Ketika Anda memiliki konten pada sebuah website maka sangat penting bagi Anda untuk memperhatikan jumlah audiens. Adanya audiens yang besar tidak hanya menandakan konten yang Anda sajikan berkualitas melainkan juga mampu meningkatkan SEO. Dengan demikian, clickbait adalah salah satu cara yang Anda dapat lakukan dalam upaya meningkatkan audiens. 

Adanya clickbait akan mendorong orang-orang untuk mengklik artikel Anda dan membacanya secara keseluruhan. Oleh karena itu, pada artikel kesempatan kali ini kami akan menjelaskan mengenai clickbait, manfaat, dan cara memaksimalkannya untuk mendapatkan trafik yang tinggi. Jika Anda penasaran dengan hal tersebut, maka Anda wajib membaca artikel ini dengan seksama!

Apa Itu Clickbait?

Clickbait adalah judul konten yang dibuat dalam upaya menarik orang-orang untuk mengetahui isi konten tersebut dengan lebih mendalam. Meskipun demikian, clickbait juga identik dengan judul yang dibuat secara berlebihan dan tidak merepresentasikan isi konten secara baik. Misalnya sebuah konten berjudul “Mengejutkan, inilah cara diet hanya dalam 30 hari”, padahal konten yang disajikan hanya seputaran tips diet biasa saja dan kata 30 hari cenderung berlebihan. 

Meskipun demikian, clickbait tetap bisa dimaksimalkan dalam penggunaanya dengan benar dengan juga menyajikan konten yang berkualitas. Jika tidak maka reputasi website Anda akan dipertaruhkan atau bahkan menurunkan kepercayaan para pembaca. Oleh karena itu, ketika memutuskan membuat clickbait, maka Anda harus memastikan bahasa yang Anda gunakan tidak terlalu berlebihan namun tetap menarik dan memancing rasa penasaran para pembaca. 

Dalam membuat clickbait, maka Anda bisa memperhatikan hal-hal berikut ini:

  1. Buatlah judul yang mampu mempengaruhi emosi para pembaca
  2. Buatlah judul  yang memancing rasa keingintahuan atau penasaran
  3. Terdapat gambar yang menarik atau mudah diingat

Kelebihan Clickbait

Clickbait adalah judul konten yang bisa mendatangkan beberapa kelebihan, yakni sebagai berikut:

Meningkatkan click through rate (CTR)

Click through rate (CTR) adalah persentase jumlah klik yang diterima dari impressions. Adanya clickbait adalah salah satu cara yang dapat meningkatkan CTR karena mendorong pembaca untuk melakukan klik pada konten tersebut. Hal ini terjadi karena clickbait adalah judul yang memancing rasa penasaran dan emosi para pembaca. 

Jika suatu konten memiliki CTR yang tinggi maka hal tersebut menunjukkan konten tersebut semakin banyak dicari oleh para pembaca atau relevan dengan kebutuhan pembaca. Lebih lanjut, CTR yang tinggi juga akan membantu peringkat suatu konten pada pencarian mesin pencari.

Meningkatkan potensi social share

Pada dasarnya, clickbait adalah judul konten yang dapat meningkatkan sosial share. Hal tersebut karena adanya emosi yang terlibat sehingga mendorong satu orang membagikan konten tersebut kepada yang lainnya. Lebih lanjut, dengan semakin banyak konten tersebut dibagikan maka semakin besar kemungkinan orang-orang mengetahui website atau platform Anda. 

Namun pastikan, bahwa judul yang Anda buat sesuai dan relevan dengan isi konten. Jika tidak hal tersebut dapat menjadi boomerang karena konten Anda menjangkau banyak orang tapi hanya mengandalkan judul saja. 

Meningkatkan pageviews

Pageviews adalah total halaman yang dilihat oleh audiens. Adanya clickbait akan menarik perhatian dan ketertarikan pembaca sehingga meningkatkan views suatu halaman. 

Jika suatu halaman memiliki views yang tinggi oleh pembaca, maka semakin tinggi potensi halaman tersebut pada halaman pencarian pertama google. Lebih lanjut, hal tersebut akan memberikan ranking pada SEO website. 

Kelemahan Clickbait

Adapun kelemahan yang dimiliki oleh clickbait adalah sebagai berikut:

Dapat merusak brand image

Menyajikan konten yang tidak relevan dan hanya mengandalkan judul yang terlalu ekstrim hanya akan memperburuk citra merek. Hal tersebut terjadi karena konten yang ada tidak sesuai dengan ekspektasi pembaca sehingga menyebabkan kekecewaan. Oleh karena itu, pastikan Anda membuat judul yang sewajarnya dengan tidak melupakan sisi menariknya.

Meningkatkan bounce rate

Bounce rate adalah matrik yang mengukur jumlah pengunjung pada suatu website tapi tidak melakukan tindakan lanjutan atau bahkan langsung meninggalkan website. Lebih lanjut, hal ini bisa terjadi pada halaman konten Anda ketika pengunjung mengunjungi konten yang tidak sesuai ekspektasi mereka. 

Judul yang tidak sesuai dengan isi konten hanya akan memancing kekesalan pembaca. Lebih lanjut, ketika pembaca mendatangi halaman konten tersebut tapi karena isi konten yang tidak sesuai maka pengunjung tersebut akan langsung meninggalkan website sehingga meningkatkan bounce rate. 

5 Tips Membuat Clickbait yang Tepat dan Mendatangkan Trafik Tinggi

Jika Anda ingin membuat clickbait dan mendapatkan trafik yang tinggi, namun disisi lain Anda takut akan dampak negatifnya. Oleh karena itu, berikut kami telah mempersiapkan beberapa tips yang bisa Anda perhatikan dalam memaksimalkan penggunaan click baik yakni sebagai berikut:

Relevansi konten

Hal pertama yang perlu Anda pastikan dalam membuat clickbait adalah dengan memastikan konten yang Anda sajikan sesuai dengan judul yang ditampilkan. Jika tidak hal inilah yang akan membuat kekecewaan para pembaca dan memberikan efek negatif pada image Anda. Misalnya jika judul konten Anda adalah “8 cara untuk meningkatkan brand awareness”, maka pastikan poin yang terdapat pada konten tersebut berjumlah delapan. 

Jadikan bagian yang paling menarik sebagai judul

Saat menentukan judul maka pastikan Anda menonjolkan bagian yang paling menarik sehingga menangkap perhatian pembaca. Meskipun demikian, pastikan bagian menarik tersebut dapat dipresentasikan dengan baik pada konten artikel.

Libatkan diri sebagai pembaca

Adapun tips selanjutnya dalam membuat clickbait adalah dengan melibatkan diri sebagai pembaca. Hal ini berarti sebelum menentukan clickbait maka posisikan diri Anda sebagai pembaca. 

Jika Anda merasa kesal atau merasa judul yang Anda terapkan terlalu berlebihan, maka evaluasilah judul tersebut. Selain itu, sebelum melakukan publishing Anda bisa bertanya pendapat orang lain sebagai pembaca dan bertanya perspektif mereka. Lebih lanjut, Anda juga bisa melibatkan pembaca melalui judul dengan memasukkan kata-kata yuk, ayo, mari, dan sebagainya. 

Hindari penggunaan kalimat yang terlalu berlebihan

Menggunakan kalimat yang berlebihan bahkan cenderung tidak masuk akan hanya akan memberikan kekecewaan pada pembaca. Misalnya suatu judul “tips diet hanya dalam satu minggu dijamin ampuh”. Adapun rentang satu minggu pada judul ini terkesan tidak masuk akal karena diet adalah suatu proses yang tidak instan. Lebih lanjut, kata dijamin ampuh juga harus dihindari jika Anda sendiri tidak memberikan jaminan tips tersebut dapat berhasil pada semua orang. 

Menggunakan teknik copywriting

Adapun salah satu teknik copywriting adalah teknik AIDA dan sering digunakan. Pada teknik ini Anda bisa menangkap perhatian (attention), meningkatkan keinginan untuk mengetahui konten (interest), keinginan untuk membaca konten (desire), dan melakukan klik (action).

Lebih lanjut, teknik ini bisa dibarengi dengan cara lainnya yakni memastikan judul konten artikel singkat dan padat, tidak bertele-tele, tidak terlalu berlebihan namun bisa membidik maksud tujuan judul dengan baik. 

Penutup

Clickbait adalah judul konten yang dibuat dalam upaya menarik perhatian pembaca untuk melakukan klik pada artikel. Meskipun demikian, clickbait yang terlalu berlebihan dapat berakibat fatal dan memperburuk citra image. Oleh karena itu Anda bisa memperhatikan tips yang telah kami berikan yaitu memastikan relevansi konten, melibatkan diri sebagai pembaca, menggunakan teknik copywriting, dan sebagainya. 

Setelah memastikan judul yang Anda masukkan relevan dengan isi konten serta menarik, maka Anda juga harus memastikan server website Anda dalam menjamin pengalaman pembaca saat membaca konten artikel. Gunakan hosting IDCloudHost yang didukung dengan Teknologi Non-Volatile Memory Express (NVMe). Layanan ini memberikan performa tinggi dengan konfigurasi dan proses yang mudah, cepat, dan praktis.