Ada banyak tempat untuk membeli nama domain murah untuk kebutuhan blog dan website. Sementara sebagian besar vendor memiliki reputasi baik, ada beberapa poin penting yang perlu diingat saat memutuskan dengan siapa Anda ingin mendaftarkan domain Anda. Hanya saja perlu diingat, Anda tidak harus meng-host situs web Anda di tempat yang sama saat Anda membeli nama domain.

Nama domain adalah string teks yang memetakan ke alamat IP numerik, digunakan untuk mengakses situs web dari perangkat lunak klien. Dalam bahasa Inggris sederhana, nama domain adalah teks yang diketik pengguna di jendela browser untuk membuka situs web tertentu. Misalnya, nama domain untuk Google adalah google(dot)com.

Alamat sebenarnya dari sebuah situs web adalah alamat IP numerik yang kompleks (misalnya 103.21.244.0), namun berkat DNS, pengguna dapat memasukkan nama domain yang ramah manusia dan diarahkan ke situs web yang mereka cari. Proses ini dikenal sebagai pencarian DNS. Ini membuat nama domain lebih mudah diakses daripada kombinasi angka yang kompleks tadi.

 

Cara Memilih Nama Domain Website dan Blog

 

Nama domain Anda adalah alamat rumah situs web Anda di Internet sekaligus juga menunjang image branding dari And sebagai individu maupun bisnis Anda. Mau tidak mau ini akan turut mempengaruhi kesuksesan usaha Anda juga, maka dari itu pilihlah nama domain dengan pertimbangan dan ketelitian :

  • Pilih nama yang unik dan mudah diingat kemungkinan besar akan melekat pada ingatan pengunjung dan mendorong mereka untuk kembali.
  • Gunakan domain yang singkat dan padat serta mudah dieja dan ditulis agar pengunjung Anda dapat langsung mengingatnya meski hanya melihat atau mendengar nama domain Anda sekali saja.
  • Nama domain Anda dapat segera memberikan gambaran kepada pengunjung baru atau pengguna mesin telusur tentang situs Anda.
  • Nama domain berdampak pada Search Engine Optimization (SEO).
  • Mengubah nama domain Anda setelah membuat situs dapat menyebabkan komplikasi dan pengenalan ulang yang memakan waktu.

 

Baca Juga  :     Apa itu Domain : Pengertian, Fungsi, Cara Kerja, dan Rekomendasinya

 

Keuntungan Membeli Domain Dari Penyedia Resmi

Meskipun ada ratusan tempat untuk beli domain baik skala nasional Indonesia hingga skala global, jangan membeli dari pendaftar domain yang tidak dikenal. Sama seperti bisnis dan merek lainnya yang mencurigakan, jika Anda membeli nama domain dari penyedia yang tidak resmi, maka Anda akan mendapatkan resiko buruk nantinya.

Kenyataannya adalah siapa pun dapat memulai pendaftaran domain dan perusahaan hosting. Salah satu cara terbaik adalah menjauh dari perusahaan pendaftaran domain jenis yang lebih kecil dan tetap menggunakan perusahaan yang lebih besar. Alasan utamanya adalah kurangnya dukungan pelanggan dari operasi yang lebih kecil dapat menjadi masalah besar karena Anda pasti ingin memilih perusahaan yang menawarkan dukungan pelanggan 24/7.

 

Baca Juga  :      Cara Mengetahui dan Cek Pemilik Domain dengan Mudah dan Cepat

 

Tips Mendapatkan Domain Murah

Anda harus bisa menyeimbangkan beberapa faktor saat memulai situs web Anda. Ada banyak sekali perusahaan yang menjanjikan banyak hal terkait domain murah, tetapi tampaknya lebih berminat pada cara menarik uang dari pelanggan daripada menyediakan pendaftaran yang memadai dan tanpa embel-embel. Jika Anda tidak yakin, cari penyedia nama domain yang memberikan jaminan uang kembali. Berikut beberapa tips yang bisa Anda baca dan pertimbangkan.

 

Beli nama domain minimal selama 2 tahun

Saat Anda membeli nama domain, daripada hanya mendaftarkannya selama satu tahun, Anda harus mempertimbangkan untuk mendaftarkannya setidaknya selama dua tahun atau bahkan lebih. Berikut beberapa alasan kenapa Anda harus menempuh cara ini :

  • Biasanya semakin lama Anda mendaftar, semakin rendah harganya per tahun. Juga, karena biaya biasanya naik setiap tahun, Anda akan dapat mempertahankan tarif rendah dari pertama kali Anda membelinya.
  • Hemat waktu dan kerumitan lebih efisien. Anda tidak perlu khawatir tentang memperbarui nama domain Anda setiap tahun atau lupa memperbarui nama domain Indonesia Anda dan akhirnya kehilangannya.
  • Mendapatkan lebih banyak manfaat SEO mengingat Google menghargai komitmen Anda dengan peringkat pencarian yang lebih tinggi.

 

Baca Juga    :      Domain Expired : Pengertian, Penyebab, Dampak dan Contoh Kasusnya

 

Jangan beli nama domain yang dilelang

Meskipun banyak perusahaan menginginkan satu kata, domain umum seperti asuransi(dot)com atau buku(dot)com, Anda harus menghindari domain seperti ini karena ada 2 masalah yang bisa timbul dengan domain seperti ini :

  • Tidak mudah diingat

    Sangat sulit untuk membangun merek di sekitar satu kata yang tidak berarti. Kata tersebut mungkin mendefinisikan industri tetapi klien mencari untuk membeli dari perusahaan bukan situs umum. Selain itu, Google dan mesin telusur lainnya lebih suka memberi peringkat nama domain bermerek daripada yang umum.

  • Harganya mahal

    Domain premium dijual seharga ratusan ribu hingga jutaan rupiah. Tidak jarang juga karena dianggap unik atau berbeda, nama domain ini bisa melambung dari harga normal atau sewajarnya.

 

Pada dasarnya pelanggan berhubungan dengan merek, bukan entri kamus. Ketika internet masih baru, orang akan mengetik kata ke browser mereka dan menambahkan “.com” di bagian akhir. Tidak ada yang melakukan cara ini lagi karena domain generik telah menjadi praktik umum. Sayangnya, perusahaan besar masih belum mendapatkannya dan dengan senang hati membayar lebih hanya untuk domain bernilai rendah ini.

 

Baca Juga   :     Macam-Macam Ekstensi Domain yang Perlu Kamu Ketahui Serta Fungsinya

 

Mencari tahu penyedia jasa nama domain

Akan sangat sulit menarik garis lurus bagi kata murah untuk setiap orang. Tetapi Anda bisa membandingkan setiap harga yang ditawarkan penyedia jasa nama domain dan melihat paket mana yang sesuai dengan budget serta kebutuhan Anda. Anda juga ingin memastikan tentang fitur-fitur berikut :

  • Pembaruan domain otomatis mengingat sebagian besar pendaftar sekarang menawarkan layanan ini, tetapi ada baiknya untuk memeriksanya. Hal terakhir yang Anda inginkan adalah kehilangan domain karena Anda lupa memperbaruinya.
  • Parkir domain gratis sampai Anda siap menggunakan domain Anda sendiri.
  • Penerusan domain gratis jika Anda menggunakan domain Anda sebagai tautan pengalihan.
  • Meskipun beberapa pendaftar domain juga menawarkan hosting, banyak pemilik bisnis memilih untuk menghosting situs mereka di tempat lain. Ini memberi mereka kebebasan untuk mengubah host tanpa memindahkan domain mereka.
  • Harga rendah itu bagus, tetapi berapa biaya untuk memperbaruinya dan maukah Anda untuk mengeluarkan dana lagi untuk itu?

 

Membeli Domain Murah di Indonesia

IDCloudHost merupakan salah satu Web Hosting Provider yang menyediakan layanan domain murah dan domain terlengkap yang ada di Indonesia. IDCloudHost juga merupakan salah satu Registrar yang terdaftar di PANDI selaku pengelola nama Domain Indonesia sehingga sebagai informasi harga Domain Indonesia akan lebih murah didapatkan di IDCloudHost dibandingkan Provider Hosting Lainnya. Domain sendiri merupakan nama dan identitas yang menggantikan IP dari suatu website sehingga menggunakan karakter untuk bisa mengakses suatu website.

Ibaratnya sebagai alamat rumah dimana kita jika membutuhkan alamat yang pasti untuk ke rumah tersebut. Ada banyak sekali domain yang bisa didapatkan di IDCloudHost baik itu domain TLS seperti domain .com, net, ,org, .info dan lainnya. Selain itu juga domain Indonesia terlengkap dan termurah seperti domain .id. Co.id, or.id baik untuk keperluan blog, website, organisasi, yayasan, sekolah dll.