Komputer adalah temuan manusia yang luar biasa yang kini menjadi bagian hidup yang tidak terpisahkan. Meski begitu, komputer masih belum dapat berpikir dan beroperasi sendiri, karena masih membutuhkan instruksi dari manusia. Salah satunya adalah dengan membutuhkan coding atau pengkodean.

Coding sendiri merupakan daftar instruksi langkah demi langkah yang membuat komputer melakukan apa yang Anda ingin lakukan. Pengkodean memungkinkan manusia untuk dapat membuat perangkat lunak komputer, game, aplikasi, dan situs web.

Mereka yang bergerak dalam industri ini disebut sebagai programmer karena menulis program di balik semua yang manusia lihat dan lakukan di komputer. Ingin tahu lebih lanjut mengenai apa itu coding? Mari simak penjelasan dibawah ini.

 

Memahami Apa Itu Coding

 

Perlu diketahui kalau setiap situs web dan aplikasi beroperasi karena adanya program menulis kode. Sederhananya, kode adalah apa yang memberitahu komputer Anda apa yang harus dilakukan. Komputer tidak mengerti kata-kata karena hanya mengerti konsep on dan off.

Kemampuan komputer dipandu oleh sakelar hidup dan mati, atau transistor. Kode biner mewakili transistor hidup dan mati ini sebagai angka 1 dan 0. Jumlah kombinasi kode ini yang tak terbatas membuat komputer Anda berfungsi. Kemudian agar dapat membuat kode biner dapat dikelola, bahasa pemrograman komputer dibentuk.

Bahasa-bahasa ini masing-masing melayani tujuan yang berbeda, tetapi semuanya memungkinkan pemrogram untuk menerjemahkan perintah penting ke dalam kode biner. Setiap aplikasi komputer membutuhkan kode yang ditulis dengan benar untuk mengetahui apa yang harus dilakukan. Sebagian besar perangkat lunak memiliki ribuan hingga miliaran baris kode teks dan angka.

Kode tersebut memberikan komputer panduan langkah demi langkah tentang cara berfungsi. Komputer mempercepat membaca kode untuk menjalankan setiap tugas online dan offline. Di dunia digital saat ini, mulai dari ponsel hingga smart TV dan mobil dijalankan menggunakan perangkat lunak berkode.

 

Baca Juga  :    Text Editor Terbaik untuk Coding dan Pemrograman di Windows dan MacOS

 

Fungsi dan Manfaat Mempelajari Coding

Keterampilan pengkodean sangat dicari oleh pemberi kerja di berbagai industri saat ini. Bukan hanya teknologi, memiliki keterampilan coding bahkan dapat membantu Anda menuju jalur karier yang sukses. Baca terus untuk mengetahui lebih lanjut tentang manfaat belajar coding dan berbagai bahasa pemrograman yang dapat meningkatkan prospek pekerjaan Anda.

  • Coding dapat membantu Anda memahami teknologi

    Teknologi ada di mana-mana di dunia modern dan terus berkembang dengan sangat cepat. Pengkodean bisa katakan sudah memainkan peran penting dalam evolusi teknologi ini dan akan menjadi semakin penting mengingat robotika baru dan teknologi otomatis. Belajar coding akan memberi Anda alat yang Anda butuhkan untuk melanjutkan dan menjadi bagian dari membentuk masa depan.

  • Coding dapat meningkatkan keterampilan pemecahan masalah

    Pengkodean dapat membantu Anda meningkatkan keterampilan berpikir logis Anda dengan memungkinkan Anda melihat masalah dari perspektif baru. Proyek pengkodean kompleks terdiri dari tugas-tugas yang lebih kecil dan dengan memecah masalah dan mengadopsi cara berpikir metodologis, Anda dapat mengatasi tantangan apa pun. Ini dapat diterapkan pada skenario apa pun baik dalam kehidupan pribadi maupun profesional Anda.

  • Pengkodean dapat diterapkan pada visualisasi data

    Bekerja dengan bahasa pengkodean, seperti SQL dan Python dapat memberikan praktik yang sangat baik untuk analisis dan visualisasi data. Keterampilan ini bermanfaat untuk merancang dasbor dan laporan data yang kompleks, yang penting untuk membuat data lebih mudah diakses dan mudah dipahami. Selain itu, pengkodean adalah keterampilan yang dapat diterapkan ke berbagai peran untuk keperluan data, bahkan di luar industri teknologi. Anda dapat menggunakan keterampilan data yang telah Anda pelajari dari pengkodean untuk memahami data kinerja atau tren pelanggan dan menggunakannya untuk menginformasikan strategi pemasaran Anda.

  • Coding adalah bahasa universal

    Sama seperti matematika, kode adalah bahasa universal dimana sama di seluruh dunia dan tidak perlu diterjemahkan. Saat mentransfer pekerjaan atau pindah ke negara lain, hambatan bahasa terkadang dapat menghalangi. Namun, karena bahasa pengkodean sama secara global, ini adalah keterampilan yang dapat Anda bawa ke negara mana pun. Mempelajari cara membuat kode dapat menjadikan Anda individu yang sangat mudah dipekerjakan dan memberi Anda kemampuan untuk berkembang di lingkungan apa pun.

  • Coding dapat meningkatkan prospek karir

    Pengkodean adalah keterampilan yang dibutuhkan di seluruh industri dan menawarkan potensi penghasilan yang sangat baik dengan berbagai pilihan karir, seperti RPA, Pengembangan Perangkat Lunak, dan Operasi Teknis. Pemrograman Komputer juga menawarkan peluang besar untuk kemajuan karir ke posisi manajerial dan senior, memungkinkan Anda untuk terus belajar di tempat kerja dan memperluas keahlian Anda.

 

Baca Juga  :     Mengenal Istilah Programming dan Coding Bagi Pengembang/Programmer Pemula

 

 

Cara Mudah Belajar Coding

 

Belajar memprogram tentu saja membutuhkan waktu dan dedikasi tersendiri. Ada begitu banyak sumber daya online dan offline yang tersedia untuk belajar coding dengan mudah, cepat, dan efektif. Berikut ini ada beberapa tips dan cara untuk belajar pemrograman secara efektif dan lebih cepat.

  • Belajar dengan praktik langsung bukan hanya teori

    Kesalahan umum yang dilakukan pemula saat belajar pemrograman adalah hanya membaca buku atau melihat kode sampel di desktop mereka tanpa mempraktikkannya. Sangat mudah untuk membaca teori saja, tapi ini adalah bidang ilmu yang harus dipraktikkan secara langsung.

  • Belajar secara online

    Jika konsep tertentu tidak masuk akal, baik itu di buku teks, atau selama kuliah, Anda bisa mencari sumber online alternatif untuk mempelajari konten yang sama. Setiap orang belajar secara berbeda, dan hanya karena satu sumber tidak masuk akal, tidak berarti ada yang salah. Sumber daya online untuk mempelajari pemrograman komputer tidak terbatas, dan selalu ada tutorial, atau penjelasan blog yang akan membuat materi yang ada menjadi sangat jelas.

  • Mulai membangun proyek sendiri

    Mulailah mengerjakan proyek perangkat lunak Anda sendiri sesegera mungkin. Cara paling efisien untuk belajar coding adalah dengan memecahkan masalah Anda sendiri karena ini akan memberi Anda aspek pengembangan perangkat lunak yang sama sekali baru.
    Pada kursus/tutorial pemrograman, Anda berurusan dengan masalah yang agak umum dan Anda dapat melihat solusi yang sepenuhnya berhasil. Ketika Anda memulai proyek Anda sendiri, berarti Anda mengerjakannya sendiri. Tentu saja, komunitas online masih membantu dengan kesalahan dan bug, tetapi jika Anda mencoba memecahkan masalah yang sangat spesifik, terserah Anda bagaimana Anda menyelesaikannya.

 

Baca Juga  :      Daftar Situs Web Untuk Kursus dan Belajar Coding Secara Online Terbaik

 

 

Kesimpulan dan Penutup

Menguasai coding dan bagaimana komputer bekerja menjadikannya sebuah ladang dan peluang karir yang semakin dibutuhkan. Belum lagi, teknologi akan terus berkembang dan adanya inovasi baru setiap waktunya akan membuat demand terhadap programmer semakin tinggi.

Terlepas dari cara dan tips belajar coding diatas, unsur terpenting untuk belajar pemrograman lebih cepat adalah tetap percaya diri. Untuk melakukannya, Anda harus berharap untuk gagal berulang kali dan bersabar dengan kemajuan Anda karena menjadi ahli dalam segala hal membutuhkan kerja keras dan waktu.