Google merupakan salah satu mesin pencari yang berpusat di Amerika Serikat. Google menjadi mesin pencari yang paling mendunia serta terpopuler yang terdapat pada sebuah web. Dalam satu hari, Google bisa menerima sekitar 200 juta lebih berbagai jenis pencarian melalui situasnya maupun yang dimiliki pengguna. Google juga memiliki kantor pusat yang berada di Googleplex, Moutain View, California.

Perusahaan yang muncul pada tahun 1995 dan memiliki sejarah yang dianggap sebagai kombinasi antara jiwa kewirausahaan dari penciptanya, pekerja keras serta keberuntungan. Dengan diawali hal-hal sederhana saat ini Google semakin berkembang hingga akhirnya mampu menjadi platform yang sangat besar di dunia. Mesin Google juga kian berkembang hingga akhirnya mampu menghasilkan uang terutama bagi kaum milenilas. Diketahui jumlah penghasilan generasi milenials tersebut sudah melebihi gaji kantoran.

Bagi generasi milenials yang ingin memulai usaha, pasti akan berpikir ulang karena terkendala modal. Tetapi hal tersebut mungkin tidak akan terjadi bila Anda memanfaatkan Google. Sebab Google dapat memfasilitasi Anda untuk mendapatkan uang secara mudah dengan modal terbatas. Namun untuk memperoleh penghasilan tersebut tidaklah instan karena Anda harus melalui serangkaian proses dan terus belajar hingga akhirnya mendapatkan hasil sesuai harapan. Bagi Anda yang ingin belajar mendapatkan uang dari Google, perhatikan penjelasan di bawah ini.

 

Para Pendiri dan Tokoh Dibelakang Google

Google sendiri diciptakan oleh Sergey Brin dan Larry page pada tahun 1995 hingga pada tahun 1996 mereka berdua semakin fokus untuk pembuatan Google. Awalnya Google bernama BackRub yang berasal dari Alogaritma yang dapat membuat peringkat dengan mengedepankan jumlah back link yang dapat dimiliki sebuah halaman.

BackRub memiliki server yang berada di Stanford University satu tahun sebelum akhirnya berubah menjadi Google.com. Pada tahun 1998, Larry meluncurkan sebuah buletin bulanan yaitu Google Friends Newsletter yang berisi informasi lengkap seputar perusahaan tersebut. Buletin tersebut kini telah digantikan oleh Google+.

Baca Juga :    Cara Membuat Website GRATIS Dengan Menggunakan Google Bisnisku (Google My Business)

 

Perkembangan Google Sejak Dulu Sampai Sekarang

 

 

Dari waktu ke waktu, Google terus mengalami perkembangan yang luar biasa hingga saat ini semakin banyak pengguna Google yang bisa mendapatkan uang dari Google secara online dari pihak ketiga. Hal tersebut berkaitan dengan adanya layanan pay per click atau AdWords sehingga berdampak bagus dan membuat Google semakin sukses seperti saat ini.

Pada masa perkembangannya, Google pernah bersaing sangat ketat dengan Yahoo tepatnya sekitar tahun 2000-an. Tetapi pada akhirnya Yahoo kalah bersaing dan menjadikan Google semakin sukses dan banyak dikenal oleh masyarakat dunia. Pada tahun 2003, Google mengumumkan produk terbaru mereka yaitu Google AdSense yang sudah diakuisisi oleh Pyra Labs. Produk tersebut diluncurkan oleh Google supaya perusahaan dapat terhubung dengan semua jaringan dengan para pengiklan.

Tahun 2003 hingga 2004, Google terus mengalami perkembangan yang pesat dan hal ini bisa terlihat dari jumlah karyawan Google yang semakin banyak dan terus melonjak. Pada tahun 2004, Google merilis Gmail dan mengakuisisi Picasa serta resmi mendaftar sekaligus terdaftar pada bursa saham. Pada bulan Desember 2004, Google meresmikan Google.org yang mempunyai misi teknologi bisa mengubah dunia.

Kemudian di tahun 2005, Google menciptakan aplikasi untuk perangkat seluler yang menjadi strategi untuk mencapai tujuan perusahaan ini. Salah satu aplikasi tersebut yang paling popular yaitu Google Maps yang sampai saat ini sering dipergunakan untuk memudahkan mobilitas masyarakat.

Tahun 2006, Google meluncurkan Google Finance dan Google Calender dan diikuti oleh peluncuran Youtube pada tahun 2007. Tahun tersebut juga menjadi awal mula Google menciptakan android sekaligus Google Street View. Sedangkan pada tahun 2008 merilis Google Chrome sebagai mesin pencari fenomenal dan tahun 2009 meluncurkan Google Voice. Pada 2010, Google berupaya memperluas jangkauan dengan membangun jaringan broadband untuk kecepatan akses yang semakin tinggi.

Tahun 2011 serta 2012 Google merilis Google + dan Google Drive. Pada tahun 2015, Google memberikan informasi tentang reorganisasi seluruh anak perusahaan yang ada di bawah konglomerasi dan juga diberikan oleh Alphabet.Inc. Meski Google sudah mempunyai anak buah perusahaan, namun Google tetap menjadi perusahaan yang siap menampung anak perusahaan tersebut.

Baca Juga :     Cara Daftar Google AdSense Terlengkap Untuk Pemula

 

Bagaimana Cara Mendapatkan Uang dari Google

 

Saat ini masyarakat memang sangat dekat dengan internet dan seolah sulit terpisahkan. Selain digunakan untuk mencari informasi dan berinteraksi, masyarakat mulai banyak yang memanfaatkan Google untuk mendapatkan uang. Lalu bagaimana cara mendapatkan uang dari Google? Berikut penjelasannya.

 

  • Membuat Website SEO Friendly

    Bagi Anda yang gemar menulis, cobalah untuk belajar tentang kaidah SEO agar sebuah website berada di halaman awal mesin pencari Google. Semakin populer sebuah website, keuntungan yang diperoleh juga semakin besar.
    Namun untuk mendapatkan uang dari Google Anda harus membuat konten yang menarik, banyak dan mengandung SEO agar mudah ditemukan di Google. Anda juga bisa membuat blog lalu daftarkan blog tersebut memakai Adsense agar dimonetize serta memperoleh uang. Tetapi Anda perlu mengisi blog tersebut dengan konten SEO friendly.

  • Membuat Channel Youtube

    Google telah menjalin kerjasama dengan Youtube agar dapat memaksimalkan pelayanannya. Untuk mendapatkan uang dari Google bisa Anda lakukan dengan membuat channel Youtube. Pastikan mengisi konten channel Youtube tersebut dengan konten yang menarik, original dan kreatif. Unggahlah konten yang Anda buat secara rutin agar memudahkan para viewers mengikuti video Anda.
     

    Semakin banyak viewers serta subscriber akun Youtube Anda maka peluang mendapatkan penghasilan juga lebih besar. Sebab akun Youtube Anda bisa untuk aktifasi monetisasi di setiap video agar dapat menampilkan iklan pop-up. Iklan tersebut akan dilihat oleh viewers saat melihat konten Anda sehingga video tersebut akan mendapatkan uang dari Google berbentuk Dollar.

  • Membuat Aplikasi Android

    Anda bisa membuat aplikasi android dengan berbekal kemampuan programming. Lalu daftarkan aplikasi tersebut di Google Play Store agar diunduh oleh para pengguna android baik secara gratis atau berbayar. Aplikasi yang diunduh secara gratis biasanya dipasangi iklan sehingga Anda bisa mendapatkan uang dari Google. Untuk aplikasi game, Anda bisa memperoleh uang melalui media pembayaran In-App Purchase.

  • Program Affiliate Marketing

    Affiliate Marketing merupakan program untuk menawarkan produk atau jasa kepada konsumen menggunakan link afiliasi yang sudah dipilih. Cara kerja program ini yaitu konsumen akan membeli produk dari iklan yang dipasang pada blog, akun instagram maupun channel Youtube.
    Anda sebagai pengunggah akan memperoleh komisi dari pemilik produk. Semakin banyak konsumen yang melakukan klik untuk membeli produk, semakin besar kesempatan mendapatkan uang dari Google.

 

Baca Juga :    Mengenal Google Meet : Fitur, Keunggulan, dan Cara Menggunakannya

 

Kesimpulan dan Penutup

Bebebapa cara mendapatkan uang dari Google seperti di atas memang cukup mudah untuk dipraktikkan terutama bagi pemula. Anda bisa mencoba satu persatu cara di atas lalu tekuni untuk bisa menikmati keuntungannya. Cara mendapatkan uang dari Google memang tidak bisa instan tetapi saat Anda sudah mulai sukses, penghasilan yang Anda dapatkan sangat menggiurkan.

Supaya masing-masing cara mendapatkan uang dari Google tersebut dapat dikerjakan secara maksimal, Anda perlu mempelajari lebih lanjut masing-masing cara tersebut. Dengan pemahaman yang bagus membuat Anda lebih mudah dan cepat mengembangkan kemampuan diri melalui layanan yang disediakan oleh Google. Selain untuk menuangkan kreatifitas, Anda juga berkesempatan memperoleh penghasilan tambahan.

Bagi Anda yang ingin memperoleh penghasilan tambahan kini bisa memanfaatkan layanan Google. Cukup bermodal smartphone, laptop dan jaringan internet Anda bisa memperoleh penghasilkan fantastis jika Anda benar- benar menekuninya dengan serius dan disiplin. Bahkan bisa jadi hal tersebut nanti  menjadi penghasilan utama Anda.