengirim pesan. Setelah Anda membuat akun, Anda dapat membuat buku telepon kontak, menambahkan gambar profil, dan menerima balasan ke pesan Anda di kotak masuk pribadi Anda. SendSMSnow juga mendukung perpesanan grup, meskipun tidak gratis. Untuk setiap pesan yang Anda kirim, Anda akan dikenakan biaya satu sen untuk setiap pengguna di grup. Misalnya, satu SMS yang dikirim ke grup 20 orang akan dikenakan biaya $ 0,20. Secara teori, layanan ini bekerja dengan nomor telepon seluler di seluruh dunia sedangkan jumlah karakter dalam pesan dibatasi hingga 130.

Baca Juga  :      Daftar Harga Paket Internet Telkomsel Terbaru 2020

 

Kesimpulan dan Penutup

Meski adalah pilihan komunikasi yang sempat populer dan menjadi pilihan di seluruh dunia, hanya saja protokol SMS memungkinkan pengguna untuk mengirim dan menerima pesan hingga 160 karakter saja (bila seluruhnya alfa-numerik) ke dan dari ponsel GSM. Meskipun sebagian besar pesan SMS dikirim dari satu telepon seluler ke telepon seluler lainnya, dukungan untuk layanan tersebut telah meluas hingga mencakup teknologi seluler lainnya, seperti jaringan CDMA ANSI dan AMPS Digital.

Pemasaran seluler, seperti sejenis pemasaran langsung biasanya menggunakan layanan SMS. Laporan hasil riset pasar di tahun 2018 lalu mencatat bisnis perpesanan SMS global diperkirakan bernilai lebih dari US $ 100 miliar, menyumbang hampir 50 persen dari semua pendapatan yang dihasilkan oleh perpesanan seluler. Tidak mengherankan kalau SMS masih termasuk pilihan dalam mengirimin pesan di seluruh dunia.