Sebagai seorang yang akan memulai bisnis online tentunya banyak hal yang harus dipersiapkan. Persiapan tersebut harus dilakukan secara matang agar nantinya dapat berjalan dengan baik. Salah satu faktor penting berjalannya sebuah bisnis online adalah penjualanya dilakukan secara online melalui website. Website juga memerlukan pelengkap agar dapat berjalan dengan normal.

Agar website dapat diaktifkan maka perlu adanya domain dan hosting. Jika hosting berguna sebagai alamat dari website lain halnya dengan hosting yang berarti tempat untuk menaruh segala data-data yang ada di website. Hosting juga menentukan performa dari website Anda. Oleh karena itu pemilihan hosting harus teliti karena sangat mempengaruhi performa dari website nantinya.

Jika memilih dengan benar, kamu bisa berbahagia seumur hidup dengan host yang handal dan berkinerja tinggi yang selalu siaga melalui telepon, live chat, atau email untuk menjawab pertanyaan genting yang Anda tanyakan di tengah malam. Namun sebaliknya jika memilih hosting yang salah akan berdampak kerugian terhadap bisnis online Anda. Ada cara untuk memilih hosting untuk bisnis online, berikut pembahasannya.

 

Pengertian  Apa Itu Hosting

Hosting adalah tempat untuk menampung data-data yang diperlukan oleh sebuah website dan sehingga dapat diakses lewat Internet. Data disini dapat berupa file, gambar, email, aplikasi/program/script dan database. Pengibaratan hosting ini adalah sebuah mall yang masih kosong dengan didalamnya terdapat kios yang disewakan oleh manajemen mall untuk pedagang.

Disitu manajemen mall menyewakan ruangan, infrastruktur, listrik, telepon dan fasilitas lainnya agar orang-orang dapat membuka usaha. Setiap kios pengelolanya dapat berbeda, dekorasinya berlainan dan beroperasi masing-masing dengan caranya sendiri. Tentunya luas kios yang disediakan memiliki batasan. Sama seperti cara kerja penyewaan hosting untuk sebuah website.

Baca Juga :     Tips Memilih Nama Domain untuk Usaha Online yang Baik dan Benar

 

Cara Memilih Hosting

 

Berikut ini pembahasan tentang cara memilih hosting yang tepat untuk bisnis online yang akan bangun. Ikutilah cara-cara dibawah ini dengan teliti agar Anda tidak salah untuk membeli hosting yang sesuai kebutuhan. Simak juga penjelasan singkatnya agar lebih paham tentang alasannya.

 

  • Tentukan Jenis Hosting yang Dibutuhkan

    Hal pertama yang harus dilakukan sebelum memulai mencari hosting yang tepat adalah sebisa mungkin luangkan waktu sejenak untuk memikirkan tentang apa yang Anda cari untuk kedepannya. Kebutuhan hosting akan mempengaruhi kompatibilitas kamu dengan penyedia dan layanan hosting tertentu. Untuk bisnis online yang baru memulai pilihlah hosting yang memiliki spesifikasi tidak terlalu tinggi terlebih dahulu. Lalu setelah beberapa waktu dengan melihat trafik pengunjung website semakin tinggi maka tingkatkan jenis hosting untuk bisnis online Anda untuk menunjang performa website.

  • Perhatikan Kecepatan

    Menurut riset dari google menunjukkan sebesar 53% pengunjung akan meninggalkan website yang memakan waktu loading lebih dari 3 detik. Maka dari itu sangat disarankan agar Anda mempunyai website dengan performa load speed yang cepat. Performa load speed cepat tersebut dapat juga dipengaruhi oleh hosting yang digunakan. Mengingat hosting adalah wadah penyimpanan data pada website, maka Anda perlu mempertimbangkan kecepatan servernya pula.
    Jika website Anda dapat lebih cepat, maka tidak mustahil bila kamu bisa selangkah lebih maju daripada para pesaing yang lain. Google menjadikan kecepatan website pada algoritma mereka untuk website mendapatkan rank lebih tinggi di SERP. Tidak heran jika website yang biasa Anda jumpai di halaman pertama Google memiliki kecepatan website yang baik.

  • Keamanan

    Sebelum memilih hosting sebaiknya perhatikan juga fitur-fitur yang disediakan oleh registrar. Fitur yang tidak kalah penting adalah keamanan. Hal tersebut dikarenakan website yang Anda miliki digunakan untuk bisnis yang kemungkinan akan menyimpan data pembeli, informasi mengenai bisnis online Anda. Maka dari itu keamanan juga harus diutamakan.

  • Serive pelayanan 24 Jam

    Pelayanan 24 jam yang disediakan oleh registrar tentunya sangat membantu pembeli saat sedang dibutuhkan. Anda tidak akan tahu kapan terjadi error ataupun permasalahan lain disetiap waktu. Maka dari itu pilihlah registrar yang menyediakan layanan live chat 24 jam. Tentunya menjadi salah satu fitur yang menarik bagi banyak pelanggan. Live chat telah lama menjadi pilihan saluran komunikasi untuk membantu pelanggan ketika mereka menghadapi masalah. Melalui live chat, penyedia hosting bisa menyediakan bantuan tentang masalah yang kamu hadapi dan memastikan apakah mereka sudah membantu kamu menyelesaikan masalahnya.

  • Kemudahan Dalam Penggunaan

    Pilihlah penyedia layanan hosting yang memberikan kemudahan dalam penggunaan mulai dari pemilihan nama domain dan paket hosting serta pengaturan website Anda. Penyedia hosting terbaik juga harus bisa memberikan kemudahan bagi para penggunanya, seperti memonitor resource dan menginstal software tanpa kesulitan. Akan lebih baik lagi jika Anda dibimbing melalui tutorial atau informasi bermanfaat dalam bentuk tulisan maupun audio-visual alias video. Untuk memudahkan pengelolaan website biasanya penyedia hosting memberikan akses Cpanel sebagai alat untuk mengelola website Anda.

 

Baca Juga   :    Apa itu Private Cloud : Pengertian, Fungsi, Keunggulan, dan Kelebihannya

 

Jenis Web Hosting Untuk Bisnis Online

 

Terdapat tiga jenis web hosting yaitu Shared Hosting, Cloud Hosting, Dedicated Server Hosting. Tentunya dalam memulai bisnis online akan ada banyak hal yang menjadi pertanyaan apalagi jika Anda baru mengenal digital marketing. Bisnis online ini menggunakan website untuk penjualannya. Akan ada hosting dan domain untuk membantu mengaktifkan website tersebut. Lalu seperti apakah jenis-jenis web hosting yang baik? Berikut terdapat penjelasannya.

 

  • Shared Hosting

    Website Anda akan shared server tunggal bersama dengan banyak situs-situs lain. Segala sesuatu di server tunggal ini berbagi termasuk RAM dan CPU.Ideal untuk usaha kecil atau situs-situs baru dengan traffic web yang relatif minim. Shared hosting dapat menjadi pilihan paling mahal atau menghemat uang bisnis Anda ketika Anda baru mulai terjun ke dalamnya. Dengan sebagian besar web host, Anda dapat mendownload dan menginstal aplikasi seperti WordPress, Drupal dan Joomla untuk membantu Anda membuat website Anda dan mengelola konten.

    Terdapat kelebihan dan kekurangan dari share hosting ini. Kelebihannya adalah murah, mudah digunakan oleh pemula (bahkan tak harus menguasai bahasa pemrograman), pre-configured server, control panel yang mudah digunakan, maintenance dan administrasi server dilakukan oleh penyedia hosting. Serta kekurangannya yaitu sedikit atau sama sekali tidak dapat mengontrol konfigurasi server. Apabila traffic tinggi di website pengguna lain, maka hal tersebut akan mempengaruhi kinerja situs Anda

  • Cloud Hosting

    Dikelola oleh sekelompok server yang membentuk “cloud.” Ideal untuk bisnis dengan mengalami pertumbuhan pesat. Anda dapat mengetahui skala sumber daya untuk mengakomodasi traffic pertumbuhan seperti penjualan atau promosi khusus. Cloud hosting memiliki kecepatan server lebih cepat daripada shared hosting karena terdapat bandwidth lebih yang tersedia untuk Anda. Salah satu kelebihan dari cloud hosting ini adalah ketika salah satu server cloud sibuk atau bermasalah, maka traffic situs Anda akan secara otomatis di-route ke server lainnya dalam cluster. Kekurangan dari cloud hosting ini adalah biaya sulit diperkirakan, akses root tidak selalu tersedia.

  • Dedicated Server Hosting

    Dapat dikatakan arti dari dedicated server hosting adalah Anda memiliki server sendiri untuk website bisnis Anda. Ideal untuk bisnis besar yang banyak melihat traffic web. Server didedikasikan untuk website Anda sehingga Anda tidak berbagi sumber daya dengan situs-situs lain. Manfaat utama dari dedicated server adalah Anda memiliki kontrol penuh atas server termasuk sistem operasi dan perangkat keras. Kemampuan maintenance server ini juga diperlukan mengingat jenis web hosting ini dimiliki secara pribadi. Namun keuntungannya adalah Anda dapat bebas untuk menginstal software apa saja yang diperlukan keamanan dan privasi maksimal dengan beberapa lapisan keamanan jaringan.

 

Baca Juga :    Mengenal Layanan Manage Private Cloud Indonesia dari IDCloudHost

 

Kesimpulan dan Penutup

Dengan berbagai pilihan yang ada tidak akan menyusahkan Anda dalam hosting. Perhatikan juga tempat penyedia layanan hosting. Pastikan pelayanan yang diberikan sangat baik dan tidak merugikan pelanggan. Manfaat juga promo yang disediakan oleh penyedia hosting agar menghemat pengeluaran Anda tetapi tidak lupa teliti dalam melihat fitur yang diberikan.

Memilih hosting yang tepat untuk bisnis Anda merupakan cara terbaik untuk menjaga kualitas website Anda. Selain itu memilih hosting yang sesuai dengan kebutuhan akan sedikit mengurangi pengeluaran Anda pada saat memulai bisnis. Pantau secara berkala trafik pengunjung serta interaksi yang dilakukan di dalam website. Jika sudah mulai naik trafiknya maka Anda harus meningkatkan hosting Anda yang awalnya mungkin shared hosting menjadi cloud hosting.